Perawatan Alami untuk Obat Infeksi Saluran Kencing

588

Diedit:

Penyakit infeksi saluran kencing adalah salah satu jenis penyakit yang sangat umum dan bisa terjadi pada anak-anak maupun orang lanjut usia. Infeksi ini akan menyerang beberapa bagian sistem kemih seperti uretra, ureter, ginjal dan kandung kemih.

Infeksi yang paling sering terjadi biasanya menyerang pada bagian saluran kemih dan kandung kemih. Penyakit ini lebih sering menyerang wanita daripada pria. Infeksi saluran kencing biasanya harus mendapatkan perawatan yang intensif sebelum infeksi menyebar ke bagian ginjal. Jika infeksi sudah menyebar ke bagian ginjal maka bisa menyebabkan beberapa penyakit lanjutan pada ginjal.

Gejala Infeksi Saluran Kemih

Penyakit infeksi saluran kemih biasanya tidak menyebabkan beberapa gejala khusus. Biasanya penderita juga tidak menyadari terkena penyakit ini. Namun jika infeksi saluran kemih memang terjadi maka bisa memakai obat infeksi saluran kencing. Berikut ini beberapa macam tanda atau gejala yang perlu diwaspadai.

  • Keinginan untuk buang air kecil secara terus menerus.
  • Ada rasa panas saat buang air kecil
  • Bagian bawah kantung kemih terasa sakit saat buang air kecil.
  • Urin memiliki warna keruh dan tidak jernih.
  • Terkadang jika infeksi sudah parah maka bisa saja urin disertai dengan darah.
  • Ada rasa sakit pada bagian panggul pada penderita wanita.
  • Ada rasa sakit pad bagian dubur jika terjadi pada pria.

Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Penyakit yang menyebabkan infeksi saluran kemih biasanya bisa terjadi karena ada bakteri yang masuk ke saluran kemih melalui uretra. Kemudian bakteri akan berkembangbiak dan masuk ke dalam kandung kemih. Biasanya pada saluran kandung kemih memang ada bakteri khusus yang menangkal kuman agar tidak masuk ke kandung kemih. Tapi sistem ini tidak bisa bekerja maksimal ketika kekebalan tubuh sedang lemah. Berikut ini adalah jenis bakteri penyebab infeksi saluran kemih.

  • Infeksi Kandung Kemih Sistitis

    Infeksi kandung kemih yang terjadi pada kandung kemih bisa disebabkan oleh jenis bakteri Escherichia coli. Infeksi ini bisa disebabkan karena jarak organ kewanitaan dengan dubur yang terlalu dekat dan jarak dari vagina ke saluran kencing yang juga dekat.

  • Infeksi Kandung Kemih Uretra

    Infeksi yang terjadi pada saluran uretra bisa disebabkan karena penyebaran bakteri dari anus ke uretra. Infeksi ini bisa terjadi karena jarak organ wanita yang dekat dengan dubur dan saluran kencing. Selain itu infeksi ini juga bisa terjadi karena penyakit menular seksual seperti klamidia dan herpes.

Baca juga:  Terapi Rumahan untuk Mengatasi Infeksi Saluran Kencing

Perawatan untuk Infeksi Saluran Kencing

Biasanya infeksi saluran kencing akan diobati dengan memakai beberapa jenis antibiotik. Namun pada tingkat tertentu, antibiotik tidak bisa bekerja secara maksimal sehingga bakteri sulit untuk dihilangkan. Berikut ini adalah beberapa obat infeksi saluran kencing yang bisa dilakukan dari rumah.

  • Minum Banyak Air

    Minum banyak air adalah salah satu obat infeksi saluran kencing yang paling aman dan bisa dilakukan semua orang. Ketika Anda banyak minum air maka Anda juga akan semakin sering buang air kecil. Bakteri yang ada dalam saluran kencing dan kandung kemih bisa keluar bersama dengan urin. Jadi, upayakan supaya minum air minimal 8 gelas per hari.

  • Jangan Menahan Buah Air Kecil

    Salah satu kebiasaan buruk yang menyebabkan infeksi saluran kencing adalah menahan saat buang air kecil. Beberapa orang memang malas melakukan hal ini dan jika terus terjadi maka bisa menyebabkan perkembangan bakteri yang akan disalurkan ke dalam saluran kencing dan kandung kemih. Ketika Anda menahan air kencing maka ada banyak bakteri yang berkumpul berkembang di kandung kemih. Namun ketika Anda sering buang air kecil maka ada banyak bakteri yang bisa keluar dari kandung kemih dan saluran kencing.

  • Larutan Air Baking Soda

    Larutan ini sangat ampuh untuk mengatasi masalah infeksi saluran kencing. Jika Anda merasa ada rasa panas berlebihan saat buang air kecil maka itu bisa menjadi pertanda yang serius. Untuk mengatasi gejala ini bisa dengan melarutkan satu sendok teh baking soda ke dalam satu gelas air putih. Aduk perlahan dan minum saat pagi hari. Air dari baking soda bermanfaat sebagai larutan alkali yang akan membuat bakteri dalam saluran air kencing musnah dan bakteri baik akan tumbuh kembali. Hindarilah mengonsumsi garam selama melakukan terapi ini untuk mencegah sakit ginjal.

  • Minuman Jus Seledri

    Seledri adalah salah satu jenis sayuran yang mengandung senyawa khusus dan bersifat diuretik. Anda bisa membuat jus seledri dari seledri yang masih segar. Terapi dengan jus seledri selama satu hari sekali akan membantu Anda bisa membuang air kecil dengan lancar. Ketika Anda tidak memiliki masalah dengan buang air kecil maka bakteri dalam kandung kemih dapat mati dan keluar dari saluran kencing.

  • Makan Mentimun

    Mentimun adalah salah satu jenis sayuran yang memberikan efek menyegarkan. Mentimun banyak mengandung gel alami dan air yang cukup banyak. Mentimun juga mengandung berbagai macam nutrisi seperti serat, vitamin C, mineral dan air. Makan mentimun akan membuat saluran kencing menjadi lebih lancar. Hal ini juga akan mendorong agar penderita bisa buang air kecil dengan baik sehingga bisa mengurangi rasa panas dan kesulitan buang air kecil.

Baca juga:  Terapi Rumahan untuk Mengatasi Infeksi Saluran Kencing

Obat infeksi saluran kencing bisa didapatkan secara alami dari berbagai jenis buah dan sayuran. Penyakit ini bisa diobati dengan cara yang aman. Selain itu memperhatikan kesehatan dan kebersihan saluran kencing juga bisa menjadi cara untuk mencegah infeksi saluran kencing. Jika penderita merasakan sakit yang lebih parah maka sebaiknya segera berkonsultasilah dengan dokter.

Advertisement
Alinesia