Mengenal Jenis IOL: Intraocular Lens!

588
Google Image

Diedit:

Tahukah Anda apa itu lensa intraokuler (IOL)? Ini adalah lensa pengganti yang ditanam pada mata Anda setelah melakukan prosedur pengangkatan lapisan katarak. IOL merupakan lensa yang terbuat dari akrilik atau silikon, seperti plastik bening dengan ‘daya optik’ yang mampu memperbaiki penglihatan Anda secara permanen.

IOL yang biasa digunakan oleh kebanyakan orang adalah Mono-focal intraocular lens, pemasangan lensa ini memungkinkan pengguna untuk melihat salah satu sudut pandang saja (jauh atau dekat). Oleh karena itu, seringkali dibutuhkan bantuan kacamata.

Sebagai contoh, seorang pengguna Mono-focal IOL yang sedang membaca buku di depan jendela. Sewaktu ia melihat pemandangan diluar jendela, buku didekatnya akan tampak buyar. Sedangkan saat ia membaca buku, pemandangan diluar jendela tampak buram.

Namun, metode pengembangan lensa intraokuler menghasilkan Custom IOL yang memberikan solusi menarik dalam memperbaiki penglihatan Anda. Apa saja jenisnya? Berikut yang dicatat dalam medicaleyecenter.com mengenai jenis IOL:

Multi-focal Intraocular Lens Implants, penggunaan lensa jenis ini lebih baik daripada Mono-focal. Pengguna lensa dapat melihat kedua sisi, baik itu jauh atau dekat. Sehingga Anda tidak memerlukan bantuan kacamata, bahkan untuk melihat tulisan yang sangat kecil.

Hanya saja, lensa ini memberikan efek lingkaran cahaya di sekitar lampu yang terlalu terang dan sulit melihat saat cahaya lemah, khususnya saat mengendarai kendaraan di malam hari. Namun biasanya pengguna dapat menyesuaikan diri dengan keadaan ini dalam beberapa bulan. Perlu Anda ketahui bahwa lensa ini mengutamakan pandangan jarak dekat.

Accommodating Intraocular Lens Implants, penggunaan lensa ini sama seperti Multi-focal. Hanya saja sifatnya lebih lentur, sama seperti lensa alami mata. Lensa ini juga memiliki kemampuan dalam mengakomodasi atau berubah bentuk guna menentukan fokus saat melihat jarak dekat dan jauh.

Walau Anda tidak memerlukan kacamata untuk membaca ataupun melihat jarak jauh, Anda tetap membutuhkan kacamata saat melihat huruf cetak yang terlalu kecil ataupun saat Anda melakukan pekerjaan yang membutuhkan pandangan jarak dekat. Lensa ini cocok untuk penglihatan jarak menengah.

Toric Intracocular Lens Implants, lensa yang satu ini memang diperuntukan bagi penderita silinder (Astigmatism) sehingga keakuratan/kejelasan pada penglihatan dapat meningkat. Biasanya dibutuhkan sayatan ringan (LRIs) pada kornea untuk memperbaiki bentuknya, namun sekarang sayatan itu tidak diperlukan lagi.

Bagi penderita dengan tingkat silinder yang tinggi, seringkali membutuhkan kombinasi khusus seperti teknologi. Penggunaan lensa ini dapat mengurangi ketebalan lensa pada kacamata dan bahkan mengurangi ketergantungan pemakaian kacamata jarak jauh.

Pemasangan lensa intraokuler tidak hanya diperuntukan bagi penderita katarak, dari keterangan diatas dapat disimpulkan bahwa mereka yang mengalami gangguan penglihatan seperti rabun jauh, rabun dekat, ataupun silinder dapat mencoba pemasangan IOL.

Baca juga:  Mengenal Operasi Caesar dan Perawatan Pasca Operasi

Operasi mata untuk pemasangan IOL merupakan tindakan medis yang masuk dalam kategori rawat jalan, sehingga Anda tidak memerlukan waktu yang lama di rumah sakit. Operasi biasanya dilakukan selama satu jam, jadi Anda tak perlu merasa khawatir. Jadi, sudahkan Anda mengenal jenis IOL?

Advertisement
Alinesia