7 Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Jerawat


By Cindy Wijaya

Dari sekian banyaknya produk perawatan kecantikan yang berbahan dasar lidah buaya (Aloe vera), salah satu yang paling diminati adalah produk untuk wajah berjerawat. Apa benar ada manfaat lidah buaya untuk jerawat? Bisa kah kita menggunakan lidah buaya asli untuk mengatasi jerawat dan bekasnya? Kalau bisa, bagaimana cara menggunakannya?

Dalam artikel ini kita akan mendapat jawabannya. Kita sudah tahu bahwa lidah buaya punya banyak manfaat untuk kecantikan, mungkin yang paling terkenal adalah manfaatnya untuk melembapkan kulit dan untuk membantu sembuhkan luka.

Bagaimana dengan manfaat lidah buaya untuk jerawat? Gel dari lidah buaya diketahui punya kemampuan anti-bakteri dan anti-peradangan, yang dapat berguna untuk mengobati jerawat.

Suatu penelitian melaporkan bahwa kombinasi antara krim obat jerawat (krim tretinoin) dan krim Aloe vera secara efektif mengurangi jerawat pada orang dengan masalah jerawat ringan hingga sedang.

Tetapi lidah buaya juga bisa digunakan sendiri, tanpa digabungkan dengan obat jerawat lain. Atau bisa juga digunakan dengan campuran obat alami lain. Mari kita melihat 7 cara untuk mendapatkan manfaat lidah buaya untuk jerawat.

7 Cara Mendapat Manfaat Lidah Buaya untuk Jerawat

Jenis dan kondisi kulit setiap orang berbeda, jadi tidak ada satu cara yang efektif bagi semua orang. Untungnya gel lidah buaya bersifat lembut dan menenangkan, jadi biasanya aman untuk dicoba digunakan dengan berbagai cara. Berikut adalah 7 saran cara mendapat manfaat dari gel lidah buaya untuk jerawat.

1. Hanya Gel Aloe Vera Saja


Penelitian menunjukkan bahwa Aloe vera punya karakteristik khusus yang membuatnya efektif melawan jerawat. Sebagai contoh, gel lidah buaya punya kemampuan sebagai anti-bakteri, antioksidan, dan anti-peradangan.

Seseorang bisa menggunakan hanya krim atau gel Aloe vera saja, tanpa perawatan lain, untuk mencegah wajah berjerawat. Ini bisa efektif karena fungsi anti-bakteri yang dimilikinya mampu menghilangkan bakteri dari kulit, sehingga mengurangi kemungkinan untuk muncul jerawat.

Bagaimana cara menggunakan lidah buaya saja untuk jerawat?

Kita bisa langsung mengoleskan gel lidah buaya ke wajah sebagai pengganti cleanser. Hal itu bisa membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Kita juga bisa mengoleskannya khusus ke area yang berjerawat sebelum tidur, lalu membiarkannya semalaman, dan mencucinya di pagi hari. Hal itu bisa mengurangi kemerahan dan iritasi pada jerawat.

2. Aloe Vera dan Perasan Lemon


Citric acid pada lemon juga bisa membantu mengobati jerawat. Lemon sifatnya asam, jadi mencampurnya dengan Aloe vera bisa mengurangi keasaman itu sehingga mencegah terjadinya iritasi kulit. Kita bisa mencampurkan dua bahan ini untuk dijadikan masker untuk jerawat.

Bagaimana cara membuat masker lidah buaya untuk jerawat yang dicampur lemon?

Caranya dengan mencampurkan Aloe vera dan air perasan lemon dengan perbandingan 8 : 1 (misalnya 8 sendok teh gel Aloe vera dan 1 sendok teh air perasan lemon). Kemudian oleskan campuran ini secara merata ke seluruh wajah, kecuali mata dan mulut, dan diamkan sekitar 10 menit. Lalu cuci muka sampai bersih setelahnya.

3. Aloe Vera, Madu, dan Kayu Manis


Masker dari campuran lidah buaya, madu, dan kayu manis juga bagus untuk meredam masalah jerawat. Kayu manis dan madu punya kemampuan anti-bakteri dan anti-peradangan yang serupa dengan yang dimiliki lidah buaya.

Bagaimana cara membuat masker lidah buaya untuk jerawat yang dicampur madu dan kayu manis?

Kita bisa mencampurkan 2 sendok makan madu, 1 sendok makan gel lidah buaya, dan ¼ sendok teh kayu manis dalam mangkuk kecil. Oleskan campuran ini ke seluruh wajah, kecuali mata dan mulut, dan biarkan 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih.

