Stadium Kanker Usus

531
Stadium Kanker Usus
Sumber Gambar: shutterstock_361322426

Diedit:

Tahukah Anda bagaimana stadium kanker usus ditentukan? Apa manfaatnya mengetahui stadium kanker usus? Apa saja yang perlu Anda ketahui sehubungan dengan stadium kanker usus? Dalam artikel ini Anda akan melihat bagaimana dokter menjabarkan pertumbuhan maupun penyebaran kanker. Hal ini dilakukan dalam bentuk kanker usus stadium 1, kanker usus stadium 2, kanker usus stadium 3, atau kanker usus stadium 4.

Temukan info selengkapnya seputar stadium 1 hingga stadium 4 dari kanker usus yang menyerang Anda dalam artikel berikut ini! Simak bagaimana penentuan stadium kanker ditetapkan!

Stadium Kanker Usus

Stadium kanker merupakan metode yang digunakan untuk mengetahui letak kanker, penyebarannya dan pengaruhnya terhadap bagian tubuh lainnya. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan diagnostik untuk dapat mengetahui stadium kanker. Dengan mengetahui stadium kanker usus, maka dokter akan terbantu dalam memberikan berbagai pilihan perawatan terbaik yang cocok dengan kondisi pasien. Sehingga potensi untuk pulih kembali dapat semakin meningkat.

Setelah melihat hasil pemeriksaan, dokter akan memberi tahu tingkat stadium kanker Anda. Sistem penilaian stadium yang paling sering digunakan untuk kanker usus ialah sistem TNM Amerika yang didasarkan atas ciri-ciri kanker usus dan beberapa hal berikut:

T – menunjukan seberapa jauh pertumbuhan tumor (primer) pada dinding usus, serta mengetahui pertumbuhannya pada area disekitarnya.

N – menunjukan seberapa jauh penyebaran kanker menuju kelenjar getah bening disekitarnya. Kelenjar getah bening merupakan kumpulan sel kekebalan tubuh yang bentuknya seperti kacang kecil yang sering menjadi sasaran kanker.

M – menunjukan penyebaran kanker menuju organ jauh lainnya. Penyebaran kanker usus yang paling umum ialah hati dan paru-paru.

Mari kita perhatikan kanker usus stadium 0, kanker usus stadium 1, kanker usus stadium 2, kanker usus stadium 3, atau kanker usus stadium 4 berikut!

Kanker Usus Stadium 0

Stadium ini menunjukan kanker tahap awal yang sering disebut sebagai karsinoma in situ atau intramukosal karsinoma. Pada tahap ini, penyebaran kanker belum tumbuh keluar lapisan dalam (mukosa) kolon atau rektum.

Kanker Usus Stadium 1

Kanker Usus Stadium 1 menunjukan bahwa kanker telah tumbuh keluar dari mukosa muscularis menuju submukosa dan mungkin juga telah menyebar ke muscularis propria. Penyebaran kanker belum mencapai kelenjar getah bening disekitarnya. Kanker juga belum menyebar ke tempat yang jauh.

Kanker Usus Stadium 2

Kanker Usus Stadium 2 memperlihatkan beberapa hasil yang cukup beragam, setidaknya ada 3 kondisi yang dikelompokan kedalam stadium 2 kanker usus, yaitu;

Stadium 2A

Dimana sel kanker telah tumbuh di lapisan terluar kolon atau rektum, namun belum keluar dari lapisan tersebut. Sel kanker juga belum mencapai organ terdekat. Penyebaran kanker juga belum mencapai kelenjar getah bening yang ada disekitarnya ataupun organ jauh lainnya.

Stadium 2B

Dimana sel kanker telah tumbuh di dinding kolon atau rektum, namun belum mencapai jaringan ataupun organ terdekat lainnya. Penyebaran kanker juga belum mencapai kelenjar getah bening disekitarnya atau organ terjauh lainnya.

Stadium 2C

Dimana sel kanker telah tumbuh di dinding kolon atau rektum dan menempel atau tumbuh di jaringan atau organ terdekat lainnya. Penyebaran kanker belum mencapai kelenjar getah bening yang ada disekitarnya ataupun organ terjauh lainnya.

