Obat Asam Folat: Manfaat, Dosis Aman dan Efek Sampingnya bagi Kesehatan

558

Diedit:

Sejak lama keberadaan asam folat sebagai salah satu nutrisi tubuh dianggap sangat penting oleh ahli medis. Asam folat dibutuhkan oleh semua orang pada semua usia mulai dari bayi dalam kandungan hingga orang dewasa. Itulah kenapa banyak ahli medis yang menyarankan para ibu hamil untuk mengonsumsi asam folat.

Asam folat merupakan bentuk lain dari vitamin B kompleks yang secara alami bisa ditemukan dalam makanan seperti kacang yang dikeringkan, kacang polong, lentil, jeruk, produk olahan gandum, hati, asparagus, bit, brokoli, kubis brussel, dan bayam

Sebagai nutrisi yang berperan penting dalam pembangunan tubuh, konsumsi asam folat sangat disarankan. Akan tetapi yang dibahas di artikel ini adalah obat tablet asam folat yang diresepkan untuk mengatasi kekurangan (defisiensi) asam folat serta beberapa jenis anemia yang disebabkan oleh kekurangan asam folat.

Obat asam folat kadang dikombinasikan dengan jenis obat lain untuk mengobati anemia pernisiosa. Akan tetapi obat ini tidak dapat digunakan untuk mengatasi defisiensi vitamin B12 dan tidak bisa mencegah terjadinya kerusakan pada sumsum tulang belakang.

Aturan Pakai Asam Folat

Sebelum mulai mengonsumsinya, ada sejumlah aturan pakai asam folat yang perlu diketahui. Anda sebaiknya tidak mengonsumsinya apabila pernah mengalami alergi terhadap asam folat.

Selain itu, beritahukan kepada dokter yang menangani apabila Anda mengidap penyakit ginjal (atau sedang menjalani cuci darah), infeksi, seorang alkoholik, atau mengidap jenis anemia yang belum diperiksa oleh dokter dan dikonfirmasi dengan tes laboratorium. Bicarakan juga dengan dokter apabila Anda sedang hamil atau sedang menyusui.

Obat ini harus digunakan sesuai petunjuk dosis aman asam folat dari dokter. Jangan melebihi atau mengurangi dosis atau menggunakannya lebih lama dari jangka waktu yang ditetapkan.

Dosis aman asam folat bergantung pada kondisi tubuh Anda, namun biasanya dokter akan meresepkan 400 sampai 800 mikrogram dalam sehari. Dokter kemungkinan akan mengubah dosis sesuai kebutuhan Anda, karena itu Anda mungkin perlu secara rutin memeriksakan diri ke dokter.

Minumlah obat asam folat dengan segelas air penuh dan simpanlah di ruangan yang bertemperatur sedang dan jauh dari kelembapan serta panas.

Baca juga:  Mengenal Lebih Baik Manfaat Vitamin B untuk Kesehatan Tubuh Anda

Efek Samping Asam Folat

Cari pertolongan medis apabila Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi terhadap asam folat: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Sedangkan mengenai efek samping asam folat itu sendiri, berikut ini adalah yang mungkin akan dirasakan jika konsumsi asam folat terus-menerus dan berlebihan:

  • Defisiensi vitamin B12

    Saat tubuh telah kelebihan asam folat, jika konsumsi dilanjutkan maka akan berpengaruh pada defisiensi B12 atau kekurangan vitamin B12. Vitamin B9 yang terlalu banyak akan berinteraksi dengan B12 yang pada akhirnya akan menyebabkan dominansi vitamin B9 dan kurangnya kuantitas B12 dalam tubuh. Dampak kekurangan vitamin B12 pada kesehatan tubuh cukup banyak.

  • Insomnia (susah tidur)

    Insomnia bisa saja terjadi karena beberapa faktor lain seperti biasa tidur larut malam atau konsumsi obat tidur dan juga obat pelangsing yang memiliki efek samping. Penelitian membuktikan bahwa insomnia juga disebabkan oleh banyaknya asam folat yang telah dikonsumsi.

