Rambut: Bagaimana Cara Mengatasi Rambut Rusak?

520
Google Image

Diedit:

Siapa yang tidak ingin memiliki rambut indah? Ya, kebanyakan orang tentu menaruh perhatian lebih pada mahkota kepala yang satu ini. Kesehatan rambut tidak hanya bermanfaat bagi penampilan Anda, ini berkaitan dengan kehidupan. Misalnya jika Anda mengalami rambut rontok bisa jadi karena adanya gejala anemia atau karena reaksi obat-obatan. Namun, rusaknya rambut tidak selalu di tandai dengan kerontokan.

Apa Saja Jenis-Jenis Rambut yang Perlu Anda Ketahui?

Rambut berminyak—jenis ini memang membuat rambut Anda tidak mudah pecah ataupun terlalu kering, namun jika tidak dirawat dengan baik malah menjadi tempat favorit pertumbuhan bakteri.

Rambut kering—jenis ini dipengaruhi oleh beragam faktor dari cuaca, kesalahan perawatan rambut, atau karena kurang gizi.

Rambut normal—jenis rambut yang tidak kering atau berminyak. Adapula jenis rambut kombinasi yang di ujung rambut kering dan pangkalnya berminyak.

Apa Ciri-Ciri Rambut Rusak?

Rambut Anda dikatakan rusak jika memiliki tekstur yang kasar, terlihat kering ,dan tampak keriting (bukan karena jenis rambutnya). Warna rambut yang rusak di kalangan orang Indonesia biasanya terlihat kemerahan atau kekuningan. Sewaktu Anda membasuh rambut Anda, mereka akan menggumpal dan mudah patah, bahkan sewaktu disisir dengan tangan.

Kerusakan rambut juga sering berkaitan dengan kulit kepala, misalnya berkembangnya ketombe, kondisi kulit kepala yang terlalu kering ataupun basah, dan keberadaan kutu yang berkembang biak pada rambut Anda. Tentu saja hal demikian akan menambah stres yang tidak semestinya hadir dalam pikiran Anda.

Bagaimana Cara Mengatasi Rambut Rusak?

Pertama, mulailah perbaiki pola makan Anda! Karena rambut terbentuk karena unsur protein, ada baiknya mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan tersebut, juga makanan yang mengandung vitamin B komplek, seng (zinc), dan asam lemak esensial. Nutrisi lain yang Anda butuhkan ialah kalsium, zat besi, vitamin C dan E.

Baca juga:  Tips Merawat Rambut agar Cepat Panjang

Kedua, perhatikan kebiasaan Anda! Misalnya hentikan penggunaan ikat rambut saat sedang beristirahat, dengan demikian Anda membantu sirkulasi atau pertumbuhan rambut agar tidak patah. Kebiasaan lainnya adalah menggunakan air hangat untuk berkeramas, ini juga akan memengaruhi bentuk rambut Anda hingga tampak kusam dan kering.

Ketiga, lakukan perawatan rambut dengan rutin! Berkeramas dengan air dingin 2 atau 3 kali seminggu dapat membersihkan kotoran yang menempel pada rambut, sekaligus melembabkannya. Namun, sewaktu memilih produk perawatan rambut sebaiknya sesuaikan dengan jenis rambut Anda.

Gunakanlah kondisioner yang tidak hanya melembabkan rambut tapi juga yang mampu menutrisinya. Untuk memaksimalkan upaya Anda dalam merawat rambut setidaknya lakukanlah hair spa dan cream bath secara rutin, dengan demikian kerusakan pada rambut dapat pulih dengan cepat. Ya, demikianlah cara Anda dapat mencegah terjadinya kerusakan rambut. Maka tak perlu khawatir lagi dengan penampilan ataupun kesehatan rambut Anda.