Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Atasi Carpal Tunnel Syndrome Atasi Carpal Tunnel Syndrome

Nutrisi Penting Untuk Atasi Carpal Tunnel Syndrome

Pada artikel sebelumnya kami mengulas mengenai bagaimana terapi pengobatan rumahan akan efektif untuk membantu mengatasi carpal tunnel syndrome. Namun untuk bisa mengatasi carpal tunnel syndrome ini hingga tuntas dibutuhkan lebih dari sekadar terapi olesan pada area dimana nyeri sendi dan otot muncul.

Penyakit carpal tunnel syndrome adalah sebuah kondisi dimana terjadi inflamasi ringan pada area sendi dan otot yang lazimnya terjadi akibat tekanan terus menerus. Tekanan muncul karena aktivitas fisik berulang yang dilakukan otot dan sendi dalam jangka panjang.

Dari inflamasi ringan ini kemudian muncul rasa nyeri ringan hingga menusuk disertai rasa kaku dan efek otot lemah. Kadang Anda akan kesulitan untuk melakukan gerakan dan mengangkat beban kecil dengan tangan.

Yang perlu Anda perhatikan bila kondisi ini diabaikan, inflamasi ringan bisa berkembang menjadi lebih serius dan akan mengakibatkan kerusakan otot, sendi, dan saraf yang permanen. Beberapa orang yang sudah mengalami kondisi carpal tunnel syndrome yang lebih serius akan mengalami gangguan fungsi motorik pada area dimana serangan muncul.

Dalam DrAxe.COM, dijelaskan bahwa ada kaitan erat antara pola makan dengan bagaimana rentannya seseorang mengalami serangan carpal tunnel syndrome, selain karena faktor aktivitas fisik yang berlebihan.

Apa saja makanan yang disarankan untuk dikonsumsi demi memenuhi asupan nutrisi pada pasien carpal tunnel syndrome? Berikut ini sejumlah nutrisi penting yang memiliki peran besar dalam membantu penyembuhan keluhan nyeri sendi dan otot.

Makanan Sumber Vitamin B

Untuk membantu mengatasi keluhan pada sendi dan otot, Anda membutuhkan asupan vitamin B lebih. Anda bisa dapatkan dari sayuran hijau dan buah-buahan. Juga bisa dengan menambahkan asupan kacang-kacangan dan biji-bijian yang juga kaya akan vitamin B.

Semua jenis vitamin B baik untuk kesehatan sendi dan otot, namun utamanya adalah vitamin B6. Vitamin B6 terbukti ampuh membantu mengatasi inflamasi dan menutrisi sel-sel pada otot untuk membantu mempercepat pemulihan ketika terjadi kerusakan jaringan seperti pada kasus carpal tunnel syndrome.

Makanan Sumber Vitamin C

Secara langsung vitamin C memang bukan komponen utama dari otot sebagaimana pada vitamin B, tetapi vitamin ini memiliki keampuhan cukup kuat dalam membantu mengatasi inflamasi. Jadi mengonsumsi makanan sumber-sumber vitamin C akan mempercepat proses penyembuhan dari infamasi yang terbentuk pada otot dan sendi.

Vitamin C juga menjadi komponen dari senyawa glutathion yang berperan besar dalam proses regenerasi serta pembaruan sel. Jadi mengonsumsi vitamin C akan mendorong proses penggantian sel rusak dengan sel-sel baru yang sehat. Anda bisa menambahkan beragam jenis sayuran dan buah untuk mendapatkan asupan vitamin C yang berlimpah.

Makanan Kaya Magnesium

Magnesium dikenal memiliki kemampuan menstimulasi relaksasi pada otot dan saraf. Magnesium akan bekerja sama dengan kalsium untuk membantu mengurangi efek tekanan pada otot juga membantu proses relaksasi dari pembuluh darah. Tekanan pada sirkulasi darah dan otot inilah yang memicu terjadinya carpal tunnel syndrome. Kadang kasus carpal tunnel syndrome berkaitan dengan kekurangan magnesium.

Menurut sumber LIVESTRONG.COM, untuk menjaga tubuh terhindari dari kekurangan magnesium setidaknya seseorang perlu mengonsumsi 310 - 320 mg magnesium per hari untuk wanita dan sekitar 400 mg magnesium untuk pria. Sejumlah makanan yang kaya magnesium antara lain sayuran hijau, tempe, jamur, Noni Juice, dan beberapa jenis buah-buahan.

