5 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya Sampai Tuntas

646
consumerreports.org

Diedit:

Kutu rambut adalah serangga parasit kecil yang menyebar melalui kontak langsung, juga bisa melalui barang-barang pribadi yang dipakai bersama. Khususnya masalah ini dialami oleh anak-anak, tapi tak menutup kemungkinan juga dialami Anda orang dewasa. Jadi pelajarilah cara menghilangkan kutu rambut untuk antisipasi sewaktu-waktu masalah ini muncul.

Masalah kutu rambut sering dialami orang-orang dan bukan tanda bahwa seseorang kurang menjaga kebersihan. Kutu rambut tidak memiliki sayap, panjang tubuhnya hanya 1.6 milimeter, dan tinggal dekat dengan kulit kepala sambil bertelur. Mereka membutuhkan darah dari kulit kepala manusia untuk bertahan hidup, jadi mereka tidak akan bertahan lama jika terlepas dari kepala.

Bagaimana Kutu Rambut Menular?

Karena tidak punya sayap, kutu rambut hanya bisa merangkak, tapi mereka bisa bergerak dengan sangat cepat. Seperti sudah disebutkan, kutu rambut menular atau menyebar melalui kontak langsung dengan rambut seseorang yang sudah terkena kutu rambut.

Biasanya anak-anak, kadang orang dewasa juga, senang berpelukan dan menempelkan kepala mereka. Di saat itulah kutu rambut dari satu kepala bisa bergerak cepat ke kepala lain. Sering kali kepala yang sudah ditinggali kutu rambut akan terus terasa gatal.

Selain itu, kutu rambut juga bisa menyebar dengan kontak tidak langsung melalui barang-barang pribadi, misalnya topi, helm, syal, sisir, jepit rambut, ikat rambut, bando, handuk, selimut atau bantal.

Bagaimana Gejala Rambut yang Sudah Berkutu?

Jika sudah tertular, kemungkinan ada beberapa tanda kehadiran kutu rambut yang akan segera muncul, antara lain:

  • Rasa gatal yang tidak biasa atau berlebihan di kepala
  • Terus-terusan menggaruk kepala
  • Terasa seperti ada yang menggelitik di kulit kepala
  • Benjolan atau iritasi di kulit kepala karena menggaruk
  • Susah tidur malam, karena kutu rambut makhluk nokturnal yang aktif di malam hari
  • Bintik-bintik kecil kuning atau cokelat di helai rambut, kemungkinan itu adalah telur kutu

Anda mungkin tidak akan langsung menyadari tanda-tanda kutu rambut. Bagi anak-anak mungkin menggaruk kepala itu sudah biasa, meski mereka tidak merasa gatal. Selain itu adakalanya sejumlah gejala baru muncul setelah beberapa minggu.

Gatal di kulit kepala dan bintik putih kecil di helaian rambut juga bisa jadi gejala dari ketombe—kondisi dimana sel-sel kulit mati mengelupas dari kulit kepala. Tapi kalau Anda atau anak Anda menggosok rambut tapi bintik-bintiknya tidak jatuh, itu kemungkinan adalah telur dari kutu rambut.

Segera setelah menyadari tanda-tanda keberadaan kutu rambut, coba sisir rambut, gunakan kaca pembesar, dan senter untuk melihat apakah ada telur atau kutu di helaian rambut. Telur akan terlihat seperti titik-titik kecil, sedangkan kutu dewasa bentuknya seukuran biji kecil dan biasanya berwarna cokelat atau abu-abu.

Baca juga:  Cara Mencegah Penyebaran Kutu Rambut

Bahan-Bahan Alami Penghilang Kutu Rambut

Jika benar rambut Anda atau anak sudah ditinggali oleh kutu, segera lakukan cara menghilangkan kutu rambut dengan bahan-bahan alami seperti berikut ini.

1. Mayones

Tahukah Anda bahwa mayones cukup populer digunakan sebagai obat kutu rambut? Ya, mayones bisa membuat kutu rambut kehabisan napas dan akhirnya mati. Departemen Kesehatan di Minnesota, Amerika Serikat, bahkan sudah mencatat mayones sebagai metode rumahan yang berterima untuk menghilangkan kutu rambut.

  • Lumuri seluruh bagian rambut dengan mayones.
  • Bungkus kepala dengan plastik atau shower cap dengan ketat. Boleh juga bungkus lagi dengan handuk di atas plastik.
  • Diamkan setidaknya selama 5 – 6 jam.
  • Setelahnya cuci rambut sampai bersih dengan sampo biasa.
  • Keringkan rambut dengan hair dryer, karena suhu panas darinya bisa membunuh sisa-sisa kutu rambut.
  • Gunakan sisir khusus kutu rambut sebagai cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya.
  • Ulangi lakukan ini sekali seminggu selama sekitar 2 bulan.

