Blog Herbal No. 1 Indonesia

Ingin Wajah Mulus? Ikuti Tips Membuat Masker Lidah Buaya!


By Cindy Wijaya

Bagi wanita, perawatan rutin kecantikan sudah jadi bagian hidup yang tak terpisahkan. Mereka begitu peduli dengan kesehatan kulit. Bukan berarti tidak ada pria yang peduli dengan kesehatan kulit, karena sekarang semakin banyak pria yang tak mau kalah dalam urusan kebersihan wajah. Dan salah satu cara alami terbaik untuk mendapatkan wajah cerah ialah dengan menggunakan masker lidah buaya.

Lidah buaya (Aloe vera) sejak berabad-abad silam diyakini sebagai tanaman hias yang punya banyak manfaat kesehatan. Hingga saat ini, tak terhitung banyaknya produk kesehatan maupun kecantikan yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan bakunya. Salah satu kegunaan lidah buaya ialah merawat kesehatan kulit Anda.

Manfaat Masker Lidah Buaya bagi Kesehatan Kulit

Bila digunakan dengan benar, lidah buaya sangat bagus untuk kesehatan kulit. Bahkan Anda bisa menggunakannya untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah.

Mengobati Luka

Lidah buaya membantu mengobati luka dengan cepat dan meminimalkan pembentukan jaringan parut (bekas luka) dengan meningkatkan kolagen dan melawan bakteri.

Mengatasi Kulit Kering

Gel lidah buaya bisa dengan mudah diserap oleh kulit, sehingga cocok untuk mengatasi kulit kering. Lidah buaya dapat dimanfaatkan sebagai pelembap (moisturizer) alami untuk mengunci kelembapan di kulit wajah Anda.

Mengendalikan Gejala Eksem

Efek melembapkan dari lidah buaya bisa meredakan kering dan gatal di kulit akibat eksem. Gel lidah buaya juga bisa meringankan dermatitis seboroik, yang meski sering ada di kulit kepala tetapi juga dapat muncul di bagian wajah dan belakang telinga.

Meringankan Psoriasis

Lidah buaya membantu meringankan peradangan dan gatal-gatal akibat psoriasis. Untuk manfaat terbaik, Anda bisa mengoleskan lidah buaya dua kali sehari ke bagian kulit yang terkena.

Mengobati Jerawat yang Meradang

Karena punya efek anti-peradangan, lidah buaya juga dapat mengobati jerawat yang meradang. Anda bisa langsung mengoleskan lidah buaya dengan kapas ke jerawat, tiga kali sehari.

Tips Membuat Masker Lidah Buaya

Sebisa mungkin gunakanlah lidah buaya asli yang masih segar, lebih baik lagi jika Anda menanamnya sendiri. Lidah buaya asli yang masih segar sangat baik, sebab banyak gel lidah buaya yang sudah dikemas dan dijual di pasaran mengandung bahan kimia seperti zat pengawet.

Anda juga harus memastikan untuk melakukan tes tempel sebelum mengoleskannya ke wajah. Sebab sebagian orang kulitnya iritasi jika terkena lidah buaya.

Cara tes tempel yaitu dengan mengoleskan lidah buaya ke bagian leher bawah telinga, kemudian tutup dengan kapas atau plester luka selama 24 jam. Atau jika tidak mau ditutup, coba oleskan ke bagian leher bawah telinga dan tunggu sekitar 20 menit.

Jika muncul reaksi iritasi, maka sebaiknya Anda tidak menggunakan masker lidah buaya. Tapi jika tidak muncul reaksi apapun, berarti Anda aman untuk memakai masker lidah buaya.

Masker Lidah Buaya untuk Kulit Glowing

Perpaduan lidah buaya, ampas kopi, dan gula dapat mencerahkan kulti Anda dengan cara mengelupas sel-sel kulit mati secara lembut dari permukaan wajah Anda.

Bahan-Bahan:

  • 2 sendok makan gel lidah buaya segar
  • 1 sendok teh ampas kopi
  • 1 sendok teh gula pasir

Langkah-Langkah:

  • Campurkan semua bahan dalam mangkuk kecil
  • Secara perlahan oleskan masker ke wajah
  • Tunggu 10 – 15 menit
  • Cuci wajah dengan air hangat

Masker Lidah Buaya untuk Jerawat

Masker perpaduan lidah buaya, kunyit, dan madu dapat membantu menenangkan peradangan di kulit dan mengurangi jerawat. Kandungan aktif dalam kunyit, kurkumin, telah terbukti mengurangi peradangan di kulit. Begitu juga madu telah terbukti sebagai anti-peradangan dan anti-bakteri, yang juga bagus untuk mencegah jerawat.

Bahan-Bahan:

  • 1 sendok makan gel aloe vera segar
  • 1 sendok makan madu murni
  • 1 sendok teh bubuk kunyit

Langkah-Langkah:

  • Campurkan semua bahan dalam mangkuk kecil
  • Oleskan secara perlahan ke wajah
  • Tunggu 10 – 15 menit
  • Cuci muka dengan air hangat

Masker Lidah Buaya untuk Mengencangkan & Menenangkan Kulit

Masker wajah perpaduan lidah buaya, bentonite clay, dan teh hijau matcha akan mengencangkan kulit secara lembut sekaligus menenangkan sensitivitas di kulit.

Bentonite clay menyerap minyak berlebih dari kulit sambil membersihkan pori-pori, dan telah terbukti membantu pemulihan luka kulit. Dan matcha adalah jenis teh hijau, dimana teh hijau telah terbukti mengurangi peradangan dan membantu menenangkan kulit sensitif.

Bahan-Bahan:

  • 1 sendok makan gel lidah buaya segar
  • 1 sendok makan bubuk bentonite clay
  • 1 sendok teh bubuk matcha

Langkah-Langkah:

  • Campurkan bentonite clay dengan sedikit air dalam mangkuk kecil sampai menjadi bubur kental
  • Campurkan gel lidah buaya dengan bubuk matcha dan bubur kental bentonite clay tadi
  • Oleskan masker campuran itu dengan lembut ke wajah Anda
  • Diamkan 10 – 15 menit
  • Cuci muka dengan air hangat

Sudahkah Anda mencoba membuat masker lidah buaya? Kalau belum, tidak ada salahnya untuk mulai mencoba. Terlebih lagi caranya sangat mudah tetapi khasiatnya tidak main-main!

Namun jika Anda punya kulit yang tergolong sensitif atau gampang iritasi, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter kulit. Dan pastikan Anda selalu lakukan tes tempel dulu sebelum memakai masker ini ke wajah. Kalau terjadi tanda-tanda iritasi, segera bersihkan lidah buaya dari kulit. Tapi kalau tidak, lanjutkan dan rasakan sendiri manfaatnya.

Sumber

Healthline. 10 Benefits of Using Aloe Vera on Your Face. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/aloe-vera-for-face

Derm Collective. Aloe Vera Face Masks: Benefits and 3 DIY Recipes. https://dermcollective.com/aloe-vera-face-masks/

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}