4. Aloe Vera dan Minyak Tea Tree


Suatu penelitian yang dirilis tahun 2017 menunjukkan bahwa gel dan sabun cuci muka dari minyak tea tree dapat efektif untuk mengobati jerawat ringan hingga sedang. Namun minyak tea tree tidak disarankan untuk digunakan pada kulit dalam waktu lama. Tapi jika dicampur dengan lidah buaya, mungkin bisa lebih cocok untuk digunakan sebagai pembersih (cleanser) wajah berjerawat.

Bagaimana cara menggunakan lidah buaya dan minyak tea tree untuk cleanser jerawat?

Kita bisa campurkan air, gel lidah buaya, dan 2 – 3 tetes minyak esensial tea tree. Untuk orang yang kulitnya sensitif terhadap minyak tea tree, ada baiknya langsung mencuci muka setelah menggunakan campuran ini selama beberapa menit.

5. Semprotan Aloe Vera


Menyemprotkan larutan lidah buaya ke wajah dapat membantu menghidrasi kulit, tanpa menambahkan minyak ke kulit atau membuatnya mengkilap. Ini penting untuk manfaat lidah buaya untuk jerawat, karena minyak berlebihan di kulit bisa menyumbat pori-pori dan memicu munculnya jerawat.

Bagaimana cara membuat larutan lidah buaya untuk disemprotkan?

Kita bisa campurkan kira-kira 2 bagian air pada 1 bagian Aloe vera untuk membuat larutan semprotan. Larutan ini bisa ditaruh ke dalam botol semprot, dan kapan pun bisa disemprotkan ke bagian yang diinginkan, kecuali bagian sekitar mata.

6. Aloe Vera, Minyak Kelapa, dan Gula


Banyak produk exfoliant untuk scrub mengandung bahan kimia yang bisa bikin iritasi. Jika kita menghindari bahan-bahan kimia, alternatif yang baik adalah dengan mencampurkan minyak kelapa, gula, dan gel lidah buaya.

Butiran pada gula bisa menghilangkan lapisan kulit mati di wajah. Minyak kelapa mengandung lauric acid yang dapat membantu melawan jerawat. Kemudian ditambah dengan manfaat lidah buaya untuk jerawat.

Bagaimana cara membuat scrub jerawat dari lidah buaya, minyak kelapa, dan gula?

Kita bisa campurkan gula pasir dan minyak kelapa dalam jumlah yang sama, kemudian dicampur dengan setengah jumlah lidah buaya. Misalnya 1 sendok makan gula pasir dicampur 1 sendok teh minyak kelapa, kemudian dicampur ½ sendok makan gel lidah buaya. Setelah tercampur, scrub bisa digunakan pada area yang diinginkan dan dibilas setelahnya.

7. Krim Aloe Vera


Aloe vera adalah bahan yang umum dipakai pada krim obat jerawat. Kita bisa menemukan produk obat ini dengan memeriksa komposisinya pada label dan mencari apakah Aloe vera atau lidah buaya tertulis sebagai bahan aktifnya. Kita bisa memakai krim yang mengandung lidah buaya sebagai bagian perawatan jerawat harian.

Bisakah Menggunakan Lidah Buaya untuk Jerawat dan Bekasnya?

Sayangnya tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa lidah buaya ampuh untuk memperbaiki bekas jerawat yang masuk ke dalam, atau titik-titik “bolong” bekas jerawat. Ini karena pada kasus bekas luka ini, ada bagian jaringan kulit yang menghilang.

Satu-satunya cara ampuh untuk memperbaiki penampilan bekas luka jenis ini adalah dengan mengisi bagian yang hilang itu dengan dermal filler, perawatan laser, dermabrasian, dan subcision, yang dapat dilakukan di klinik kecantikan.

Namun lidah buaya dapat membantu memudarkan bekas jerawat yang menghitam setelah sembuh, karena itu adalah jenis luka hiperpigmentasi yang muncul setelah peradangan di jerawat sembuh. Ini karena lidah buaya mengandung senyawa bernama aloin yang bermanfaat sebagai depigmentasi, sehingga membantu mencerahkan area gelap pada kulit.

Gel lidah buaya juga dapat mengurangi peradangan, sehingga bagus untuk digunakan saat jerawat masih meradang untuk mencegah bekas luka hiperpigmentasi.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang manfaat lidah buaya untuk jerawat. Semoga informasi di artikel ini bermanfaat bagi Anda. Temukan ulasan menarik lainnya seputar kecantikan dan kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Medical News Today. Can aloe vera help with acne?. URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/321273

Healthline. How to Use Aloe Vera for Acne. URL: https://www.healthline.com/health/aloe-vera-for-acne

Verywell Health. Aloe Vera and Acne. URL: https://www.verywellhealth.com/aloe-vera-for-acne-and-acne-scars-4097852

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>