Pengobatan Alami untuk Mengatasi Biduran

489

Diedit:

Kita tentu pernah mendengar penyakit biduran, penyakit ini menimbulkan rasa gatal. Bagian yang paling sering diserang adalah bagian tangan atau kaki. Namun penyakit ini juga dapat menyerang beberapa bagian tubuh lainnya seperti punggung.

Biduran adalah sebuah penyakit yang dalam istilah medis disebut urtikaria. Penyakit ini muncul pada daerah kulit. Di kulit akan muncul bilur yang berwarna merah atau putih, dan rasanya gatal. Bilur seperti ini biasanya muncul pada salah satu bagian tubuh baru kemudian menyebar ke bagian tubuh lainnya. Salah satu penyebab dari penyakit ini adalah alergi. Ukuran penyakit biduran ini juga beragam, ada yang kecil dan ada yang besar.

Penyakit ini hanya menimbulkan rasa gatal, namun tidak disertai rasa perih yang menyengat. Gejala penyakit ini bisa bertahan hingga berjam-jam bahkan hingga berhari-hari. Penyakit biduran dibagi menjadi 3 macam, yaitu;

  • Biduran jangka pendek

    Jika penyakit urtikaria ini berlangsung selama kurang dari 6 minggu maka penyakit ini disebut degan penyakit biduran jangka pendek atau akut.

  • Biduran jangka panjang

    Jika penyakit urtikaria bertahan lebih dari 6 minggu atau ada juga yang bersifat kambuhan atau bahkan tahunan. Penyakit seperti ini memang jarang terjadi, dan penyakit ini disebut dengan penyakit biduran jangka pajang.

  • Biduran kronis

    Penyakit ini bisa diartikan sebagai tanda dari penyakit lain, yang mungin diderita, seperti penyakit diabetes, tiroid atau bahkan lupus. Biduran kronis lebih sering terjadi pada anak-anak dan wanita dengan rentan usia 30-60 tahun, penyakit ini juga dapat menyerang meraka yang mempunyai penyakit alergi.

Penyebab Biduran

Penyebab penyakit ini adalah karena tingginya kadar histamin yang dilepaskan di daerah kulit. Histamin ini akan menyebabkan pembuluh darah menjadi rilaks dan melebar, kondisi seperti ini akan membuat aliran darah menjadi meningkat. Ketika aliran darah banyak mengalir di bawah permukaan kulit maka kulit akan tampak memerah. Dan kemudian akan menyebabkan pembengkakan kulit sehingga menyebabkan rasa gatal. Hal-hal yang dapat memicu biduran adalah :

  • Kontak dengan pemicu atau penyebab alergi seperti bulu binatang, atau yang lainnya.
  • Beberapa jenis makanan ada yang dapat menyebabkan biduran seperti kacang, coklat, makanan laut, gandum, dan susu.
  • Menggunakan obat-obatan tertentu. Ada beberapa obat yang dapat menyebabkan urtikaria, seperti antibiotik, aspirin, obat anti hipertensi dll.
  • Menderita infeksi seperti hepatitis dan demam karena kelenjar.
  • Gigitan serangga.
  • Faktor lingkungan juga dapat mempengaruhi seperti cuaca panas atau cuaca terlalu dingin, terlalu banyak mendapatkan paparan sinar matahari, atau air yang terlalu dingin.
  • Stress. Kondisi seperti ini biasanya disebabkan karena ketidakseimbangan sistem kimia tubuh, maka dari itu penyakit ini mudah sekali menyerang.
Baca juga:  Penyebab Biduran: Gatal-Gatal Mengganggu

Cara Mengobati Biduran

Penyakit biduran ini dapat diobati dengan beberapa tanaman yang ada di sekeliling kita. Tanaman herbal cenderung aman untuk dikonsumsi atau digunakan. Penggunaan tanaman seperti ini biasanya tidak akan menimbulkan efek samping apapun. Beberapa obat biduran alami yang dapat kita gunakan untuk mengatasi penyakit ini ;

  • Asam Jawa dan temulawak

    15 g temulawak
    1 batang buah asam jawa
    gula aren secukupnya
    Cara membuatnya adalah dengan merebus semua bahan dengan menggunakan 2 gelas air, rebus hingga tersisa 1 gelas. Biarkan hingga dingin, kemudian saring. Mengkonsumsi ramuan ini dapat mengatasi biduran.

  • Barang merah dan daun kelor

    3 lembar daun kelor
    1 btr bawang merah
    2 g pulosari
    Cara membuatnya adalah dengan merebus semua bahan dengan menggunakan 3 gelas air, rebus hingga tersisa 2 gelas. Saring minuman tersebut, dan konsumsi 2 kali sehari.

  • Kunyit dan sambiloto

    10 g sambiloto
    20 g kunyit
    30 g daun kelor
    1 sdm adas
    3 btr bawang merah
    Cara membuatnya adalah dengan mencuci semua bahan kemudian ditumbuk hingga halus. Rebus bahan tersebut dengan 600 cc air hingga tersisa 1/3 bagian. Setelah itu dinginkan dan minumlah ramuan tersebut sebanyak 3 kali sehari.

  • Daun jombang

    30g daun jombang
    Cara membuatnya adalah dengan merebus daun jombang yang sudah dicuci bersih bersama 400 cc air. Rebus hingga tersisa setengahnya. Minuman ini sebaiknya dikonsumsi selagi hangat.

  • Akar rosa multifona thumb

    Cara membuat minuman ini adalah dengan mencuci bersih akar rosa tersebut kemudian rebus bersama 400 cc air hingga tersisa setengahnya. Minuman tersebut kemudian disaring dan diminum setiap pagi serta sore hari.

  • Minyak kayu putih dan zaitun

    Minyak kayu putih secukupnya
    Minyak zaitun secukupnya
    Mentol kristal 1 sdm
    Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan semua bahan tersebut hingga rata dan gosok pada bagian yang terkena biduran.

  • Jahe dan cuka beras hitam

    100 cc cuka beras hitam
    30 g jahe
    Gula merah secukupnya
    Cara membuatnya adalah dengan menumbuk jahe hingga halus, kemudian rebus bersama bahan lainnya. Minuman ini sebaiknya dikonsumsi sebanyak 2 kali dalam sehari.

  • Leunca

    Cara membuat ramuan ini adalah dengan mencuci bersih tanaman leunca yang telah dibuang akarnya, kemudian tumbuk hingga halus. Obat ini sebaiknya dioleskan sebanyak 3 kali dalam sehari.

  • Daun sirih

    20 lbr daun sirih
    20 lbr daun ketepeng
    Cara membuatnya adalah dengan merebus daun-daun tersebut kemudian disaring. Ramuan daun sirih tersebut dapat kita konsumsi setiap hari. Ramuan ini juga dapat menghilangkan bau badan.

Baca juga:  Tips Mengurangi Gatal Akibat Biduran

Penyakit biduran atau urtikaria ini juga sering disebut sebagai kaligata ini memang bukan penyakit yang berbahaya, namun ada baiknya untuk kita waspadai dengan baik. Karena jika tidak diawasi dengan baik, atau tidak kita jaga dengan baik, penyakit dapat menyebabkan komplikasi yang serius, dan akibatnya berbagai macam aktivitas pun akan terganggu.

Advertisement
Alinesia