Obat Koreng di Kepala Berdasarkan 7 Penyebab Umumnya


By Cindy Wijaya

Koreng di kulit kepala bisa terasa gatal dan kadang terasa sakit. Susah rasanya menahan godaan untuk menggaruk atau mengopek koreng di kulit kepala, tapi itu justru memperparah atau menyebabkan infeksi. Sering kali masalah ini bisa hilang sendiri. Tetapi kadang lama tidak hilang sehingga dibutuhkan obat koreng di kepala yang spesifik sesuai dengan penyebabnya.

Kadang-kadang koreng di kulit kepala juga bisa menjadi kondisi yang harus ditangani secara medis. Dalam artikel ini akan dikupas sejumlah obat koreng di kepala berdasakan masing-masing penyebabnya. Anda juga dapat menemukan resep herbal obat koreng di kepala dari tanaman di sekitar Anda.

Obat Koreng di Kepala Akibat Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak adalah gatal dan ruam merah yang disebabkan oleh kontak langsung dengan sesuatu yang menyebabkan iritasi atau alergi. Menggaruk ruam itu dapat menimbulkan luka terbuka dan koreng di kulit kepala.

Ada banyak produk, termasuk wewangian, sabun, sampo, kosmetik, dan tanaman, yang memiliki kandungan atau zat yang bisa menyebabkan dermatitis kontak.

Cara Mengobati Koreng di Kepala Akibat Dermatitis Kontak

Ada obat koreng di kepala alami untuk meredakan gatal yang menyiksa dari ruam akibat dermatitis kontak. Berikut beberapa yang bisa Anda coba:

  • Kompres dingin: Suhu dingin bisa menjadi solusi sementara dari gatal, perih, dan luka bakar yang disebabkan oleh ruam. Letakkan handuk yang sudah dibasahi air dingin dan diperas di atas ruam selama 10 – 15 menit, beberapa kali sehari.
  • Pelembap: Losion dan krim bisa berfungsi sebagai lapisan pelindung untuk kulit yang kering, pecah-pecah dan menenangkan ketidaknyamanan. Tapi pilih produk yang hypoallergenic (tidak menyebabkan alergi/iritasi) agar ruam tidak bertambah parah.
  • Mandi oatmeal: Mandi berendam dengan air hangat dicampur oatmeal bisa meredakan gatal dan ketidaknyamanan lain. Anda bisa menggunakan oatmeal koloid (colloidal oatmeal) untuk dicampurkan ke air mandi.

Jika pengobatan rumahan tidak cukup membantu, Anda bisa menemui dokter untuk memperoleh obat resep. Obat resep yang sering disarankan dokter untuk mengobati dermatitis kontak antara lain:

  • Antihistamin: Obat ini membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan yang disebabkan oleh ruam.
  • Antibiotik: Luka terbuka di kulit kepala akibat digaruk bisa menyebabkan infeksi bakteri, yang mungkin harus diobati dengan antibiotik.
  • Kortikosteroid: Obat ini bisa dioleskan ke kulit (topikal) untuk mengurangi gatal atau diminum (oral) untuk mengurangi peradangan.

Obat Koreng di Kepala Akibat Psoriasis

Psoriasis adalah masalah peradangan kulit yang kronis dan seringnya terjadi pada siku, lutut, badan, dan kulit kepala. Penyakit ini menyebabkan bercak tebal keropeng abu-abu atau perak pada kulit yang muncul meski tidak digaruk.

Psoriasis di kulit kepala mungkin kelihatan seperti serpihan ketombe, atau tampak sebagai plak tebal dan berkerak yang menutupi kulit kepala.

Cara Mengobati Koreng di Kepala Akibat Psoriasis

Obat koreng di kepala akibat psoriasis harus disesuaikan dengan seberapa parahnya kondisi ini. Psoriasis yang ringan bisa diatasi menggunakan sampo obat untuk meredakan gatal dan mengurangi pertumbuhan kulit.