Makanan Kaya Lemak Tak Jenuh

Mengonsumsi makanan yang kaya lemak jenuh sangat tidak disarankan ketika Anda mengalami masalah carpal tunnel syndrome, karena lemak jenuh bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan menyebabkan aliran darah semakin tidak lancar. Padahal masalah sirkulasi darah penting untuk membantu mengatasi carpal tunnel syndrome.

Tetapi bukan lantas Anda tidak disarankan mengonsumsi lemak. Justru jenis lemak tak jenuh dari golongan omega 3 seperti jenis ikan-ikanan, flax sheed, atau biji chia sangat disarankan untuk membantu mengatasi keluhan nyeri sendi dan otot ini. Ada kemampuan anti inflamasi dan kemampuan untuk menjaga elastisitas pembuluh darah pada jenis lemak omega 3 yang membantu mengatasi carpal tunnel syndrome.

Sejumlah komponen dari asam lemak omega 3 terutama eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA) juga terbukti membantu mengatasi masalah persendian dan otot sebagaimana dijelaskan dalam LIVESTRONG.COM.

Makanan Kaya Bromelain

Jenis anti oksidan ini sangat banyak terkandung dalam buah nanas ini lebih sering dianggap sebagai obat batuk, padahal sifatnya juga cukup baik untuk mengatasi keluhan pada sendi dan otot. Sifatnya sebagai anti inflamasi membantu meredakan keluhan iritasi dan peradangan pada area sendi dan otot.

Selain itu menurut DrAxe.COM, dijelaskan bahwa asupan makanan kaya bromelain membantu meningkatkan manfaat pengobatan untuk keluhan sendi dan otot termasuk pula terapi tradisional dengan kunyit dan kencur.

Makanan Kaya Limonen

Makanan yang kaya akan limonen terbukti memberi manfaat untuk mengatasi keluhan sendi dan otot. Limonen juga membantu mengatasi kenaikan kadar asam urat yang akan memperburuk kondisi nyeri pada carpal tunnel syndrome.

Tentu saja penderita carpal tunnel syndrome akan lebih sensitif ketika kadar asam urat serta tekanan darahnya sedang tinggi, karena akan meningkatkan rasa nyeri pada sendi. Jadi sebaiknya hindari makanan yang kaya purin seperti daging merah dan jeroan untuk mencegah kenaikan kadar asam urat. Dan limonen juga akan berperan mengendalikan kadar asam urat secara efektif.

Limonen banyak ditemukan dalam beragam jenis beri, jeruk termasuk pula dalam buah Noni yang sebenarnya masih berkerabat dengan jenis beri-berian. Mengasup makanan yang kaya limonen akan membantu Anda mengatasi keluhan dengan efektif, termasuk menstimulasi proses regenerasi sel otot dan sendi yang rusak.

Ganti Minyak dengan Jenis yang Lebih Sehat

Kebiasaan kebanyakan orang Indonesia dalam menggunakan jenis minyak kelapa sawit untuk proses menumis dan menggoreng. Anda bisa menggantinya dengan jenis minyak lain yang jauh lebih bersahabat dengan kesehatan sendi dan otot, seperti minyak kelapa atau minyak zaitun.

Kemampuan non steroidiol dan anti inflamasi yang terkandung di dalamnya membantu proses penanganan keluhan carpal tunnel syndrome. Dengan asupan minyak-minyak esensial ini Anda juga bisa menstimulasi proses regenerasi sel otot dan sendi yang rusak.

Itulah beberapa jenis asupan makanan yang sangat bermanfaat bagi Anda yang mengalami keluhan carpal tunnel syndrome. Padukan dengan sejumlah terapi topikal (oles) yang bekerja merawat inflamasi dari permukaan kulit.

Juga lengkapi dengan terapi fisik seperti pijatan akupresur, latihan fisik, dan perawatan dengan membalut area sendi dan otot yang nyeri dengan perban khusus yang akan membantu menyangga dan menahan otot yang nyeri. Ini akan membantu Anda mempercepat proses penyembuhan.

FOLLOW DEHERBA.COM:
instagram

Log In or Register