  • Muncul ruam-ruam di kulit

    Salah satu indikasi primer dari kelebihan asam folat dalam tubuh adalah munculnya ruam-ruam kemerahan pada kulit. Meksi hal ini tidak serta-merta hanya disebabkan oleh konsumsi asam folat berlebih, tetapi ruam pada kulit umumnya adalah gejala utama akibat kelebihan asam folat.

  • Kejang

    Kelebihan asam folat berisiko menyebabkan penyakit kejang. Ini terjadi karena dosis asam folat yang tinggi menggangu sistem kekebalan tubuh.

  • Muncul rasa kesemutan

    Rasa kesemutan adalah indikasi kurangnya vitamin B12 dalam tubuh. Bisa jadi kurangnya kuantitas vitamin B12 adalah karena banyaknya asam folat yang masuk ke dalam tubuh sehigga menghalangi masuknya vitamin B12.

  • Efek jangka panjang adalah mati rasa

    Dalam jangka waktu yang lebih lama, akibat fatal yang akan dirasakan dari kelebihan asam folat adalah mati rasa. Hal ini bisa terjadi karena sistem tubuh yang lama kelamaan akan rusak karena banyaknya konsumsi asam folat.

  • Terasa mual

    Asam folat yang kaya akan vitamin B9 akan meningkatkan kadar keasamaan lambung yang pada akhirnya akan menyebabkan rasa mual.

  • Kelelahan

    Indikasi lain yang disebabkan oleh kelebihan asam folat adalah tubuh merasa lelah namun saat berbaring mata sulit terpejam.

  • Hipertensi

    Tekanan darah yang relatif tinggi juga disebabkan oleh banyaknya konsumsi asam folat dalam tubuh. Jika dibiarkan terus menerus hal ini akan menyebabkan hipertensi yang merupakan pemicu dari berbagai macam penyakit kronis

Baca juga:  Vitamin B17 sebagai Terapi Anti-Kanker Masa Kini

Selain dari efek samping asam folat seperti diatas, ada hal lain yang perlu diperhatikan: Meskipun obat ini tergolong aman bagi janin, Anda tetap perlu memberitahu dokter jika sedang hamil. Dosis Anda mungkin akan disesuaikan, bahkan mungkin ditambahkan, dengan kebutuhan Anda. Beritahu juga jika Anda sedang menyusui bayi.

Alternatif Herbal Asam Folat

Setelah mengetahui efek samping asam folat seperti disebutkan diatas, bisa jadi Anda berpikir untuk mencari alternatif obat asam folat yang bebas efek samping. Solusi yang aman dan sehat untuk masalah pembangunan tubuh tanpa efek samping yang membahayakan adalah dengan mengonsumsi obat herbal yang diramu dari bahan-bahan alami yang tentunya menyehatkan.

Obat herbal yang juga dapat berperan sebagai nutrisi pembangun tubuh adalah Noni juice. Noni juice kaya akan kandungan fitonutrien yang dapat membantu pembentukan sel-sel dalam tubuh, membantu bayi lahir tanpa cacat dan juga mencegah anemia. Bahkan sebuah penelitian membuktikan bahwa lebih kurang 30 jenis penyakit dapat diatasi dengan obat herbal ini!*

Cara kerja Noni juice dapat diilustrasikan seperti pekerjaan memperbaiki rumah yang bocor. Ada kandungan Noni yang bekerja seperti wadah air dan kain pel untuk menjaga kondisi dalam rumah tetap kering dan nyaman meskipun air terus-menerus menetes sehingga dampak dari kebocoran dapat dinetralisir.

Di saat bersamaan ada kandungan Noni yang bekerja untuk melapisi atau menutup genteng yang bocor sehingga atap rumah dapat menjalankan fungsinya sebagai pelindung dari air hujan. Seperti inilah penjelasan sederhana cara kerja Noni juice. Ada kandungan Noni yang terus membantu tubuh mencukupi kekurangan asam folat, dan saat bersamaan ada kandungan yang menetralisir dampak buruk kekurangan asam folat tersebut.

*) Penjelasan lebih lengkap mengenai hasil penelitian ini dapat Anda lihat di artikel: Noni Juice—Herbal Teruji Taklukan Berbagai Penyakit Berat!

Advertisement
Alinesia