Stadium Kanker Usus


By Cindy Wijaya

Sewaktu seorang pasien telah didiagnosis menderita kanker usus (disebut juga kanker kolorektal) oleh dokter, salah satu hal pertama yang akan dokter cari tahu adalah stadium kanker usus tersebut. Stadium kanker maksudnya adalah seberapa jauh kanker sudah bertumbuh dan sudah menyebar. Mengetahui stadium kanker usus penting dalam mempertimbangkan pengobatan terbaik.

Ada beberapa sistem yang digunakan untuk menentukan stadium kanker. Pada kanker usus sistem yang biasanya digunakan para dokter adalah sistem oleh American Joint Committee on Cancer, yang disebut sistem TNM.

Sistem TNM mempertimbangkan tiga faktor berikut:

  • Tumor (T): Apakah tumor sudah tumbuh ke dinding usus? Berapa banyak lapisan?
  • Node (N): Apakah tumor sudah menyebar ke kelenjar (node) getah bening? Jika ya, dimana dan berapa banyak?
  • Metastasis (M): Apakah kanker sudah menyebar ke bagian tubuh lain? Jika ya, dimana dan berapa banyak?

Hasil pertimbangan dari ketiga faktor tersebut akan digabungkan untuk menentukan stadium kanker pada seorang pasien.

Terdapat 5 stadium kanker usus: kanker usus stadium 0, kanker usus stadium 1, kanker usus stadium 2, kanker usus stadium 3, dan kanker usus stadium 4. Berikut akan dijelaskan masing-masing arti dari stadium kanker kolorektal tersebut.

Kanker Usus Stadium 0

Ini merupakan stadium kanker usus paling awal. Pada kanker usus stadium 0, kankernya belum bertumbuh melebihi mukosa, atau lapisan usus yang paling dalam.

Kanker Usus Stadium 0

Kanker Usus Stadium 1

Ini juga masih termasuk stadium kanker kolorektal yang awal. Pada kanker usus stadium 1, kankernya sudah tumbuh ke lapisan dalam usus, yang disebut mukosa, menuju ke lapisan usus berikutnya, yang disebut submukosa. Tetapi kanker belum menyebar ke kelenjar getah bening.

Kanker Usus Stadium 1

Kanker Usus Stadium 2

Pada kanker usus stadium 2, kankernya sudah sedikit lebih parah daripada stadium 1 dan sudah bertumbuh melebihi lapisan mukosa maupun submukosa di usus.

Lebih lanjut lagi, stadium kanker usus ini dibagi menjadi tiga yaitu 2A, 2B, atau 2C:

  • Kanker Usus Stadium 2A: Kanker belum menyebar ke kelenjar getah bening atau jaringan terdekat. Tetapi kanker sudah mencapai lapisan terluar dari usus meskipun belum sepenuhnya tumbuh melewatinya.
  • Kanker Usus Stadium 2B: Kanker belum menyebar ke kelenjar getah bening, tapi sudah bertumbuh melewati lapisan terluar dari usus dan menuju ke visceral peritoneum. Ini adalah selaput yang menahan organ-organ perut agar tetap di tempatnya.
  • Kanker Usus Stadium 2C: Kanker belum menyebar ke kelenjar getah bening terdekat, tetapi sudah bertumbuh melewati lapisan terluar usus dan sudah mencapai ke organ atau struktur terdekatnya.

Kanker Usus Stadium 2

Kanker Usus Stadium 3

Seperti pada stadium 2, kanker usus stadium 3 dibagi menjadi tiga yaitu 3A, 3B, dan 3C. Berikut masing-masing penjelasannya:

Kanker Usus Stadium 3A: Kanker telah menyebar melewati mukosa dinding usus  ke submukosa dan mungkin telah menyebar ke lapisan otot, dan telah menyebar ke 1 – 3 kelenjar getah bening di dekatnya atau jaringan di dekat kelenjar getah bening.

ATAU, kanker telah menyebar melewati mukosa ke submukosa dan ke 4 – 6 kelenjar getah bening di dekatnya.

Kanker Usus Stadium 3A

Kanker Usus Stadium 3B: Kanker telah menyebar melewati lapisan otot dinding usus ke serosa atau telah menyebar melewati serosa tapi tidak ke organ terdekat; kanker sudah menyebar ke 1 – 3 kelenjar getah bening di dekatnya atau ke jaringan di dekat kelenjar getah bening.

ATAU, kanker telah menyebar ke lapisan otot atau ke serosa, dan ke 4 – 6 kelenjar getah bening di dekatnya.

ATAU, kanker telah menyebar melewati mukosa ke submukosa dan mungkin telah menyebar ke lapisan otot; kanker telah menyebar ke sedikitnya 7 kelenjar getah bening di dekatnya.

Kanker Usus Stadium 3B

Kanker Usus Stadium 3C: Kanker telah menyebar melewati serosa dinding usus tapi tidak ke organ di sekitarnya; kanker telah menyebar ke 4 – 6 kelenjar getah bening di dekatnya.

ATAU, kanker telah menyebar melewati lapisan otot ke serosa atau telah menyebar melewati serosa tapi tidak ke organ di sekitarnya; kanker sudah menyebar ke sedikitnya 7 kelenjar getah bening di dekatnya.

