Pencegahan Alzheimer Yang Dapat Dilakukan

418
Pencegahan Alzheimer
Pencegahan Alzheimer

Diedit:

Alzheimer – Pada kesempatan sebelumnya kami sudah membahas mengenai bagaimana cara pencegahan Alzheimer dengan beberapa cara mudah dan efektif yang sudah banyak distandarkan secara medis. Namun rupanya selain 7 cara tersebut, beberapa riset juga menemukan adanya beberapa cara unik yang juga tak kalah efektif sebagai cara pencegahan Alzheimer.

Dalam artikel ini, Anda akan melihat beberapa informasi seputar pencegahan alzheimer yang unik. Tindakan berikut akan membantu Anda mengurangi kemungkinan timbulnya gejala Alzheimer. Mari kita simak ulasan menurut huffington berikut ini.

Pencegahan Alzheimer

Meski beberapa cara tersebut dianggap tidak biasa bahkan kadang bisa membahayakan kesehatan bila dijalankan dengan berlebihan. Namun dalam porsi yang wajar, 6 cara berikut ini terbukti mampu menjadi cara terbaik pencegahan Alzheimer.

Meminum Kopi

Dalam beberapa riset ditemukan adanya fakta bahwa 1 -2 cangkir kopi sangat baik untuk membantu melancarkan aliran darah termasuk melancarkan aliran darah menuju otak . Kopi juga terbukti dapat membantu memperbaiki masalah pada impuls syaraf otak, bahkan mengaktifkannya kembali. Jadi, ada baiknya mencoba rutin mengkonsumsi kopi dalam porsi wajar. Tentu saja hindari mengkonsumsi kopi berlebihan, karena ketika Anda berlebihan dengan kopi beberapa ancaman kesehatan di hadapan Anda.

Mengonsumsi Permen Karet

Mengunyah permen karet terbukti melancarkan aliran darah menuju area kepala termasuk menuju dalam otak. Mereka yang gemar mengunyah permen karet tidak mudah lelah, tidak mudah mengantuk dan cenderung kreatif karena sinyal-sinyal dalam sistem impuls syaraf otak mereka diaktifkan acapkali kunyahan terjadi. Permen karet rupanya tak hanya membuat Anda terkesan jadi lebih gaul saja.

Makan Makanan Pedas

Efek makanan pedas dan panas bisa cukup efektif membantu melancarkan aliran darah yang juga berarti melancarkan aliran darah menuju otak. Bahkan sempat sebuah riset dikembangkan untuk memahami rendahnya kasus Alzheimer pada masyarakat yang gemar mengkonsumsi makanan pedas. Jadi jangan ragu mengkonsumsi sambal hingga wedang jahe. Tentu saja makanan pedas dan panas ini juga bisa menjadi berbahaya untuk pencernaan bila Anda konsumsi berlebihan.

Baca juga:  Alzheimer: Info Seputar Gangguan Neurologi

Tidak Mengenal Masa Pensiun

Di Indonesia usia pensiun berada pada kisaran usia 65 tahun. Anggapan bahwa pada usia ini kondisi stabilitas kesehatan dan daya tahan tubuh sudah menurun menyebabkan muncul anggapan bahwa memperkerjakan tenaga di usia ini tak lagi efektif. Padahal, sebenarnya menghentikan sama sekali kegiatan aktif di usia ini malah bisa menyebabkan masalah yang lebih berat, termasuk Alzheimer. Jadi coba cari pekerjaan khusus usia pensiun untuk membantu pencegahan Alzheimer. Jangan biarkan Anda menjadi pasif di usia tua Anda untuk mencegahan Alzheimer. Tentu saja hindari pekerjaan yang terlalu melelahkan mengingat keterbatasan kondisi tubuh Anda.

Mendengarkan Musik

Terbukti musik membantu mengaktifkan otak dan juga membantu menyegaran kondisi otak. Beberapa jenis musik bisa pula bekerja sebagai terapi untuk membantu proses regenerasi sel otak dan sistem impuls syaraf otak. Beberapa psikolog juga meyakini mendengaran musik instrumental bisa membantu meningkatkan kualitas otak dan kemampuan kerja. Menghafalkan lirik juga membantu mengaktifkan otak, bahkan mendengarkan lagu yang sarat memori di masa muda juga membantu mengoptimalisasi fungsi emosi dalam otak. Bermain musik malah bisa meningkatkan efek ini beberapa kali lebih baik dari sekedar mendengar musik.

Menjalankan Ibadah

Mereka yang menjalankan aktivitas peribadatan dengan baik dan memiliki keyakinan terhadap Tuhan dengan mendalam biasanya cenderung tenang dan tidak mudah stress. Sementara stress bisa membantu memicu kerusakan otak termasuk mendorong Alzheimer. Sementara itu, kegiatan peribadatan terbukti membantu mendorong optimalisasi fungsi otak.

Sebagaimana sudah disampaikan pada ulasan sebelumnya, menjalani kehidupan yang aktif dan tetap mengoptimalkan fungsi kerja otak terbukti sangat efektif sebagai pencegahan Alzheimer. Dan tentu saja termasuk 6 cara unik di atas. Demikianlah informasi unik seputar pencegahan Alzheimer, nantikan informasi kesehatan serta informasi herbal lainnya – hanya di deherba.

Advertisement
Alinesia