Stadium Kanker Vulva


By Cindy Wijaya

Dalam artikel ini Anda akan mengetahui bagaimana dokter menentukan stadium kanker vulva pada pasiennya. Stadium kanker tersebut untuk menggambarkan seberapa jauh pertumbuhan atau penyebaran kanker di dalam tubuh.

Untuk bisa memastikan stadium dari suatu kanker, dokter perlu melakukan sejumlah pemeriksaan medis. Jadi pasien baru akan diketahui stadium kankernya setelah ia menjalani semua pemeriksaan tersebut.

Mengetahui stadium kanker penting supaya dokter bisa mempertimbangkan bersama pasien mengenai pilihan pengobatan yang terbaik sesuai kondisi pasien.

Ada sejumlah sistem yang dipakai dokter untuk menentukan stadium kanker. Pada kanker vulva, sistem yang biasanya dipakai ialah sistem yang dikembangkan oleh Federation Internationale de Gynecologie et d’Obstetrique, atau disingkat FIGO.

Berdasarkan sistem tersebut, kanker vulva dapat dikelompokkan menjadi empat stadium, yakni kanker vulva stadium 1, kanker vulva stadium 2, kanker vulva stadium 3, dan kanker vulva stadium 4. Di bawah ini akan dijelaskan satu per satu setiap stadium tersebut, mulai dari yang paling awal.

Kanker Vulva Stadium 1

Pada stadium kanker vulva yang sangat awal ini, kankernya masih terbatas pada vulva, atau pada vulva dan perineum. Perineum adalah ruang antara anus dan vagina. Dan belum ada tanda-tanda kanker menyebar ke kelenjar getah bening.

Kanker vulva stadium 1 dibagi menjadi dua, yaitu stadium 1A dan stadium 1B.

Ilustrasi Kanker Vulva Stadium 1

Pada stadium 1A kanker berukuran 2 cm atau kurang, dan masih hanya bertumbuh 1 mm atau kurang ke dalam kulit dan jaringan di bawahnya.

Pada stadium 1B, kanker berukuran lebih dari 2 cm ATAU sudah tumbuh lebih dari 1 mm ke dalam kulit dan jaringan di bawahnya.

Kanker vulva stadium 1A biasanya tidak membutuhkan operasi untuk memeriksa apakah kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening.

Sedangkan kanker vulva stadium 1B mungkin membutuhkan operasi untuk mengecek apakah kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening.

Kanker Vulva Stadium 2

Pada stadium kanker vulva ini, kankernya sudah menyebar ke jaringan terdekat. Kanker sudah menyebar ke jaringan-jaringan seperti: bagian bawah vagina, bagian bawah uretra (saluran urin), dan bukaan ke saluran belakang (anus).

Akan tetapi pada stadium ini belum ada tanda-tanda kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening.

Ilustrasi Kanker Vulva Stadium 2

Kanker Vulva Stadium 3

Pada stadium kanker vulva ini, kankernya bisa berukuran berapa pun dan sudah menyebar ke kelenjar getah bening terdekat. Kanker mungkin juga sudah menyebar ke: bagian bawah vagina, bagian bawah uretra, dan bukaan anus.

Kanker vulva stadium 3 dibagi menjadi tiga, yaitu stadium 3A, stadium 3B, dan stadium 3C.

Pada stadium 3A ada dua kondisi berbeda. Perhatikan gambar di bawah ini untuk lebih mengerti perbedaannya.

Ilustrasi Kanker Vulva Stadium 3A - 1

Pertama, stadium 3A bisa berarti kankernya sudah menyebar ke 1 kelenjar getah bening dan ukurannya 5 mm atau lebih besar.

Kedua, stadium 3A bisa berarti kankernya sudah menyebar ke 1 atau 2 kelenjar getah bening dan ukurannya lebih kecil dari 5 mm.

Pada stadium 3B juga ada dua kondisi berbeda. Pertama, itu bisa berarti kanker sudah menyebar ke 2 kelenjar getah bening atau lebih dan ukurannya 5 mm atau lebih besar.

Kedua, stadium 3B bisa berarti kanker sudah menyebar ke 3 kelenjar getah bening atau lebih dan ukurannya lebih kecil dari 5 mm.

Ilustrasi Kanker Vulva Stadium 3B - 2

Pada stadium 3C, kankernya sudah menyebar ke kelenjar getah bening (dalam jumlah berapa pun) DAN sudah menyebar ke luar dari kapsul yang mengelilingi kelenjar getah bening.

Ilustrasi Kanker Vulva Stadium 3C

Kanker Vulva Stadium 4

Pada stadium 4 berarti kanker sudah mencapai stadium lanjut. Kanker vulva stadium 4 dibagi menjadi dua, yaitu stadium 4A dan stadium 4B.

Pada stadium kanker vulva 4A, kankernya bisa punya salah satu kondisi berikut:

  • Menyebar ke lapisan dari bagian atas vagina, lapisan dari bagian atas uretra, lapisan dari kandung kemih, atau lapisan dari anus.
  • Melekat pada tulang panggul.
  • Menyebar ke kelenjar getah bening terdekat dan kelenjar getah bening itu tetap, artinya tidak bisa bergerak, atau sudah membentuk luka terbuka yang disebut tukak.

Pada kanker vulva stadium 4B, kankernya bisa menyebar ke salah satu atau kedua lokasi berikut:

  • Kelenjar getah bening di panggul.
  • Bagian tubuh lain yang jauh dari vulva, misalnya ke paru-paru.

Ilustrasi Kanker Vulva Stadium 4B

Kesimpulan tentang Stadium Kanker Vulva

Pada kanker vulva stadium 1A, kanker masih ada di vulva atau di vulva dan perineum dan belum menyebar ke lokasi mana pun.

Pada kanker vulva stadium 1B, ukurannya lebih besar dai 2 cm atau lebih dalam dari 1 mm, tetapi masih ada di vulva atau di vulva dan perineum.

Pada kanker vulva stadium 2, kanker bisa berukuran berapa pun dan sudah menyebar ke jaringan terdekat, seperti ke bagian bawah uretra, vagina, atau anus. Tetapi belum menyebar ke kelenjar getah bening atau bagian tubuh lain.

Pada kanker vulva stadium 3, kanker sudah menyebar ke jaringan terdekat seperti ke vagina, anus, atau uretra, dan ke kelenjar getah bening di selangkangan. Tetapi belum menyebar ke lokasi yang jauh.

Pada kanker vulva stadium 4, kanker sudah menyebar ke bagian atas vagina atau bagian atas uretra, atau sudah menyebar ke lokasi yang jauh.

Demikianlah artikel ini yang menjelaskan tentang stadium kanker vulva. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Temukan juga ulasan-ulasan informatif lain seputar penyakit kanker hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Cancer.Net. Vulvar Cancer: Stages. URL: https://www.cancer.net/cancer-types/vulvar-cancer/stages

Cancer Research UK. Vulval Cancer Stage 1. URL: https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/vulval-cancer/stages-types-grades/stage-1

Cancer Research UK. Vulval Cancer Stage 2. URL: https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/vulval-cancer/stages-types-grades/stage-2

Cancer Research UK. Vulval Cancer Stage 3. URL: https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/vulval-cancer/stages-types-grades/stage-3

Cancer Research UK. Vulval Cancer Stage 4. URL: https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/vulval-cancer/stages-types-grades/stage-4

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>