Penyebab AIDS Yang Perlu Diwaspadai

486
Penyebab AIDS dan HIV

Diedit:

Menurut informasi yang dikeluarkan oleh departemen kesehatan, di awal tahun 2004 ada 6 provinsi yang banyak terjadi kasus AIDS dan HIV. Namun pada akhir 2004 bertambah 6 provinsi lagi yang mempunyai kasus AIDS. Melihat data yang ada, tentu sangat memprihatinkan dan mengkhawatirkan bagi kelangsungan generasi bangsa. Apa sebenarnya penyebab AIDS dan HIV ini?

Dalam artikel ini Anda akan melihat apa sebenarnya yang menyebabkan munculnya penyakit AIDS. Juga adakah perbedaan antara AIDS dengan HIV. Mari kita lihat ulasan singkatnya dalam artikel berikut ini! — Sumber: AIDS and HIV Causes

Penyebab AIDS

Penyakit AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) atau dalam dunia kedokteran sering disebut sindrom penurunan kekebalan tubuh merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus yang bernama HIV. Umumnya orang yang terjangkit HIV mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh.

Sehingga berbagai macam penyakit dapat menyerang dan sangat sulit untuk disembuhkan. Jadi tidak heran jika para penderita AIDS berujung dengan kematian, memang saat ini obatnya masih diteliti. Hanya saja yang memprihatinkan di Indonesia sendiri penderita AIDS dari tahun ke tahun selalu meningkat.

Seperti kebanyakan penyakit lainnya, penyakit AIDS juga timbul karena berbagai sebab, berikut ini penyebab seseorang bisa terkena penyakit AIDS.

  • Merajalelanya seks bebas, seperti pelacuran dan perilaku bebas lainnya
  • Saat hubungan seksual tidak menggunakan kondom
  • Penggunaan obat bius terlalu banyak
  • Menggunakan jarum suntik yang tidak steril
  • Pendidikan kesehatan dan konseling yang lemah

Itulah penyebab utama timbulnya penyakit AIDS yang bisa Anda ketahui, dan walaupun obat penyakit ini secara pasti masih diteliti.

Ingatlah bahwa penyebab AIDS dan HIV yang utama ialah keberadan HIV atau human imunnodeficiency virus. Virus ini didapat dari kontak langsung dengan darah, cairan mani atau cairan vagina yang telah terinfeksi.

Cara Mencegah Penyakit AIDS

Penyakit ini bisa dicegah, sebab mencegah penyakit AIDS lebih mudah dari pada mengobatinya. Hal ini akan membantu Anda untuk terhindar dari serangan ganas HIV. Mari kita perhatikan keterangan berikut ini!

Setia dengan Pasangan

Salah satu faktor utama penularan penyakit AIDS yaitu melakukan hubungan seksual, untuk mencegah dan menghindari Anda dari penyakit berbahaya ini setia lah kepada pasangan Anda. Maksud setia disini melakukan hubungan seksual hanya dengan pasangan hidup Anda. Jika hal ini dilakukan pasti Anda tidak akan terkena penyakit mengerikan ini.

Hindari Seks Bebas

Melakukan seks secara bebas merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit AIDS, maka dari itu menghindari Anda terkena penyakit ini jangan pernah melakukan hubungan seksual dengan pekerja seksual atau berganti-ganti pasangan.

Pemakaian Kondom

Menggunakan kondom saat hubungan seksual merupakan salah satu cara untuk mencegah penyakit AIDS, kecuali untuk Anda yang menginginkan keturunan. Kondom sendiri bisa menurunkan resiko infeksi tetapi tidak dapat mencegahnya secara total.

Hindari Narkoba

Menggunakan narkoba merupakan salah satu penularan penyakit AIDS yang sering terjadi saat ini, seperti yang kita ketahui bersama memiliki berbagai jenis. Dan salah satunya ada narkoba jika ingin digunakan harus menggunakan jarum suntik dan dari jarum suntik inilah penyebaran HIV.

Jarum yang digunakan bergantian meningkatkan resiko terkena penyakit AIDS, kesimpulannya jika Anda ingin terhindar dari penyakit berat ini sebaiknya jangan pernah sekali kali menggunakan narkoba.

Ketahuilah bahwa HIV tidak dapat bertahan diluar tubuh manusia. Sehingga ini tidak akan menular sekalipun Anda berciuman ataupun menggunakan gelas yang sama dengan penderitanya.

Baca juga:  Pengobatan Herbal HIV AIDS Secara Tradisional

Penyakit AIDS sendiri adalah tahap terakhir dari infeksi HIV. Dan yang cukup melegakan tidak semua orang bisa terkena penyakit ini, karena penularan utama penyakit ini hanya melalui hubungan seksual, kontak darah dengan penderita, dan persalinan. Jadi, hindarilah sejauh mungkin semua yang bisa menjadi penyebab penyakit AIDS.

Advertisement
Alinesia