Bagikan Artikel Ini:

Diedit:

Tahukah Anda bagaimana stadium kanker vulva dapat dilakukan? Mengapa penting untuk mengetahui stadium kanker? Apa manfaatnya dengan mengetahui hal ini? Bagaimana Anda menghadapi vonis dokter akan stadium kanker tersebut? Apa saja stadium kanker yang perlu Anda ketahui? Berikut keterangan mengenai kanker vulva stadium 1, kanker vulva stadium 2, kanker vulva stadium 3, atau kanker vulva stadium 4!

Temukan info selengkapnya seputar stadium 1 hingga stadium 4 dari kanker vulva yang menyerang Anda dalam artikel berikut ini! Simak bagaimana penentuan stadium kanker ditetapkan! – Sumber: Vulvar Cancer Stages

Stadium Kanker Vulva

Sistem penentuan stadium kanker vulva yang sering digunakan ialah FIGO (International Federation of Gynecology and Obstetrics). Sistem penentuan ini menggunakan sistem klasifikasi TNM. T – menunjukkan keberadaan atau ukuran kanker. N – memperlihatkan penyebaran kanker menuju kelenjar getah bening didekatnya. M – merupakan singkatan dari metastasis yang berarti penyebaran kanker menuju organ terjauh lainnya.

Selain sistem TNM, dokter juga menggunakan sistem angka dan huruf yang dikombinasikan untuk menentukan secara keseluruhan stadium kanker. Biasanya stadium kanker diawali dengan I sebagai stadium awalnya dan diakhiri dengan IV sebagai stadium akhir.

Semakin besar nilai angkanya, maka tingkat keganasan kanker telah bertambah parah dan berisiko tinggi. Berikut merupakan keterangan mengenai ciri-ciri kanker vulva stadium 1, kanker vulva stadium 2, kanker vulva stadium 3, atau kanker vulva stadium 4 yang perlu Anda ketahui;

Kanker Vulva Stadium 0

Sebenarnya stadium ini disebut kondisi pra-kanker dimana kemunculan kanker masih bersifat ringan, yakni karsinoma in-situ. Jenis kanker ini tidak berbahaya, namun jika dibiarkan tanpa pengobatan dapat memicu serangan kanker ganas.

Kanker Vulva Stadium 1

Pada stadium ini sel kanker masih bersifat ringan dengan beragam kondisi. Misalnya sel kanker bisa saja hanya berada di vulva, bagian perineum, bahkan keduanya. Perineum merupakan bagian antara vulva dengan rektum. Sel kanker belum menyerang kelenjar getah bening maupun organ jauh lainnya.

Kondisi lain memperlihatkan bahwa kanker telah tumbuh kurang dari atau sebesar 2 sentimeter (cm) dibawah lapisan vagina dengan kedalaman kurang dari 1 milimeter (mm). Keadaan lainnya menunjukkan bahwa kanker telah tumbuh lebih besar dari 2 sentimeter (cm) dengan kedalaman lebih dari 1 milimeter (mm).

Kanker Vulva Stadium 2

Pada stadium ini sel kanker telah berada diluar vagina atau perineum menuju anus ataupun uretra. Penyebaran sel kanker belum menghinggapi kelenjar getah bening maupun organ jauh lainnya.

Kanker Vulva Stadium 3

Pada stadium ini sel kanker sudah berada ditingkat yang cukup serius dengan beragam kondisi. Sel kanker bisa jadi sudah berada tak hanya di vagina, melainkan juga pada bagian perineum. Kanker bisa jadi sudah menyebar dan menyerang anus, bahkan menyerang kelenjar getah bening. Ukuran kanker yang baru menyebar bisa jadi sudah mencapai 5 milimeter (mm). Sekalipun tampak kronis, sel kanker belum menyerang organ jauh lainnya.

Kanker Vulva Stadium 4

Pada stadium ini sel kanker telah berada di tingkat yang paling serius, sel kanker dilokasi awal bisa jadi sudah bertumbuh besar, beberapa jaringan kelenjar getah bening juga telah terserang kanker. Tak sampai disitu, penyebaran kanker bisa jadi sudah menjangkau organ yang jauh dari vagina. Beberapa komplikasi kanker dengan penyakit lainnya juga bisa terjadi. Sekalipun Anda berada di stadium 4 yang menakutkan ini, bukan berarti Anda tak dapat menikmati kehidupan.

Banyak pengalaman membuktikan bahwa beberapa pengidap kanker dapat mempertahankan kualitas hidupnya, sekalipun pada keadaan yang parah penyakit ini tak lagi dapat disembuhkan. Beberapa pengalaman juga memperlihatkan adanya pengalaman sembuh dari kanker yang menyakitkan. Selama Anda berjuang mempertahankan kehidupan, Anda akan menemukan makna kehidupan walaupun serangan kanker menghantui Anda.

Demikianlah beberapa informasi mengenai kanker vulva stadium 1, kanker vulva stadium 2, kanker vulva stadium 3, atau kanker vulva stadium 4 yang bisa menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan pengobatan kanker vulva yang tepat.

Beberapa pengobatan yang dilakukan bisa jadi memberikan kesembuhan, beberapa hanya bersifat mengurangi gejala penyakit dan meningkatkan kualitas hidup, sekalipun sel kanker tetap ada.  Jangan menyerah! Anda bisa menghadapi kanker vulva dengan senyuman!