ATAU, kanker telah menyebar melewati serosa ke organ terdekat dan ke sedikitnya 1 kelenjar getah bening di dekatnya atau ke jaringan di dekat kelenjar getah bening.

Kanker Usus Stadium 3C

Kanker Usus Stadium 4

Ini merupakan stadium kanker kolorektal tahap akhir. Stadium kanker ini dibagi menjadi tiga yaitu 4A, 4B, dan 4C. Berikut masing-masing penjelasannya:

  • Kanker Usus Stadium 4A: Pada stadium kanker kolorektal ini, kanker sudah menyebar ke satu lokasi yang jauh, misalnya ke hati atau paru-paru.
  • Kanker Usus Stadium 4B: Kanker sudah menyebar ke lebih dari satu bagian tubuh lain.
  • Kanker Usus Stadium 4C: Kanker sudah menyebar ke peritoneum dan mungkin sudah menyebar ke lokasi atau organ lain.

Kanker Usus Stadium 4

Pengobatan Berdasarkan Stadium Kanker Usus

Seperti telah disebutkan, pengobatan yang akan disarankan oleh dokter sebagian besar tergantung pada stadium kanker pasiennya. Selain itu ada beberapa faktor lain yang dipertimbangkan, misalnya usia dan kondisi kesehatan pasien.

Menurut lembaga American Cancer Society, saran pengobatan untuk masing-masing stadium kanker kolorektal adalah sebagai berikut:

  • Pengobatan Kanker Usus Stadium 0: Biasanya satu-satunya metode pengobatan yang dibutuhkan adalah operasi.
  • Pengobatan Kanker Usus Stadium 1: Pengobatan yang direkomendasikan adalah operasi. Namun teknik operasi yang digunakan dapat berbeda-beda tergantung pada lokasi dan ukuran kankernya.
  • Pengobatan Kanker Usus Stadium 2: Pengobatan yang disarankan adalah operasi, untuk menghilangkan bagian yang sudah dicemari kanker di usus serta kelenjar getah bening terdekatnya. Dalam situasi tertentu pengobatan kemoterapi juga dapat disarankan, misalnya jika kankernya memiliki pertumbuhan yang cepat.
  • Pengobatan Kanker Usus Stadium 3: Pengobatan untuk stadium ini adalah dengan operasi untuk menghilangkan kanker dan kelenjar getah bening, lalu dilanjutkan dengan kemoterapi. Pada beberapa situasi, dokter juga bisa menyarankan terapi radiasi.
  • Pengobatan Kanker Usus Stadium 4: Pengobatan untuk kanker kolorektal stadium akhir ini antara lain operasi, kemoterapi, dan mungkin terapi radiasi. Dalam situasi tertentu, dokter juga dapat menyarankan terapi tertarget atau imunoterapi pada pasiennya.

Membantu Pengobatan dengan Herbal Anti-Kanker

Herbal anti-kanker dapat membantu pengobatan dengan menjadi pendamping, atau dikonsumsi untuk memperkuat kondisi tubuh penderita kanker.

Misalnya, herbal dapat digunakan sebelum dilakukan operasi untuk meningkatkan stamina tubuh. Atau dikonsumsi setelah operasi untuk mempercepat proses pemulihan tubuh, pengeringan luka operasi, dan membantu membersihkan sel-sel kanker yang mungkin masih tersisa dan tidak terjangkau oleh operasi.

Prinsip yang sama juga berlaku sewaktu pasien menjalani kemoterapi. Herbal dapat dikonsumsi sebelum dan sesudah pasien menerima dan menyelesaikan kemoterapi.

Salah satu herbal anti-kanker yang menonjol kemampuannya sebagai pendamping pengobatan medis ialah Sarang Semut.

Berdasarkan komentar Dr. Dewata yang dikutip dalam Majalah Trubus, dikatakan bahwa pasien yang memadukan antioksidan alami dengan obat kimia dari dokter, diketahui lebih cepat pulih daripada pasien yang hanya menggunakan obat kimia.

Dari pengalaman banyak pengguna Sarang Semut, mereka rata-rata sudah mulai merasakan pengaruh positif dari herbal ini setelah 1 bulan konsumsi rutin. Pengaruh positif tersebut contohnya rasa sakit yang jauh berkurang, kondisi badan yang lebih kuat, selera makan kembali pulih, ukuran benjolan kanker yang secara bertahap menyusut atau bahkan menghilang sama sekali.

Semoga informasi mengenai herbal anti-kanker ini dapat membantu Anda yang sedang mempertimbangkan untuk menggunakan herbal untuk membantu pengobatan kanker usus.

Demikianlah artikel ini yang menjelaskan tentang stadium kanker usus mulai dari stadium 0 sampai stadium 4. Semoga informasi ini dapat berguna bagi Anda. Temukan juga ulasan informatif lain seputar penyakit kanker hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Healthline. Stages of Colon Cancer. URL: https://www.healthline.com/health/colorectal-cancer/stages-of-colon-cancer

Cancer.Net. Colorectal Cancer: Stages. URL: https://www.cancer.net/cancer-types/colorectal-cancer/stages

Redaksi Trubus. 2006 Mei. Sarang Semut vs Penyakit Maut. Trubus. Rubrik Topik: 10-23

National Cancer Institute. Colon Cancer Treatment (PDQ®)–Patient Version. URL: https://www.cancer.gov/types/colorectal/patient/colon-treatment-pdq

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>