Anda bisa membeli sampo obat yang mengandung asam salisilat (salicylic acid) untuk mengurangi kulit berlebih dan tar batu bara (coal tar) untuk mengurangi peradangan dan memperlambat pertumbuhan sel-sel kulit.

Jika Anda mengalami psoriasis yang lebih serius, atau jika sampo obat yang Anda beli sendiri tidak cukup membantu, maka ada baiknya menemui dokter. Dokter dapat meresepkan obat yang lebih cocok.

Selain itu, ada beberapa cara lain untuk mengobati koreng psoriasis di kulit kepala:

  • Terapi cahaya: Ini perawatan pertama untuk psoriasis kulit kepala tingkat sedang hingga parah, dilakukan dengan memaparkan kulit pada jumlah cahaya alami atau buatan yang terkontrol.
  • Obat oral atau injeksi: Kortikosteroid, metotreksat, dan biologik dapat membantu memperlambat pertumbuhan sel kulit, mengurangi peradangan, atau menekan sistem kekebalan yang terlalu aktif.
  • Perawatan topikal: Sampo obat, steroid topikal, dan tar memperlambat pertumbuhan kulit serta mengatasi peradangan dan pembengkakan di kulit kepala.

Obat Koreng di Kepala Akibat Kutu

Kutu kepala hidup di kulit kepala manusia dan memakan darah. Jika Anda punya kutu di kepala, Anda mungkin merasakan sesuatu bergerak di kulit kepala. Gigitan kutu itu dapat menyebabkan kulit kepala gatal.

Karena rasa gatal yang bisa tak tertahankan, Anda lalu menggaruknya sehingga menimbulkan luka dan koreng di kulit kepala. Kutu kepala tidak membawa bakteri penyebab penyakit, tetapi koreng di kulit kepala karena gatal dapat menyebabkan infeksi.

Cara Mengobati Koreng di Kepala Akibat Kutu

Kutu kepala sangat mudah menyebar dari orang ke orang. Kalau Anda punya kutu kepala, atau seseorang yang serumah memilikinya, maka sebaiknya segera atasi kondisi ini. Ada beberapa cara untuk menghilangkan kutu dari kepala, antara lain:

  • Sampo kutu kepala: Anda bisa memakai sampo untuk membasmi kutu kepala yang mengandung pyrethrin atau permethrin. Ikuti petunjuk pemakaian dengan teliti.
  • Obat oral resep dokter: Jika sampo kutu kepala yang Anda beli tidak mempan, Anda bisa menemui dokter. Dokter bisa meresepkan obat seperti ivermectin oral untuk mengatasi kutu kepala yang jumlahnya banyak.
  • Obat topikal resep dokter: Dokter juga dapat meresepkan obat topikal seperti malathion yang bisa dioleskan langsung ke rambut dan digosokkan ke kulit kepala.
Bila Anda punya kutu kepala, atau orang serumah Anda yang punya, penting juga untuk membersihkan semua seprai, pakaian, dan perabotan dengan air panas, lalu keringkan dengan suhu panas. Rendam semua sisir dalam air panas untuk membunuh kutu dan telurnya.

Obat Koreng di Kepala Akibat Dermatitis Herpetiformis

Dermatitis herpetiformis adalah kondisi kulit kronis yang terjadi pada orang dengan sensitivitas gluten atau penyakit celiac. Kondisi ini mengakibatkan lepuhan dan benjolan pada kulit dan di sepanjang garis rambut yang sangat gatal.

Banyak penderitanya merasakan sensasi terbakar sebelum benjolan muncul. Benjolan merah dan lecet membentuk keropeng dan cenderung sembuh dalam waktu 1 – 2 minggu. Menggaruh lepuhan dan benjolan juga bisa menyebabkan koreng di kulit kepala.

