Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan Wajah & Rambut


By Cindy Wijaya

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan sudah tidak bisa disangkal lagi. Tak terhitung berapa banyak produk kosmetik dan perawatan kecantikan yang memakainya sebagai bahan utama. Melembapkan kulit dan memperbaiki rambut rusak adalah dua dari sekian banyak khasiat lidah buaya untuk kecantikan. Ingin tahu apa lagi manfaat lidah buaya untuk wajah dan rambut? Simak selengkapnya di artikel ini.

Lidah buaya punya gel alami yang sifatnya menenangkan serta melembutkan jika dioleskan pada rambut dan kulit, sekaligus juga melembapkan dan menutrisinya. Tanaman yang bernama ilmiah Aloe vera ini juga dikenal dengan kemampuan penyembuhannya sehingga sering dipakai untuk obat luka, obat luka bakar, dan obat lecet.

Karena punya banyak manfaat, tak heran tanaman ini banyak ditanam di pekarangan-pekarangan rumah. Dalam artikel ini kami akan mengupas manfaat lidah buaya untuk kecantikan, khususnya untuk wajah dan rambut, yang bisa dengan mudah Anda dapatkan dari tanaman yang Anda tanam di depan rumah ini.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan Wajah

Jika Anda punya masalah dengan kulit wajah, misalnya kulit kering, kulit berminyak, jerawatan, luka, atau yang lainnya, mungkin manfaat lidah buaya untuk wajah ini bisa membantu. Simak selengkapnya berikut ini.

Kulit Berminyak

Lidah buaya bagus untuk membantu mengobati kulit berisisk yang disebabkan oleh minyak berlebihan. Banyak orang sudah memakai gel alami ini untuk merawat kulit berminyak mereka. Anda bisa coba mengoleskan lapisan tipis gel ini ke wajah sebelum tidur dan membiarkannya sampai pagi.

Kulit Kering

Gel lidah buaya mudah diserap, sehingga biasanya cocok dipakai pada kulit berminyak. Tapi sebenarnya manfaat lidah buaya untuk wajah juga bisa diperoleh jenis kulit kering. Jadi cobalah ganti pelembap biasa dengan gel lidah buaya untuk dipakai sehabis mandi. Anda akan merasakan gel ini membantu menahan kelembapan hingga ke dalam kulit Anda, yang membantu mengurangi masalah kulit kering.

Jerawat Meradang

Karena punya kemampuan anti-peradangan, gel lidah buaya mampu merawat jenis jerawat yang meradang, seperti jerawat pustula (jerawat nanah) dan jerawat nodul (jerawat yang terasa keras dan sakit).

Luka Sengatan Matahari

Mengoleskan gel lidah buaya ke wajah dapat membantu meredakan luka sengatan matahari. Namun manfaat lidah buaya untuk wajah ini tidak efektif untuk mencegah luka tersengat matahari. Jadi pastikan Anda memakai tabir surya atau sunscreen setiap hari.

Luka Bakar

Untuk luka bakar ringan pada wajah, coba oleskan gel lidah buaya ke bagian yang terkena sebanyak 3 kali sehari. Setelah itu Anda mungkin perlu menutupinya dengan kain kasa.

Lecet Kecil

Kalau dagu atau dahi Anda lecet, Anda bisa coba mengoleskan lidah buaya ke area tersebut untuk menghilangkan rasa sakit dan rasa perihnya dengan cepat. Oleskan lidah buaya sebanyak 3 kali sehari.

Luka Terbuka

Manfaat lidah buaya untuk wajah juga bagus untuk membantu menyembuhkan luka terbuka dengan cepat dan mengurangi jaringan parut dengan cara meningkatkan kolagen dan melawan pertumbuhan bakteri. Oleskan lidah buaya sebanyak 3 kali sehari.

Eksem

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan dapat membantu melembapkan kulit kering dan gatal yang disebabkan eksem. Gel lidah buaya juga dapat membantu mengurangi dermatitis seboroik, yang adalah jenis eksem berminyak yang paling sering terjadi di kulit kepala, tapi juga bisa terjadi di wajah dan belakang telinga.

Psoriasis

Sama seperti eksem, Aloe vera dapat membantu meringankan peradangan dan gatal-gatal pada penderita psoriasis. Untuk hasil terbaik, oleskan gel Aloe vera 2 kali sehari pada bagian kulit yang terkena.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan Rambut

Jika Anda punya masalah dengan rambut dan kulit kepala, misalnya kulit kepala gatal, rambut berminyak, dan rambut gampang rontok, mungkin manfaat lidah buaya untuk rambut ini bisa membantu. Simak selengkapnya berikut ini.

Kulit Kepala Gatal

Dermatitis seboroik adalah istilah klinis untuk masalah kulit yang biasa disebut ketombe. Gejalanya yang berupa kulit kepala yang gatal dan kulit mengelupas di bawah rambut dapat diobati dengan lidah buaya. Gel ini juga membantu mengatasi peradangan kulit kepala yang disebabkan ketombe. Kemungkinan karena mengandung asam lemak yang memiliki sifat anti-peradangan.

Rambut Berminyak

Manfaat lidah buaya untuk rambut berminyak diberikan dengan cara membersihkan batang rambut secara efisien, menghilangkan kelebihan sebum (minyak) dan sisa dari produk rambut lainnya.

Namun bagusnya lidah buaya tidak melukai helaian rambut saat membersihkannya, tidak seperti bahan kimia pada produk perawatan rambut. Lidah buaya lembut dan menjaga keutuhan rambut Anda. Jadi cobalah pakai gel alami ini untuk memperoleh rambut yang tampak lebih sehat, berkilau, juga lembut.

