5 Info HIV Penting Yang Wajib Diketahui

523
Info HIV AIDS

Diedit:

AIDS dan HIV — Apa itu HIV ? Apakah HIV bisa sembuh atau tidak? Mungkin ini adalah pertanyaan yang terbayang-bayang di benak Anda. Sekarang Anda dapat menemukan jawabannya dalam info HIV AIDS berikut.

HIV termasuk jenis penyakit yang hingga sekarang masih belum ditemukan obatnya, walaupun beberapa berita mengklaim ada yang sudah menemukan pengobatan untuk HIV AIDS, namun jikalau memang ada, itu masih dalam tahap percobaan dan belum dipasarkan untuk publik. — Sumber: Facts On HIV/AIDS

Info HIV

Oleh karena itu, cara terbaik dalam menghadapi penyakit ini adalah dengan menghindari faktor penyebabnya. Dengan menghindari faktor penyebab penyakit HIV, maka Anda pun tidak akan terjangkiti oleh penyakit berat ini. Mari baca selengkapnya tentang apa itu HIV dan bagaimana proses penularannya?

Info HIV — Apa Itu HIV AIDS

HIV merupakan nama dari virus, di mana virus itu akan menyerang serta merusak sistem antibodi tubuh penderitanya. Karena itu tubuh pun tak lagi dapat bertahan pada serangan berbagai penyakit yang menyerang, bahkan penyakit yang ringan pun seperti batuk dan flu dapat menjadi berbahaya jika Anda terinfeksi oleh HIV.

Hubungan Antara HIV dengan AIDS

Seringkali orang tak dapat membedakan antara apa itu HIV dan apa itu AIDS. Sebenarnya kedua kondisi ini merupakan sesuatu yang berbeda. untuk menjawab apa itu HIV, HIV merupakan virus yang akan mengakibatkan AIDS. Jika sudah terinfeksi virus HIV maka Anda disebut juga HIV positif. Berbeda dengan apa itu HIV, pada AIDS, antibodi tubuh sudah mulai terserang dan tubuh mendapatkan penyakit serta infeksi yang bermacam-macam.

Jika seseorang sudah terdeteksi terinfeksi virus HIV, maka perlu dilakukan perawatan. Perawatan dapat memperlambat kerusakan yang terjadi di sistem antibodi tubuh, oleh karena itu walaupun sudah terinfeksi virus HIV, orang tersebut tetap dapat menjalani hidup dengan sehat, ini merupakan info penting terkait pertanyaan apa itu HIV.

Mungkin ini sudah menjelaskan sekilas tentang apa itu HIV. Apabila sistem antibodi tubuh terserang HIV, seiring waktu daya tahan tubuh akan semakin melemah. Banyak orang bertanya tentang “Apa itu HIV”, karena memang ini merupakan penyakit yang belum dipahami oleh kebanyakan orang.

Baca juga:  Pencegahan AIDS Yang Dapat Dilakukan

Info HIV — Hoax atau Fakta

Seringkali pertanyaan mengenai apakah suatu aktivitas bisa menularkan HIV menjadi pertanyaan yang terkait dengan pertanyaan tentang “Apa itu HIV”. Namun beberapa kondisi yang tadinya diduga bisa menularkan HIV ternyata sebenarnya tidak menjadi sarana penularan, diantaranya yaitu:

  • Saling bersalaman
  • Gigitan nyamuk
  • Saling berpelukan
  • Berciuman
  • Tinggal serumah
  • Makan bersama

Keenam hal yang diketikkan di atas tidak termasuk dalam faktor yang menjadi sarana penularan virus HIV. Oleh karena itu, Anda jangan terlalu mengucilkan orang-orang yang memang sudah positif terinfeksi virus HIV. Justru orang-orang yang memang sudah terinfeksi HIV itu membutuhkan bantuan mental dan dukungan. Jika Anda sudah mengetahui tentang apa itu HIV, Anda mungkin sudah mengerti tentang hal ini.

Info HIV — Risiko Penularan HIV AIDS

Masih terkait pertanyaan “apa itu HIV?”, Anda juga harus mengetahui tentang tempat HIV hidup dalam tubuh manusia. HIV ini dapat hidup dalam cairan tubuh, contohnya cairan vagina, darah, air susu ibu dan cairan sperma. Karena itulah, beberapa aktivitas merupakan aktivitas yang berisiko menyebabkan seseorang terinfeksi HIV.

Contoh aktivitas tersebut yaitu seorang ibu yang menyusui bayinya, di mana sang ibu sudah terinfeksi penyakit HIV, yang kedua adalah pemakaian jarum suntik, bisa juga jarum tindik.

Dimana sebelumnya jarum suntik atau tindik tersebut telah digunakan oleh orang yang terinfeksi virus HIV. Kebanyakan orang yang mencari info apa itu HIV, sudah terlanjur melakukan aktivitas yang berisiko tersebut.

Selain yang di atas, aktivitas berisiko tersebut yakni kebiasaan berganti-ganti pasangan. Di mana sekarang hal ini banyak terjadi karena nilai budaya yang menurun.

Para remaja jaman sekarang banyak yang sering melakukan hubungan badan tanpa ikatan pernikahan. Selain itu mereka juga kerap bergonta-ganti pasangan, parahnya, kebiasaan ini bahkan sudah dijadikan sebagai gaya hidup baru oleh mereka.

Baca juga:  HIV Pada Anak: Pilih ASI Murni atau Susu Formula

Walaupun sekarang sudah ada kondom, tetapi penggunaan kondom tidak menjamin orang tidak tertular penyakit HIV, potensi tertular masih tetap ada. Oleh karena itu, mari telusuri info tentang apa itu HIV lebih mendalam, sehingga Anda tidak akan sembarangan lagi.

Info HIV — Pemeriksaan HIV AIDS

Untuk mengetahui jika seseorang sudah terinfeksi penyakit HIV atau belum tidak bisa serta merta begitu saja, namun harus menunggu beberapa waktu. Umumnya antara 3 hingga 6 bulan sesudah seseorang terinfeksi virus HIV, kondisi tersebut tidak akan diketahui, karena virus bersembunyi, yang disebut juga sebagai masa jendela.

Walaupun begitu, orang yang tertular penyakit ini, sudah bisa menularkannya pada orang lain. Jika Anda membaca artikel tentang apa itu HIV secara teliti, maka Anda akan menemukan jika ternyata sesudah enam bulan virus HIV sudah dapat dideteksi dengan melakukan tes darah.

Info HIV Stadium

Masih terkait apa itu HIV, infeksi HIV akan menyebabkan seseorang mengalami 4 stadium, di mana stadium yang terakhir disebut sebagai AIDS. Biasanya ketika sudah mencapai stadium ke empat ini, penderita akan kesulitan bertahan hidup, karena antibodi tubuh sudah terlalu rusak. Berbagai penyakit ringan dapat berubah menjadi berbahaya.

Selain itu penyakit saraf serta penyakit infeksi sekunder juga akan menjangkiti tubuh orang tersebut. Setelah mengetahui tentang apa itu HIV, marilah mulai untuk menjaga diri, mengubah gaya hidup yang buruk dan jauhi HIV.

Advertisement
Alinesia