2. Bawang

Bawang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan kutu rambut secara alami. Bawang mengandung banyak sulfur yang bisa membunuh kutu rambut.

  • Giling 4 – 5 bawang dengan blender atau alat lain sampai benar-benar lumat.
  • Taruh gilingan bawang ke saringan lalu tekan-tekan dengan sendok agar sari bawang jatuh ke bawah. Sediakan mangkuk atau wadah lain di bawah saringan.
  • Pijat-pijat kulit kepala dengan sari bawang, lalu tutupi kepala dengan plastik atau shower cap.
  • Diamkan selama setidaknya 2 jam.
  • Kemudian keramas seperti biasa sampai bersih dengan air hangat.
  • Keringkan rambut dengan hair dryer, dan gunakan sisir khusus kutu rambut untuk menyingkirkan semua kutu di kepala.
  • Ulangi perawatan ini setiap hari selama 3 hari berturut-turut, kemudian setelahnya ulangi sekali seminggu selama 2 bulan.

3. Air Perasan Lemon

Air perasan lemon juga mampu menghilangkan kutu rambut dan telurnya dari kulit kepala berkat kandungan asam alami di dalamnya. Bahan alami ini juga sangat efektif untuk mencegah penularan kutu rambut dari orang lain.

  • Oleskan sejumlah air perasan lemon ke kulit kepala. Diamkan sampai 30 menit, lalu bilas dengan cuka kemudian dengan air hangat. Lakukan perawatan ini sekali seminggu untuk mencegah kutu rambut.
  • Untuk cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya, campurkan 1 sendok makan air perasan lemon segar dan 4 siung bawang putih besar yang sudah dilumatkan. Oleskan campuran ini ke kepala dan pijatkan secara menyeluruh ke semua kulit kepala. Bungkus rambut dengan handuk tebal dan biarkan sampai 30 menit. Lalu bilas dengan air dan keramas seperti biasa. Ulangi lakukan ini 5 hari berturut-turut.
Baca juga:  Cara Menghilangkan Kutu Rambut Sampai Tuntas!

4. Daun Mimba

Daun mimba adalah insektisida (pembunuh serangga) alami yang bisa sangat efektif untuk mengobati kutu rambut. Daun ini juga dapat menyembuhkan iritasi kulit kepala akibat garukan yang terus-menerus. Selain itu, daun mimba bersifat melembapkan sehingga tidak membuat kulit kepala jadi kering.

  • Oleskan sejumlah daun mimba yang sudah digerus halus ke rambut dan kulit kepala. Diamkan sampai mengering, lalu bilas rambut. Lakukan ini setidaknya 2 kali seminggu selama 2 bulan.
  • Alternatifnya, pijatkan minyak mimba murni ke kulit kepala dan rambut. Diamkan setidaknya 1 jam kemudian keramas. Setelah rambut kering, gunakan sisir khusus kutu rambut untuk menghilangkan kutu rambut dan telurnya. Lakukan ini 3 kali seminggu selama 1 – 3 bulan.
  • Bisa juga dengan menggiling biji mimba menjadi bubuk halus. Campurkan 1 sendok makan bubuk ini dengan minyak kacang tanah secukupnya hingga membentuk salep kental. Oleskan ke kulit kepala dan biarkan semalaman. Cuci rambut pagi harinya. Lakukan ini sekali seminggu selama 2 bulan.

5. Petroleum Jelly

Petroleum Jelly adalah produk olahan minyak bumi yang dijadikan bahan dasar pembuatan pelembap kosmetik. Selain berfungsi sebagai kosmetik, petroleum jelly juga bisa membuat kutu rambut tidak bisa bernapas, sehingga efektif untuk membunuh mereka. Berikut cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya menggunakan petroleum jelly.

  • Oleskan petroleum jelly tebal-tebal ke kulit kepala dan rambut.
  • Lalu bungkus kepala dengan shower cap atau plastik yang ketat.
  • Diamkan sepanjang malam.
  • Di pagi hari, gunakan baby oil untuk menghapus petroleum jelly.
  • Lalu cuci rambut sampai bersih dengan sampo biasa.
  • Setelah rambut kering, gunakan sisir khusus kutu rambut untuk menyingkirkan semua kutu dan telurnya.
  • Ulangi ini seminggu sekali selama 1 – 2 bulan.

Dengan kesabaran dan ketekunan, Anda pasti bisa menghilangkan kutu rambut sampai benar-benar tak bersisa. Pilihlah salah satu cara di atas yang paling cocok bagi Anda dan lakukan terus sampai masalah kutu rambut sudah selesai.

Jangan lupa setelah melakukan cara-cara di atas, selalu sisir rambut dengan sisir kutu ketika rambut sudah kering. Memang cukup repot untuk melakukan cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya, maka itu kita harus selalu mencegah penularannya dengan tidak berbagi barang pribadi dengan siapa pun.

Advertisement
Alinesia