Pertumbuhan Rambut: Apa yang Perlu Anda Ketahui?


By Fery Irawan

Siapa yang tak pernah bercukur dan berkeramas? Beberapa orang bahkan meluangkan waktu untuk melakukan perawatan khusus di salon guna mempertahankan keindahannya.

Kegiatan ini sudah menjadi kebiasaan banyak orang, tidak soal pria atau wanita. Bagaimana dengan Anda—apa yang perlu diketahui dalam menjaga kesehatan rambut?

Fakta yang mengejutkan!

Sebelumnya, tahukah Anda berapa jumlah helai rambut yang ada di kepala? Bisa jadi lebih dari 100.000 helai dan hampir tak ada orang yang bisa menghitungnya secara terperinci. Pertumbuhan rambut sangatlah unik, karena hanya 2 hingga 6 tahun mereka dapat terus bertumbuh.

Setelah mencapai usia tersebut, rambut lama mulai rontok dan digantikan oleh rambut baru. Kira-kira ada 70 hingga 100 helai rambut yang rontok setiap hari, dan ini masih tergolong normal. Bagaimana dengan siklus pertumbuhan rambut?

Setidaknya ada 3 fase, yaitu; fase pertumbuhan, fase transisi pendek, dan fase istirahat.

Pada fase pertumbuhan (anagen), rambut baru akan tumbuh dan mendorong rambut lama keluar dari folikel rambut (bagian pada kulit yang menghasilkan rambut). Sebelum masuk ke fase berikutnya, rambut akan beristirahat selama 3 bulan.

Fase transisi disebut juga dengan istilah catagen, ini merupakan masa manakala folikel rambut akan menyusut. Fase ini akan berlangsung selama 2 hingga 3 minggu.

Fase yang ketiga adalah fase istirahat (telogen)—fase ini berlangsung selama 5 hingga 6 minggu untuk rambut kepala dan bertahan lebih lama pada alis, bulu mata, bulu pada lengan, dan kaki. Pada fase ini rambut tidak tumbuh dan bersiap memasuki fase pertumbuhan.

Adakah makanan yang dapat membantu pertumbuhan rambut? Tentu saja ada! Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak seperti; kacang kenari, ikan dan alpukat. Mengonsumsi kacang kenari dipercaya mampu melindungi rambut dari kerusakan sekaligus mempertahankan warna rambut yang indah.

Kandungan lain berupa vitamin A, B, C, D, dan vitamin E juga sangat berperan penting untuk kesehatan kulit kepala Anda, dan ini didapat dengan mengonsumsi tiram, ubi, telur, bayam, yoghurt, blueberry, dan ayam. Makanan lainnya yang mengandung zinc dan zat besi turut mempercepat proses pertumbuhan rambut.

Bagaimana dengan cara perawatan rambut agar bertumbuh baik? Tentu saja, berkeramas adalah cara yang efektif membantu pertumbuhan rambut. Kulit kepala yang bersih, akan mempermudah pertumbuhan rambut di kepala Anda.

Pada saat berkeramas, Anda hendaknya selalu ingat agar tidak menggosoknya terlalu kuat. Tindakan tersebut justrum membuat rambut Anda patah dan memicu kerontokan rambut. Pada saat berkeramas, pijatlah kepala Anda dengan lembut ke satu arah saja.

Bagi Anda yang memiliki rambuit panjang sebaiknya berkeramas dengan cara menyisir rambut dari ujung kepala hingga ujung rambut dengan lembut, lalu bilas hingga bersih. Setelah Anda berkeramas, ada baiknya menggunakan pelembab kulit kepala dan rambut agar tidak kering, sekaligus menjaga kelembaban rambut tetap stabil.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting dan di-review oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}