Penjelasan Mengenai Askep Kanker


By Fery Irawan

Asuhan keperawatan kanker atau yang biasa disingkat Askep Kanker merupakan sebuah pedoman dalam memberikan perawatan bagi pasien kanker. Askep kanker ini menjadi acuan perawat untuk memberikan pelayanan bagi pasien kanker.

Askep kanker sendiri banyak jenisnya, bergantung pada jenis kanker yang terjadi. Untuk kanker payudara, maka digunakan askep kanker payudara. Sedangkan untuk kanker kulit, maka digunakan askep kanker kulit.

Banyaknya askep kanker tersebut sesuai dengan jenis penyakit kankernya sehingga diharapkan tiap pasien yang menderita suatu penyakit kanker dapat diberikan pelayanan yang optimal.

Dalam askep kanker, penyakit kanker dibedakan berdasarkan jaringan asalnya. Untuk jaringan mesodermal yang terdiri dari jaringan ikat, tulang, kartilage, lemak, otot sampai pembuluh darah disebut sarcoma.

Sedangkan osteosarcoma merujuk pada kanker tulang. Dan carcinoma merupakan kanker yang berada di jaringan epitel seperti membran mukosa dan kelenjar seperti kanker payudara, kanker ovarium, dan kanker paru. Lalu myeloma merujuk pada kanker sumsum tulang sedangkan blastoma untuk kanker darah (hemopoietik).

Dalam askep kanker juga terdapat istilah metastatis. Yang dimaksud metastatis adalah kemampuan sel kanker untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Kemampuan berpindah ini yang membuat kanker amat berbahaya sebab membuat kanker menyebar dan menyerang beberapa organ sekaligus. Perpindahan sel kanker dari satu tempat ke tempat lain tersebut dapat melalui pembuluh darah, pembuluh limfa, jaringan menempel, dan rongga dalam tubuh.

Mengenai pengobatan kanker, dalam askep kanker dijelaskan bahwa ada tiga penanganan utama pada penderita kanker, yaitu melalui pembedahan, radioterapi, dan kemoterapi. Pembedahan kanker dilakukan jika kondisi tumor masih kecil.

Pembedahan juga tidak berjalan sendiri, namun biasanya dibarengi dengan radioterapi dan kemoterapi. Pada radioterapi digunakan sinar laser (X-ray) untuk membunuh sel kanker dan dilakukan hanya pada bagian yang terkena kanker.

Itu dimaksudkan agar tidak membuat kerusakan di jaringan lainnya sedangkan kemoterapi dilakukan untuk menghancurkan sel kanker yang masih tersisa di dalam tubuh.

Dalam askep kanker, perawat memiliki peran yang sangat penting agar proses penyembuhan pasien bisa berlangsung lancar. Perawat berperan dalam memberi dukungan pada pasien dengan melakukan diagnosa.

Perawat juga mencari tahu kebutuhan psiko-sosial dan spiritual pasien. Perawat juga harus memenuhi kebutuhan cairan dan nutrisi pasien di samping membantu klien untuk berhasil melewati fase penyembuhan. Peran-peran perawat yang sangat penting tersebut dijelaskan dalam askep kanker secara mendetail.

Intervensi keperawatan juga dijelaskan dalam askep kanker. Intervensi keperawatan merupakan cara penanganan terhadap pasien berdasarkan kondisi yang terjadi.

Intervensi keperawatan dalam askep kanker seperti melihat kondisi pasien berdasarkan resiko infeksi, resiko perdarahan, resiko gangguan perfusi jaringan, gangguan keseimbangan cairan, dan resiko-resiko lainnya.

Perawat profesional sangat dibutuhkan dalam penanganan kanker dan penyakit lainnya. Askep kanker merupakan pedoman penting untuk mewujudkan perawat yang profesional dan tanggap dalam menangani penyakit kanker.

Kunjungi juga halaman Sarang Semut Tumpas Kanker untuk mendapatkan  informasi seputar pengobatan kanker alami dengan herbal asli Papua yang saat ini sedang banyak dibicarakan.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}