Rambut Rapuh

Aloe vera mengandung vitamin A, C, dan E. Ketiga jenis vitamin ini berperan dalam proses pergantian sel-sel, meningkatkan pertumbuhan sel yang sehat, dan membuat rambut berkilau. Gel lidah buaya juga mengandung vitamin B12 dan asam folat yang dapat mencegah rambut rontok.

Manfaat lidah buaya untuk rambut juga terdapat pada kandungan kolagennya yang tinggi dan sifat pendinginan alaminya. Kandungan ini juga dapat berfungsi untuk memperbaiki kerusakan pada rambut akibat sinar matahari.

Pertumbuhan Rambut

Apabila kulit kepala sudah bersih dan rambut sudah dinutrisi oleh lidah buaya, Anda mungkin akan melihat bahwa kerusakan dan kerontokan rambut jadi berkurang. Ada banyak orang yang mengaku bahwa lidah buaya juga membuat rambut mereka tumbuh lebih cepat.

Pertanyaan seputar Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan

  • Bagaimana cara menggunakan lidah buaya untuk wajah?

    Cara paling mudah untuk mendapat gel lidah buaya adalah dengan mengambilnya dari tanaman lidah buaya yang ditanam di rumah Anda.

    Tapi kalau tidak menanamnya di rumah, Anda juga bisa memakai produk gel lidah buaya yang banyak dijual. Namun hindari produk yang ditambahkan bahan tambahan seperti alkohol atau bahan kimia lainnya, karena bisa berdampak buruk bagi kulit.

    Untuk cara menggunakan gel lidah buaya pada wajah, Anda bisa mengoleskan lapisan tipis gel itu langsung ke kulit wajah. Tapi ada orang yang alergi dengan gel lidah buaya, jadi coba tes dulu oleskan sedikit ke kulit pergelangan tangan. Tunggu 24 jam, kalau tidak ada reaksi alergi baru lah aman dipakai di wajah.

  • Bolehkah memakai lidah buaya di wajah setiap hari?

    Anda boleh memakainya di wajah setiap hari untuk mendapat manfaat lidah buaya untuk kecantikan hingga maksimal. Biasanya Anda bisa mengoleskan gel ini sebanyak 2 – 3 kali sehari pada kulit wajah.

    Tidak ada risiko kesehatan dari mengoleskan gel lidah buaya ke wajah. Namun memang ada beberapa orang yang mengalami reaksi alergi terhadap gel ini, jadi sebaiknya selalu tes dulu dengan mengoleskan sedikit ke pergelangan tangan dan tunggu 24 jam untuk melihat reaksinya.

  • Apakah lidah buaya dapat memutihkan kulit wajah?

    Lidah buaya mengandung senyawa bernama aloin, yang dapat membantu mencerahkan kulit dan bekerja secara efektif sebagai perawatan hiperpigmentasi kulit yang aman. Hal tersebut menurut sebuah penelitian yang dirilis pada jurnal Biological and Pharmacological Activity di tahun 2012.

  • Apakah getah lidah buaya berbahaya untuk wajah?

    Bagian gel dari lidah buaya secara umum aman dan efektif untuk digunakan pada kulit wajah. Akan tetapi bagaimana dengan getahnya, yaitu bagian kental berwarna kuning pada lidah buaya?

    Bagian getah kuning pada lidah buaya sebenarnya mengandung senyawa aloin. Dalam jumlah sedikit, senyawa ini tidak beracun tapi bisa menimbulkan reaksi kulit sensitif. Dan jika tertelan, dapat menyebabkan sakit perut dan efek pencahar yang cukup serius.

    Jadi untuk amannya, sebaiknya Anda hanya gunakan bagian gel dari lidah buaya, yaitu bagian yang berwarna bening dan hampir tidak berbau.

  • Bagaimana cara menggunakan lidah buaya untuk rambut?

    Manfaat lidah buaya untuk kecantikan rambut dapat diperoleh dengan cara menggosokkan gel itu langsung ke kulit kepala dan membiarkannya selama 1 jam. Lalu bersihkan dengan cara keramas. Ulangi lakukan ini 2 – 3 kali sehari, atau sebanyak dibutuhkan saja.

    Tapi karena ada orang yang sensitif atau alergi terhadap lidah buaya, jadi sebaiknya selalu tes dulu dengan mencoba menggosokkannya sedikit ke pergelangan tangan dan tunggu 24 jam untuk melihat reaksinya.

    Lidah buaya juga bisa dipakai sebagai masker rambut. Caranya yaitu dengan menggosokkan gel alami ini pada kulit kepala dan seluruh rambut, kemudian tutup dengan shower cap dan biarkan selama 15 menit sampai 1 jam. Lalu bilas dan bersihkan dengan keramas seperti biasa.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang manfaat lidah buaya untuk kecantikan. Aloe vera punya banyak manfaat untuk wajah dan rambut Anda. Jadi jika kulit Anda tidak sensitif atau alergi terhadapnya, cobalah menggunakannya sebagai bagian dari perawatan kecantikan.

Sumber

Sumber Referensi:

Healthline. 10 Benefits of Using Aloe Vera on Your Face. URL: https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/aloe-vera-for-face

Healthline. Aloe Vera for Your Hair: What Are the Benefits?. URL: https://www.healthline.com/health/aloe-vera-for-hair

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>