Cara Mengobati Koreng di Kepala Akibat Dermatitis Herpetiformis

Dermatitis herpetiformis perlu diobati dengan antibiotik resep yang disebut dapsone, yang bisa segera meredakan gejala-gejalanya. Namun obat tersebut tidak menyembuhkan kondisi ini, hanya untuk meredakan gejala.

Karena kondisi ini disebabkan oleh sensitivitas gluten, maka cara terbaik untuk mengobatinya ialah dengan mengikuti diet bebas gluten. Beberapa penderita dermatitis herpetiformis mungkin perlu melanjutkan pengobatan antibiotik saat menjalani diet bebas gluten sampai kulit benar-benar bersih.

Obat Koreng di Kepala Akibat Dermatitis Seboroik

Dermatitis seboroik adalah kondisi kulit yang umum terjadi di daerah sebaceous di kulit kepala. Ini menyebabkan bercak kulit berminyak yang ditutupi dengan serpihan putih atau kuning yang gatal, bersisik. Menggaruk bintik-bintik ini dapat mengakibatkan koreng di kulit kepala.

Sejumlah pakar meyakini bahwa kondisi ini mungkin disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari jamur dari genus Malassezia. Jenis jamur ini sering terdapat dalam jumlah tinggi pada kulit penderita dermatitis seboroik.

Dermatitis seboroik juga sering dianggap sebagai “ketombe”, meski sebenarnya berbeda dengan ketombe biasa. Tak seperti ketombe biasa, kondisi kulit ini membuat kulit kepala kemerahan dan gatal, berkerak dan bersisik.

Cara Mengobati Koreng di Kepala Akibat Dermatitis Seboroik

Pengobatan rumahan dapat membantu mengendalikan dan menghilangkan dermatitis seboroik, termasuk menggunakan sampo yang mengandung bahan-bahan untuk membantu mengobati kondisi tersebut.

Anda juga dapat mengoleskan minyak mineral atau minyak zaitun ke kulit kepala, diamkan 1 jam, lalu sisir rambut untuk mengurangi bercak kering dan berkerak.

Jika pengobatan rumahan tidak mempan, Anda bisa menemui dokter. Dokter dapat meresepkan sampo obat atau salep obat yang dioleskan langsung ke kulit kepala untuk mengurangi peradangan. Jika perawatan topikal itu tidak berhasil, dokter mungkin akan meresepkan obat anti-jamur untuk diminum (oral).

Obat Koreng di Kepala Akibat Eksem

Eksem biasanya muncul di area kulit yang terlihat, tapi bisa juga muncul di bagian tak terlihat, seperti di kulit kepala. Eksem kulit kepala membuat kulit gatal, kering, merah, dan meradang, serta dapat menyebabkan sensasi terbakar.

Meskipun eksem kulit kepala itu sendiri tidak menyebabkan terbentuknya koreng, namun menggaruk kulit kepala yang gatal dapat melukai kulit, yang akhirnya akan menimbulkan koreng di kulit kepala.

Cara Mengobati Koreng di Kepala Akibat Eksem

Anda bisa menggunakan sampo obat untuk mengurangi rasa gatal dan menghilangkan kulit bersisik yang menutupi kulit kepala.

Carilah sampo yang mengandung asam salisilat (salicylic acid), tar batubara (coal tar), atau zink untuk membantu mengatasi kondisi ini. Juga dapat mencoba salep, krim, atau obat semprot yang mengandung bahan-bahan tersebut. Oleskan ke bagian di kulit kepala yang sangat teriritasi dan gatal.

Jika Anda memiliki eksem kulit kepala yang parah dan pengobatan rumahan tidak berhasil, dokter dapat meresepkan produk dengan kandungan bahan yang lebih kuat. Dokter juga mungkin meresepkan obat-obatan seperti kortikosteroid, ciclopirox, sodium sulfacetamide, atau obat lain yang menekan sistem kekebalan tubuh.

