Blog Herbal No. 1 Indonesia

Obat Gatal Kulit Kepala di Apotik Berdasarkan 5 Penyebabnya


By Cindy Wijaya

Merasa kesal dan malu karena terus-terusan ingin menggaruk kepala yang gatal? Bisa jadi Anda terpikir untuk segera menghilangkannya dengan obat gatal kulit kepala di apotik. Tetapi sebaiknya cari tahu dulu apa penyebab gatal kulit kepala itu supaya perawatannya tepat sasaran dan tidak sia-sia.

Ada beragam jenis masalah yang dapat menimbulkan gejala kulit kepala gatal, antara lain ketombe, psoriasis, kutu rambut, dermatitis seboroik, hingga biduran. Dalam artikel ini akan dikupas pengobatan yang dapat diupayakan untuk lima masalah tersebut.

Obat Gatal Kulit Kepala di Apotik Karena Ketombe

Jika kulit kepala Anda kering, gatal, dan terdapat serpihan-serpihan kulit kepala di rambut atau pakaian Anda, mungkin itu karena ketombe. Gatal kulit kepala yang disebabkan oleh masalah ketombe dapat diatasi menggunakan sampo anti-ketombe yang mengandung zinc pyrithione.

Beberapa contoh produk sampo anti-ketombe dengan kandungan zat aktif zinc pyrithione (disingkat ZPTO) antara lain TRESemmé Scalp Care, Dove Dandruff Care, dan L’Oreal Serie Expert Zinc Pyrithione Instant Clear.

Obat Gatal Kulit Kepala di Apotik Karena Psoriasis

Sekitar 50% penderita psoriasis plak mengalami gejala di kulit kepala mereka. Psoriasis di kulit kepala mungkin menimbulkan bercak kemerahan, pengelupasan seperti ketombe, sisik putih keperakan, dan kulit kepala kering. Psoriasis kulit kepala juga sering terasa gatal, yang bisa gatal ringan hingga sangat gatal.

Anda bisa membantu mengendalikan gejala-gejala psoriasis kulit kepala yang masih ringan dengan produk sampo, salep, atau gel yang mengandung asam salisilat atau tar batu bara. Asam salisilat berfungsi melembutkan plak dan sisik serta menghilangkannya dari kulit. Sedangkan tar berfungsi untuk memperlambat pertumbuhan sel kulit serta mengurangi peradangan, gatal, dan sisik.

Obat Gatal Kulit Kepala di Apotik Karena Kutu Rambut

Gatal kulit kepala adalah gejala paling umum dari kehadiran kutu rambut. Jika Anda menduga bahwa kutu rambut lah yang membuat kepala gatal, mintalah seseorang untuk memeriksa kulit kepala dan rambut Anda dengan cermat untuk mencari tanda-tanda kehadiran kutu kecil ini.

Untuk mengatasi gatal karena kutu rambut, Anda harus menyingkirkan kutu tersebut. Pada umumnya terdapat dua zat atau kandungan yang efektif dan aman untuk membasmi kutu rambut, yaitu pyrethrin (dikombinasikan dengan piperonyl butoxide) dan losion 1% permetrhin.

Pyrethrin dikombinasikan dengan piperonyl butoxide. Pyrethrin adalah ekstrak piretroid alami dari bunga krisantemum. Pyrethrin aman dan efektif bila digunakan sesuai petunjuk. Pyrethrin hanya dapat membunuh kutu hidup, bukan telur yang belum menetas. Dapat digunakan untuk anak berusia 2 tahun ke atas hingga orang dewasa.

Losion dengan 1% permetrhin. Permethrin adalah piretroid sintetis yang mirip dengan pyrethrin alami. Losion dengan 1% permethrin aman dan efektif bila digunakan sesuai petunjuk. Permethrin membunuh kutu hidup tetapi tidak membunuh telur yang belum menetas. Dapat digunakan untuk anak berusia 2 bulan ke atas.

Ilustrasi Obat Gatal Kulit Kepala di Apotik
Credit Photo: Yuko Sach – Shutterstock

Obat Gatal Kulit Kepala di Apotik Karena Dermatitis Seboroik

Dermatitis seboroik bisa mirip dengan ketombe biasa, namun disertai dengan gejala lain. Misalnya bercak kulit yang bersisik, berminyak, kemerahan, dan terjadi pembengkakan. Bahkan bisa saja ketombe dermatitis seboroik muncul juga di alis, kumis, dan jenggot.

Anda bisa mengendalikan gejala-gejala dermatitis seboroik dengan sampo anti-ketombe yang mengandung zat aktif zinc pyrithione (ZPTO), seperti TRESemmé Scalp Care, Dove Dandruff Care, dan L’Oreal Serie Expert Zinc Pyrithione Instant Clear.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan sampo yang mengandung ketoconazole. Ketoconazole memiliki efek anti-jamur yang kuat, yang terutama membantu meredakan gatal kulit kepala akibat dermatitis seboroik. Beberapa contoh sampo yang mengandung ketoconazole misalnya Erhair Erazol dan Nizoral A-D.

