Mau Rambut Sehat Alami? Inilah Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut!


By Cindy Wijaya

Manfaat lidah buaya untuk rambut adalah berkat lebih dari 75 nutrisi yang dimilikinya. Tanaman ini dianggap sebagai tanaman ajaib, karena memiliki sejumlah besar manfaat bagi kesehatan—termasuk untuk kecantikan. Lidah buaya juga diolah menjadi jus sebagai minuman energi serta untuk obat.

Entah Anda berambut lurus, keriting, ikal, tebal, ataupun tipis, Anda tetap bisa menikmati manfaat lidah buaya. Berikut adalah beberapa manfaat lidah buaya untuk rambut:

Merangsang Pertumbuhan Rambut

Menurut para peneliti di Universitas Hawaii, penggunaan lidah buaya (Aloe vera) untuk melawan kebotakan bisa ditelusuri mulai dari Mesir kuno. Ini artinya lidah buaya sudah sejak lama dipercaya bisa mengembalikan pertumbuhan rambut. Faktanya, Aloe vera memang punya enzim proteolitik yang merangsang pertumbuhan rambut. Enzim tersebut memberantas sel-sel kulit mati di kepala yang bisa menyumbat folikel rambut—pintu masuk nutrisi ke dalam kulit kepala.

Kondisi seperti dermatitis seborea, yang terjadi akibat penumpukan sebum pada kulit kepala, dapat memicu kebotakan sebagian. Aloe vera akan bertindak dengan menghancurkan sebum dan sel-sel kulit kepala yang mati—memungkinkan pertumbuhan rambut yang normal. Juga, kemampuan alkalisasi lidah buaya dapat membantu mengembalikan pH rambut dan kulit kepala ke level normal sambil menjaga kelembapan rambut.

Sebagai Anti-Pruritik

Anti-pruritik memaksudkan kemampuan untuk meringankan gatal dan kulit kering. Gejala yang sering diakibatkan oleh masalah kulit psoriasis dan eksim. Psoriasis ialah penyakit auto-imun yang ditandai dengan penumpukan sel-sel kulit. Ingatlah bahwa enzim proteolitik Aloe vera mampu membersihkan sel-sel kulit mati tersebut sehingga membantu meringankan gejala psoriasis.

Lidah buaya juga dapat mengurangi kemerahan, kerak, gatal, dan peradangan psoriasis di kulit kepala—inilah manfaat lidah buaya untuk rambut dari segi anti-pruritik. Sebuah studi menunjukkan lebih dari 80 persen pasien psoriasis yang ditangani dengan lidah buaya memperlihatkan perbaikan kondisi.

Sebagai Anti-Radang

Dalam sejarahnya, salah satu kegunaan utama Aloe vera ialah mengatasi peradangan internal maupun eksternal. Ya, lidah buaya sudah sangat dipercaya untuk mengobati luka bakar maupun luka lain dan sebagai antiseptik untuk mengurangi pembengkakan serta membasmi bakteri. Ini menjadikannya pilihan bahan baku alami non-amonia yang bagus untuk berbagai produk rambut khusus kulit kepala sensitif dan rentan iritasi.

Mengatasi Ketombe

Tanaman ajaib ini juga dapat mengatasi ketombe. Mungkin ada banyak penyebab ketombe, tetapi beberapa dokter menghubungkannya dengan Malassezia—jamur pemakan lemak yang dapat hidup di kulit kepala. Untungnya, selain menyingkirkan sel-sel kulit kepala yang mati, Aloe vera pun memiliki fungsi anti-jamur. Ini karena kemampuan alkalisasi lidah buaya yang membuat kulit kepala tidak menjadi lingkungan menguntungkan bagi jamur.

Lendir daun lidah buaya punya komposisi kimia menyerupai keratin, protein alami dalam sel-sel rambut. Kesamaan ini membuat protein lidah buaya mudah menyerap dan menutrisi seluruh rambut. Juga, sudah terbukti bahwa Aloe vera bisa menyerap hingga ke 7 lapisan kulit kepala. Kombinasi dari 20 asam amino merupakan fondasi kuat untuk menambah kekuatan dan kilauan rambut secara alami. Jadi, tertarikkah Anda mencoba manfaat lidah buaya untuk rambut dengan menggunakannya sebagai sampo alami?

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting dan di-review oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}