Dokter juga dapat menyarankan terapi cahaya (fototerapi), yang dilakukan dengan memaparkan kulit kepala pada sinar UV secara terkontrol. Atau alternatifnya, Anda bisa berjemur di bawah sinar matahari untuk membantu mengurangi gejala-gejala eksem.

Obat Koreng di Kepala Akibat Cacar Api

Cacar api adalah ruam kulit menyakitkan yang disebabkan oleh virus herpes zoster. Virus ini menimbulkan ruam menyakitkan yang disertai lepuhan yang terbuka dan pada akhirnya membentuk koreng. Selain ruam, Anda juga mungkin mengalami sakit kepala, demam, menggigil, dan sakit perut.

Ruam akibat cacar api paling sering terdapat pada wajah dan badan, tetapi lepuhan juga bisa terbentuk di kulit kepala, yang terasa sakit saat menyisir rambut.

Cara Mengobati Koreng di Kepala Akibat Cacar Api

Terdapat obat-obatan untuk membantu mengurangi gejala dan mempercepat waktu pemulihan dari penyakit ini. Dokter biasanya akan mersepkan obat-obat berikut untuk mengobati herpes zoster:

  • Obat anti-virus
  • Obat pereda nyeri
  • Perawatan topikal

Resep Herbal untuk Obat Koreng di Kepala

Anda bisa memanfaatkan tanaman herbal untuk membantu mengobati koreng di kulit kepala. Tanaman ini adalah urang-aring. Urang-aring dapat membantu mempercepat penyembuhan luka di kulit. Koreng di kulit kepala muncul akibat luka yang tidak sembuh dengan benar.

Urang-Aring untuk Obat Koreng di Kepala
Credit photo: inf.news

Dalam artikel ilmiah berjudul “Wound Healing Activity of Ethanolic Extract of Leaves of Eclipta Alba” didapati bahwa urang-aring memang dapat mempercepat penyembuhan luka.

Kemungkinan ini disebabkan oleh aksi pembersihan radikal bebas dari urang-aring dan peningkatan level enzim antioksidan dalam jaringan granuloma. Kolagenasi yang lebih baik diduga disebabkan oleh peningkatan antioksidan. Kolagenasi adalah penggantian jaringan normal yang mengalami luka dengan jaringan ikat kolagen.

Untuk membuat obat koreng di kepala menggunakan tanaman urang-aring, Anda bisa ikut resep berikut ini.

  • Siapkan tanaman urang-aring yang masih segar (seluruh tanamannya termasuk akar), secukupnya.
  • Cuci sampai benar-benar bersih dari tanah dan kotoran lain.
  • Rebus urang-aring dalam panci berisi air secukupnya.
  • Angkat, dinginkan, dan saring airnya.
  • Gunakan air rebusan untuk membasahi kulit kepala
  • Ampas rebusan urang-aring bisa digosokkan pada koreng di kulit kepala.

Sebagai tips terakhir, saat Anda menggunakan perawatan rambut dan kepala, hindarilah menggunakan produk rambut yang dapat mengiritasi kulit kepala. Dan sebisa mungkin tahan godaan untuk menggaruk kepala. Jika tidak kunjung sembuh sampai berminggu-minggu, sebaiknya Anda menemui dokter untuk mengatasi masalahnya.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang obat koreng di kepala. Semoga Anda mendapatkan manfaatnya dengan segera menerapkan informasi artikel ini. Temukan juga ulasan menarik lain seputar solusi kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Verywell Health. Causes of Scalp Scabs and How to Treat Them. URL: https://www.verywellhealth.com/scabs-on-scalp-causes-diagnosis-and-treatment-5185231

Sharma, Shalini & Sikawar, Mukesh. (2008). Wound Healing Activity of Ethanolic Extract of Leaves of Eclipta Alba. Pharmacognosy Magazine. 4(13): 108-111

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>