Bagikan Artikel Ini:

Terakhir Diedit:

Aterosklerosis adalah gangguan kesehatan yang sangat umum dialami orang-orang. Di Indonesia saja diperkirakan ada lebih dari 2 juta kasus aterosklerosis setiap tahun. Bahkan anak-anak muda pun tidak luput dari ancaman gangguan kesehatan ini. Bila Anda terlanjur terkena, apa pilihan pengobatan aterosklerosis yang tersedia?

Di artikel ini Anda akan dibantu untuk mengerti apa saja cara mengobati aterosklerosis yang biasanya digunakan oleh para dokter. Di bagian akhir Anda juga akan mendapatkan informasi tentang obat aterosklerosis alami yang dapat diandalkan.

Pengobatan Aterosklerosis secara Medis

Pengobatan aterosklerosis yang sekarang tersedia dapat memperlambat atau menghentikan perkembangan dari gangguan kesehatan ini. Tujuan dari pengobatan umumnya adalah untuk mencegah arteri menjadi terlalu sempit agar gejala-gejalanya tidak parah dan organ-organ vital tidak terpengaruh.

Demi mendukung tujuan tersebut, dokter biasanya juga akan menganjurkan pasiennya untuk mengupayakan gaya hidup sehat. Berikut adalah beberapa metode yang digunakan oleh dokter untuk mengobati aterosklerosis.

Konsumsi Obat

Kadang, dokter memutuskan bahwa pasiennya perlu mengonsumsi obat agar tekanan darah atau kadar kolesterolnya bisa terkontrol. Contohnya, Anda mungkin diresepkan obat statin untuk mengendalikan atau menurunkan kolesterol Anda. Dengan begitu, aterosklerosis dicegah supaya tidak mengarah ke serangan jantung atau stroke. Dokter biasanya meresepkan statin untuk orang yang punya:

  • Penyakit jantung koroner, penyakit arteri perifer, atau pernah stroke
  • Diabetes
  • Kadar tinggi kolesterol ‘jahat’ LDL

Dokter mungkin akan menyarankan pasien yang punya risiko lebih besar untuk menderita penyakit jantung atau stroke untuk mulai mengonsumsi statin. Selain itu, dokter juga mungkin meresepkan jenis obat lain untuk:

  • Menurunkan tekanan darah
  • Menurunkan kadar gula darah
  • Mencegah penggumpalan darah, yang bisa mengarah ke serangan jantung atau stroke
  • Mencegah peradangan

Minumlah semua obat yang diresepkan secara teratur, sesuai petunjuk dokter. Jangan sembarangan ubah dosis atau melewatkan jadwal minum obat, kecuali atas saran dokter. Anda juga harus mengupayakan gaya hidup sehat meskipun sudah minum obat.

Prosedur Medis atau Operasi

Kalau aterosklerosis yang dialami cukup parah, dokter mungkin akan menganjurkan Anda untuk menjalani suatu jenis prosedur atau operasi. Berdasarkan informasi dari NIH, berikut adalah beberapa metode prosedur atau operasi yang digunakan para dokter untuk mengobati aterosklerosis:

Baca juga  Gejala Aterosklerosis

Percutaneous Coronary Intervention (PCI):

Juga disebut coronary angioplasty, adalah suatu prosedur yang digunakan untuk membuka arteri koroner (jantung) yang telah tersumbat atau menyempit. PCI bisa melancarkan kembali aliran darah ke jantung dan meringankan gejala nyeri dada (angina). Setelah prosedur dijalankan, sebuah ring yang disebut stent mungkin ditempatkan dalam arteri untuk menjaganya tetap terbuka.

Coronary Artery Bypass Grafting (CABG):

Adalah suatu metode operasi. Pada CABG, pembuluh arteri atau vena dari bagian tubuh lain dipakai untuk bypass (dicangkokkan mengelilingi) arteri yang telah menyempit. CABG bisa melancarkan kembali aliran darah ke jantung, meringankan nyeri dada (angina), dan membantu mencegah serangan jantung.

Cangkok bypass juga dapat digunakan untuk mengobati aterosklerosis di arteri kaki. Untuk melakukannya, sebuah pembuluh darah yang sehat digunakan untuk bypass sebuah arteri di salah satu kaki yang telah menyempit atau tersumbat. Pembuluh darah sehat itu mengarahkan aliran darah mengelilingi arteri yang tersumbat, sehingga melancarkan kembali aliran darah ke kaki.

Carotid Endarterectomy:

Adalah metode operasi untuk menghilangkan endapan plak dari arteri karotid di leher. Prosedur operasi ini melancarkan kembali aliran darah ke otak, sehingga dapat membantu mencegah stroke.