Kanker Usus Stadium 3

Kanker Usus Stadium 3 memperlihatkan beberapa hasil yang cukup beragam, setidaknya ada 3 kondisi yang dikelompokan kedalam stadium 3 kanker usus, yaitu;

Stadium 3A

Pertama, kanker telah tumbuh melewati mukosa ke submukosa dan mungkin telah tumbuh di muskularis propria. Penyebaran kanker telah menyerang 1 hingga 3 bagian kelenjar getah bening disekitarnya. Bahkan telah mencapai area berlemak disekitar kelenjar getah bening, tapi bukan nodusnya sendiri. Penyebaran kanker belum mencapai organ yang jauh dari usus.

Kedua, kanker telah tumbuh melewati mukosa menuju submukosa. Penyebaran kanker telah mencapai 4 sampai 6 bagian kelenjar getah bening disekitarnya. Penyebaran kanker belum mencapai organ yang jauh dari usus.

Stadium 3B

Pertama, kanker telah tumbuh menuju lapisan terluar kolon atau rektum. Bisa jadi telah melewati peritoneum visceral, namun belum mencapai organ terdekat. Penyebaran kanker dapat mencapai 1 sampai 3 bagian kelenjar getah bening disekitarnya atau area berlemak disekitar kelenjar getah bening, tapi bukan nodusnya sendiri. Penyebaran kanker belum mencapai organ yang jauh dari usus.

Kedua, kanker telah tumbuh di propil muskularis atau menuju lapisan terluar kolon maupun rektum. Penyebaran kanker telah mencapai 4 sampai 6 bagian kelenjar getah bening disekitarnya. Penyebaran kanker belum mencapai organ yang jauh dari usus.

Ketiga, kanker telah tumbuh melewati mukosa menuju submucosa dan mungkin juga telah tumbuh di muskularis propria. Penyebaran ini telah mencapai 7 atau lebih bagian kelenjar getah bening disekitarnya. Penyebaran kanker belum mencapai organ yang jauh dari usus.

Stadium 3C

Pertama, kanker telah tumbuh melewati dinding kolon atau rektum (termasuk peritoneum viseral) namun belum mencapai organ terdekat. Penyebaran ini telah mencapai 4 sampai 6 bagian kelenjar getah bening disekitarnya. Penyebaran kanker belum mencapai organ yang jauh dari usus.

Kedua, kanker telah tumbuh ke lapisan terluar kolon atau rektum maupun melewati peritoneum visceral, namun belum mencapai organ terdekat. Penyebaran ini telah mencapai 7 atau lebih bagian kelenjar getah bening disekitarnya. Penyebaran kanker belum mencapai organ yang jauh dari usus.

Ketiga, kanker telah tumbuh melewati dinding kolon atau rektum dan menempel atau tumbuh ke jaringan atau organ terdekat lainnya. Penyebaran ini telah mencapai setidaknya satu bagian kelenjar getah bening terdekat atau menuju area berlemak di dekat kelenjar getah bening. Penyebaran kanker belum mencapai organ yang jauh dari usus.

Kanker Usus Stadium 4

Kanker Usus Stadium 4 memperlihatkan beberapa hasil yang cukup beragam, setidaknya ada 2 kondisi yang dikelompokan kedalam stadium 4 kanker usus, yaitu;

Stadium 4A

Dimana sel kanker bisa jadi tumbuh atau tidak tumbuh melewati dinding kolon atau rektum. Bisa menyebar ataupun tidak menyebar menuju kelenjar getah bening disekitarnya. Penyebaran kanker telah mencapai 1 organ jauh (seperti hati atau paru-paru) bisa juga menyerang sekumpulan kelenjar getah bening yang jauh dari usus.

Stadium 4B

Dimana sel kanker bisa jadi tumbuh atau tidak tumbuh melewati dinding kolon atau rektum. Bisa menyebar ataupun tidak menyebar menuju kelenjar getah bening disekitarnya. Penyebaran kanker telah mencapai lebih dari satu organ jauh (seperti hati atau paru-paru) bisa juga menyerang sekumpulan kelenjar getah bening yang jauh dari usus. Bahkan telah menyebar ke bagian peritoneum yang jauh (lapisan rongga perut) dari usus.

Demikianlah kanker usus stadium 1, kanker usus stadium 2, kanker usus stadium 3, atau kanker usus stadium 4 yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui stadium kanker usus, ini akan membantu Anda dalam memilih metode pengobatan kanker usus yang tepat untuk dijalani. Mengetahui stadium kanker dapat membantu Anda agar mendapat penanganan yang tepat dari ahli medis profesional di rumah sakit.

Baca juga:  Pengobatan Kanker Usus
Advertisement
Alinesia