Pengobatan Kanker Vulva Yang Tersedia

104
Pengobatan Kanker Vulva

Diedit:

Tahukah Anda bagaimana pengobatan kanker vulva secara medis dapat dilakukan? Adakah obat kanker vulva yang mampu atasi kanker tersebut? Mari cari tahu lebih banyak apa saja jenis pengobatan kanker vulva yang bisa menjadi pilihan Anda.

Dalam artikel ini Anda akan mendapatkan pilihan informasi pengobatan kanker vulva baik secara medis ataupun secara herbal. Ayo temukan beberapa informasi menarik lainnya dalam artikel berikut! – Sumber: Vulvar Cancer Treatment

Pengobatan Kanker Vulva Yang Tersedia

Ya, ini dilakukan setelah hasil biopsi atau pengambilan contoh jaringan sel, memperlihatkan hasil yang menyatakan bahwa Anda positif mengidap kanker vulva. Lalu, pemeriksaan lebih lanjut diperlukan guna menentukan stadium kanker, sebelum pengobatan kanker vulva yang tepat diberikan.

Pemeriksaan stadium kanker vulva dilakukan dengan melakukan pemeriksaan lebih rinci pada area sekitar panggul Anda secara intensif, yang disertai dengan rangkaian tes pencitraan seperti; MRI, CT-scan, X-ray, serta PET.

Tes ini diperlukan guna mengetahui sejauh mana sel kanker telah menyebar. Setelah itu beberapa tindakan medis berikut ini dapat dilakukan, misalnya; pembedahan atau operasi pengangkatan kanker vulva sesuai dengan lokasi penyebab kanker vulva.

Pembedahan

Metode ini dapat berupa pengangkatan sebagian sel yang ada di jaringan vulva – hanya bagian yang terinfeksi saja (vulvectomy parsial), atau seluruh jaringan – termasuk bagian yang sehat disekitar vulva (vulvectomy radikal). Pada kasus kanker stadium lanjut bahkan melibatkan organ tubuh lain, seperti; pemotongan usus karena sudah terinfeksi kanker dan berisiko buruk.

Pengaruh pengobatan kanker vulva dengan prosedur bedah ini memiliki risiko pasca operasi berupa infeksi pada bekas sayatan, perasaan tidak nyaman sewaktu sedang duduk, mati rasa bahkan tak dapat mencapai orgasme – puncak kenikmatan sesual saat sedang berhubungan seksual dengan pasangan.

Pengaruh operasi ini juga berlaku pada bedah rekonstruksi yang digunakan untuk mengembalikan bentuk vulva dan jaringan disekitarnya. Pembedahan juga dilakukan sewaktu kanker sudah mencapai kelenjar getah bening. Ada baiknya untuk berbicara dengan dokter mengenai hal ini.

Baca juga:  Pemeriksaan Kanker Vulva Yang Harus Dijalani

Radiasi

Adapula yang menjalani terapi radiasi menggunakan paparan sinar-X berkekuatan tinggi, radiasi ini dilakukan dengan bantuan sebuah alat yang akan diarahkan menuju lokasi tempat sel kanker berada. Radiasi dilakukan guna mengecilkan ukuran sel kanker, metode ini biasanya berdampingan dengan pembedahan kanker dan kemoterapi.

Untuk kasus kanker vulva yang sudah menyerang kelenjar getah bening, dokter bisa jadi menyarankan Anda untuk melakukan radiasi diarea sekitar kelenjar getah bening. Beberapa pendapat menyatakan bahwa radiasi dapat menimbulkan kanker kedua kalinya.

Kemoterapi

Benar atau tidaknya pendapat itu masih perlu diselidiki lebih lanjut. Metode pengobatan kanker vulva yang terakhir ialah kemoterapi yang melibatkan penggunaan obat-obatan kimia. Obat yang digunakan untuk pengobatan kanker vulva dapat diberikan melalui infus ataupun diminum langsung.

Proses pengobatan kemoterapi biasanya dilakukan secara berkala dan rutin dibawah pengawasan dokter yang ahli. Kemoterapi seringkali menyebabkan efek samping yang cukup mencolok seperti kebotakan, namun ini bergantung pada jenis obat kanker vulva yang diberikan. Efek tersebut bersifat sementara.

Sarang Semut

Herbal yang satu ini dikenali dapat membantu proses pemulihan dari serangan kanker, bahan dasar alaminya sendiri ialah Sarang Semut Papua yang terdapat pada tanaman epifit asli Papua. Kandungan anti kanker dalam Sarang Semut menjadikannya sebagai obat kanker vulva yang bisa menjadi pilihan pengobatan.

Sekalipun Anda sudah menjalani pengobatan kanker vulva seperti yang telah disebutkan, Anda masih memerlukan perawatan rutin selama 4 kali setahun dalam rentang waktu hingga 2 tahun. Hal ini bertujuan melihat perkembangan sel kanker dalam tubuh Anda. Pemantauan ini dilakukan agar kanker tidak timbul kembali dikemudian hari.

Hal ini dilakukan guna memastikan apakah Anda memang sudah sembuh dari kanker sepenuhnya, atau masih ada sisa-sisa sel kanker yang berkembang dalam tubuh Anda. Jangan hiraukan anjuran dokter selama perawatan, demi kebaikan Anda. Anda juga dapat mengombinasikan pengobatan medis dengan pengobatan kanker vulva alternatif seperti obat kanker vulva alami yang berasal dari herbal.

Baca juga:  Pencegahan Kanker Vulva Yang Dapat Dilakukan