Pengobatan Aterosklerosis secara Herbal

Di samping pengobatan medis, tak sedikit orang yang mulai mengandalkan pengobatan herbal. Apabila Anda ingin memanfaatkan herbal untuk mengobati aterosklerosis, dianjurkan untuk memilih yang punya dua efek ini: menurunkan kolesterol tinggi dan menurunkan darah tinggi. Sebab dua faktor itulah yang dianggap sebagai pemicu utama pengendapan plak di arteri.

Salah satu herbal yang memiliki dua efek tersebut dan layak disebut obat aterosklerosis alami adalah Noni juice. Berikut akan dijelaskan mengapa Noni juice dapat berkhasiat untuk menurunkan kolesterol tinggi sekaligus menurunkan darah tinggi.

Noni Juice untuk Kolesterol Tinggi

Dalam sebuah uji coba yang dilakukan oleh Mian-Ying Wang M.D, M.S., diperlihatkan bagaimana Noni juice bermanfaat menurunkan kolesterol.

Uji coba itu mengikutsertakan 106 orang perokok yang menderita kolesterol tinggi. Sepanjang 1 bulan penuh mereka diminta meminum herbal Noni juice yang dicampur sari blueberry dan anggur setiap hari. Tadinya mereka memiliki rata-rata total kolesterol 235,2 mg/dL dan rata-rata trigliserida 242,5 mg/dL. Setelah 1 bulan itu, rata-rata total kolesterol turun menjadi 190,2 mg/dL dan rata-rata trigliserida menjadi 193,5 mg/dL.

Baca juga  Penyebab Aterosklerosis

Dari sini terlihat bahwa Noni juice bermanfaat untuk menurunkan kolesterol tinggi. Sebenarnya, apabila herbal yang dipakai dalam uji coba itu adalah Noni juice murni tanpa campuran sari buah lain, bukan tidak mungkin hasilnya lebih bagus lagi.

Sebab di dalam buah Noni terdapat khasiat antioksidan aktif bernama xeronine yang mampu memecahkan kolesterol. Noni juga mengandung sejumlah besar vitamin C yang sangat baik untuk membantu menetralkan kelebihan kolesterol dalam darah.

Noni Juice untuk Darah Tinggi

Dr. Neil Solomon M.D, PhD. mengungkapkan bahwa buah Noni (bahan utama Noni juice) mengandung fitonutrien bernama scopoletin. Scopoletin punya manfaat untuk melebarkan serta meluweskan pembuluh darah yang telah menyempit atau tersumbat, juga mampu membersihkan endapan plak yang jadi penyebabnya.

Manfaat tersebut juga bisa terjadi pada pembuluh arteri. Jika arteri sudah menjadi lentur dan bersih, jantung tidak perlu lagi bekerja keras untuk memompa darah melalui arteri-arteri yang tersendat. Dengan demikian, tekanan darah Anda akan kembali normal.

Ilustrasi Cara Kerja Noni Juice

Penyumbatan pada pembuluh arteri bisa disamakan dengan saluran pipa yang tersumbat endapan kotoran. Agar saluran itu lancar kembali, digunakanlah bahan kimia yang dapat menghancurkan endapan itu. Noni juice bertindak seperti bahan penghancur endapan itu, karena sanggup membersihkan endapan plak yang jadi penyebab penyumbatan arteri.

Tetapi kemampuan Noni juice lebih dari sekadar pembersih ‘saluran’ arteri—herbal ini mampu memperlebar dan melenturkan ateri sehingga darah mengalir lebih lancar.

Kesimpulan

Metode pengobatan aterosklerosis kini semakin membaik. Hasilnya, angka kematian yang diakibatkan oleh penyakit-penyakit fatal yang dipicu aterosklerosis telah menurun. Pengobatan-pengobatan medis di atas juga telah memulihkan kualitas hidup dari orang-orang yang punya gangguan kesehatan ini.

Tapi meskipun pengobatannya berhasil, pasien tetap saja harus terus mengupayakan gaya hidup sehat. Yang harus Anda upayakan yaitu: olahraga teratur, pola makan sehat, dan tidak merokok. Jika itu dilakukan, hasil positif pengobatan aterosklerosis pastinya akan lebih kuat lagi pada diri Anda.

Demikianlah artikel ini yang mengulas tentang pengobatan aterosklerosis. Kunjungi artikel-artikel penting yang terkait, yaitu tentang: penyebab aterosklerosis, gejala aterosklerosis, dan pencegahan aterosklerosis. Nantikan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar informasi kesehatan, tips kesehatan, serta pengobatan alami hanya di Deherba.com.

Cindy Wijaya

Cindy sudah menulis beragam artikel kesehatan sejak tahun 2014. Senang meriset serta berbagi tentang berbagai topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Saat ini bekerja sebagai penulis dan editor untuk Deherba.com. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.