Ingin Wajah Mulus? Ikuti Tips Membuat Masker Lidah Buaya!


By Cindy Wijaya

Bagi wanita, perawatan rutin kecantikan sudah jadi bagian hidup yang tak terpisahkan. Mereka begitu peduli dengan kesehatan kulit. Bukan berarti tidak ada pria yang peduli dengan kesehatan kulit, karena sekarang semakin banyak pria yang tak mau kalah dalam urusan kebersihan wajah. Dan salah satu cara alami terbaik untuk mendapatkan wajah cerah ialah dengan menggunakan masker lidah buaya.

Lidah buaya (Aloe vera) sejak berabad-abad silam diyakini sebagai tanaman hias yang punya banyak manfaat kesehatan. Hingga saat ini, tak terhitung banyaknya produk kesehatan maupun kecantikan yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan bakunya. Salah satu kegunaan lidah buaya ialah merawat kesehatan kulit Anda.

Tips-Tips Membuat Masker Lidah Buaya

  • Siapkan bahan-bahan: 2 daun lidah buaya dan setengah buah lemon. Dan alat yang dibutuhkan: pisau tajam, alat pemeras lemon, dan blender.
  • Cuci bersih daun lidah buaya dengan air.
  • Potong ujung-ujung berduri di kedua sisi daun. Untuk memudahkan poses pemotongan, Anda bisa memotong daun lidah buaya menjadi potongan-potongan kecil.
  • Sayatlah dengan pisau tajam secara memanjang lapisan atas daun sampai lendir lidah buaya terlihat.
  • Dengan berhati-hati, lepaskan lendir lidah buaya dari daun dengan mengirisnya menggunakan pisau tajam atau sendok. Lalu letakkan lendir lidah buaya di mangkuk.
  • Peras setengah buah lemon menggunakan tangan atau alat pemeras.
  • Masukkan lendir lidah buaya dan air perasan lemon ke dalam blender. Kemudian nyalakan blender selama 1 menit.
  • Letakkan hasil campuran tersebut ke dalam mangkuk dan jadilah masker lidah buaya yang siap digunakan pada wajah maupun rambut.

Cara Menggunakan Masker Lidah Buaya

Dengan masker lidah buaya segar ditangan Anda, kini saatnya untuk memanfaatkannya. Untuk masker rambut: Anda bisa mengoleskannya ke seluruh rambut, biarkan selama 20 menit, lalu bilas sampai bersih. Untuk masker wajah: Oleskan ke seluruh wajah dan bagian leher agar warna kulit merata. Diamkan selama 10-15 menit lalu bilas sampai bersih.

Waktu terbaik untuk menggunakan masker lidah buaya ialah pada sore hari sesudah mandi dan malam hari sebelum tidur. Bila digunakan malam hari, Anda bisa membiarkan masker menempel semalaman dan baru esok hari dibersihkan. Dan baiknya dalam seminggu digunakan sebanyak 1-2 kali.

Pengingat: Penggunaan lemon yang terlalu sering bisa mengubah warna rambut, jadi sesekali gantilah bahan lemon dengan madu. Kombinasi antara madu dan lendir lidah buaya akan semakin menyehatkan rambut maupun kulit Anda.

Manfaat-Manfaat Masker Lidah Buaya bagi Kesehatan Kulit

  • Lendir lidah buaya merupakan pelembap alami yang sangat baik bagi kulit karena sanggup menyegarkan, meremajakan, serta menghidrasi kulit.
  • Lendir lidah buaya punya fungsi sebagai anti-mikroba, yang artinya bisa mengatasi masalah jerawat.
  • Masker lidah buaya merupakan cara alami untuk menunda proses penuaan kulit karena mengandung banyak antioksidan.
  • Lidah buaya juga berkhasiat mengobati luka internal maupun eksternal serta mengurangi nyeri dan peradangan. Karenanya, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengobati luka bakar, sayat, digigit serangga, maupun luka eksim.

Sudahkah Anda mencoba membuat masker lidah buaya? Kalau belum, tidak ada salahnya untuk mulai mencoba. Terlebih lagi caranya sangat mudah tetapi khasiatnya tidak main-main!

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting dan di-review oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}