Obat Gatal Kulit Kepala di Apotik Karena Biduran

Biduran adalah benjolan merah dan sangat gatal yang dapat terbentuk dimana saja di kulit, termasuk kulit kepala. Biduran cenderung muncul dan hilang dalam beberapa jam. Kadang gatal-gatalnya hilang dan kambuh lagi. Jika gatal-gatal kambuh-kambuhan selama lebih dari 6 minggu, itu disebut biduran kronis.

Anda bisa menggunakan obat antihistamin untuk meringankan gatal dan ketidaknyamanan lain, seperti loratadine (Claritin), cetirizine (Zyrtec), atau diphenhydramine (Benadryl). Selain itu juga bisa menggunakan losion yang mengandung calamine untuk menenangkan kulit, contohnya losion Calamed dan Caladine.

Alternatif untuk Obat Gatal Kulit Kepala di Apotik

Ada banyak obat rumahan dan tips gaya hidup yang dapat membantu meredakan gatal kulit kepala. Misalnya jika penyebab gatal kulit kepala adalah masalah kebersihan, maka upayakanlah untuk membersihkan atau mencuci rambut secara teratur, dan pastikan membilas sampo atau produk pembersih rambutnya sampai bersih.

Bila rambut Anda keriting atau bertekstur rapat, mencuci rambut seminggu sekali mungkin sudah cukup. Tetapi bagi pemilik rambut lurus, karena minyak berlebih bisa menumpuk lebih mudah, maka mungkin harus mencuci rambut setiap dua hari sekali.

 Jika kulit kepala Anda kering sehingga terasa gatal, Anda mungkin perlu melembapkannya. Ini bisa dilakukan menggunakan beberapa jenis minyak pelembap, seperti minyak kelapa, peppermint, atau tea tree. Khususnya minyak tea tree memiliki kegunaan lain, termasuk untuk menyingkirkan kutut rambut yang juga bisa menyebabkan kepala gatal.

Apabila penyebab gatal adalah dermatitis kontak, yaitu ruam kulit yang disebabkan oleh kontak dengan zat tertentu, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menghindari produk penyebabnya, seperti sabun, sampo, atau deterjen yang baru dicoba.

Kapan Sebaiknya ke Dokter?


Jika Anda mengalami gatal kulit kepala yang berlangsung lebih dari beberapa hari dan disertai dengan ruam, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Meskipun kulit kepala gatal jarang menunjukkan kondisi kesehatan yang serius, namun gejala gatal bisa sangat mengganggu. Mendapatkan perawatan yang tepat bisa mengurangi iritasi dengan cepat dan efektif.

Kesimpulan tentang Obat Gatal Kulit Kepala di Apotik

Perawatan atau obat terbaik untuk mengatasi gatal kulit kepala harus disesuaikan dengan penyebabnya. Contohnya jika penyebabnya adalah psoriasis, maka mungkin dapat diatasi dengan menggunakan sampo yang mengandung asam salisilat. Sedangkan jika penyebabnya hanyalah ketombe, maka bisa diatasi menggunakan sampo anti-ketombe.

Selain itu Anda juga sebaiknya lebih memperhatikan kebersihan kulit kepala Anda. Cucilah rambut secara teratur dengan sampo, dan pastikan untuk membilas semua sisa sampo sampai bersih. Juga gunakan air hangat saja, bukan air panas, untuk mencuci rambut agar tidak membuat kulit kepala kering (yang justru memperparah gatal).

Jika kondisi kulit kepala kering sehingga terasa gatal, Anda bisa melembapkannya dengan minyak esensial seperti minyak kelapa, peppermint, atau minyak tea tree.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang obat gatal kulit kepala di apotik. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda. Temukan juga artikel-artikel lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Verywell Health. How an Itchy Scalp Is Treated. https://www.verywellhealth.com/how-itchy-scalp-is-treated-5191467

American Academy of Dermatology Association. 10 reasons your scalp itches and how to get relief. https://www.aad.org/public/everyday-care/itchy-skin/itch-relief/relieve-scalp-itch

National Psoriasis Foundation. Scalp Psoriasis. https://www.psoriasis.org/scalp/

American Academy of Dermatology Association. 10 reasons your scalp itches and how to get relief. https://www.aad.org/public/everyday-care/itchy-skin/itch-relief/relieve-scalp-itch

CDC. Head Lice – Treatment. https://www.cdc.gov/parasites/lice/head/treatment.html

Everyday Health. Everything You Need to Know About Treating and Managing Hives. https://www.everydayhealth.com/hives/treatment/

Mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review ★★★★★

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}