• Home
  • Blog
  • Zaitun
  • Apa Benar Ada Manfaat Minum Minyak Zaitun Secara Langsung?

Apa Benar Ada Manfaat Minum Minyak Zaitun Secara Langsung?


By Cindy Wijaya

Ada kebiasaan sebagian orang di wilayah Mediterania untuk minum minyak zaitun setiap pagi. Beberapa tahun terakhir kebiasaan ini juga menyebar ke negeri-negeri lain, termasuk ke Indonesia. Katanya ini salah satu cara untuk memperoleh manfaatnya, yang diklaim bisa mendetoksifikasi tubuh, menenangkan pencernaan, hingga menurunkan berat badan.

Apa benar klaim itu? Dalam artikel ini akan dibahas mengenai apa sebenarnya manfaat minum minyak zaitun? Dan bagaimana cara minum minyak zaitun yang benar?

Apa Manfaat Minum Minyak Zaitun?

Tidak perlu diragukan minyak zaitun adalah salah satu jenis minyak tersehat di dunia, yang memiliki manfaat anti-peradangan dan antioksidan. Selain digunakan untuk keperluan memasak, sebagian orang juga meminumnya langsung. Berikut adalah sejumlah potensi manfaat minum minyak zaitun.

Bantu Penuhi Asupan Lemak Sehat

Kebanyakan orang mampu penuhi asupan lemak harian, tapi sedikit yang bisa penuhi asupan jenis lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fatty acids – disingkat PUFA) dan lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fatty acids – disingkat MUFA). Kedua jenis lemak itu ada dalam jenis-jenis minyak tertentu, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sumber nabati lainnya.

Rekomendasi umum asupan lemak harian adalah sekitar 20-35% asupan kalori Anda berasal dari lemak, terutama jenis PUFA dan MUFA.

Minyak zaitun kaya kandungan MUFA, dan mengonsumsinya bantu Anda penuhi kebutuhan lemak ini. MUFA sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung dan kurangi risiko penyakit jantung. (Sumber: The American Journal of Clinical Nutrition Vol. 107 No. 3)

Bantu Atasi Sembelit

Manfaat minum minyak zaitun bisa untuk meredakan sembelit. Sebuah penelitian mengamati bahwa konsumsi 1 sendok teh (4 ml) minyak zaitun setiap hari membantu melunakkan feses pada pasien hemodialisis (cuci darah) yang mengalami sembelit. (Sumber: Journal of Rendal Nutrition Vol. 25 No. 1)

Penelitian lain pada 414 orang berusia di atas 50 tahun mendapati bahwa 97,7% dari mereka yang BAB lebih dari 3 kali per minggu memiliki asupan minyak zaitun yang tinggi. (Sumber: Revista Española de Enfermedades Digestivas Vol. 98 No. 6)

Namun masih butuh penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat minum minyak zaitun setiap hari bagi sistem pencernaan.

Bantu Menjaga Kesehatan Jantung

Minyak zaitun kaya kandungan asam oleat, sejenis lemak tunggal tak jenuh. Asam oleat berguna untuk kurangi risiko penyakit jantung jika dikonsumsi sebagai pengganti sumber lemak lainnya.

Lembaga Food and Drug Administration AS menyebutkan bahwa mengganti lemak dan minyak yang lebih tinggi lemak jenuhnya dengan 1,5 sendok makan (22 ml) minyak tinggi asam oleat setiap hari dapat kurangi risiko penyakit jantung.

Namun untuk mendapatkan manfaat tersebut, kalori dari asam oleat tidak boleh menambah jumlah total kalori yang Anda konsumsi per hari.

Selain itu, sebuah penelitian pada 7,447 orang mendapati bahwa mereka yang mengonsumsi setidaknya 4 sendok makan (60 ml) minyak zaitun setiap hari kemungkinannya 30% lebih kecil untuk terkena penyakit jantung, dibandingkan mereka yang diet rendah lemak. (The New England Journal of Medicine Vol. 378 No. 25)

Dan masih ada banyak penelitian lain menunjukkan bahwa orang yang lebih banyak mengonsumsi minyak zaitun punya risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Meski begitu masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat minum minyak zaitun secara langsung bagi kesehatan jantung.

Manfaat Minum Minyak Zaitun Lainnya

Di samping sejumlah manfaat yang sudah disebutkan di atas, ada juga sejumlah potensi efek positif lain dari minum minyak zaitun:

Bantu Stabilkan Gula Darah

Penelitian pada 25 orang sehat menunjukkan berkurangnya 22% kadar gula darah 2 jam setelah makan yang mengandung minyak zaitun. (Sumber: Nutrition & Diabetes Vol. 5 No. 7)

Jaga Kesehatan Tulang

Penelitian pada 523 wanita mendapati bahwa konsumsi lebih dari 20 ml minyak zaitun per hari menghasilkan kepadatan tulang yang jauh lebih besar. (Sumber: Nutrients Vol. 10 No. 8)

Kurangi Peradangan dalam Tubuh

Minyak zaitun punya kandungan-kandungan senyawa yang bermanfaat anti-peradangan, termasuk olecanthal. Senyawa ini bisa meredakan rasa sakit yang efeknya serupa dengan obat pereda nyeri yang sering dipakai. (Sumber: International Journal of Molecular Sciences Vol. 15 No. 7)

Bagaimana Cara Minum Minyak Zaitun untuk Kesehatan?

Meski minyak zaitun sangat baik untuk kesehatan, tapi masih belum ada kejelasan mengenai manfaat minum minyak zaitun secara langsung setiap hari. Masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk memastikannya.

Tapi jika Anda tertarik meminum langsung minyak zaitun, disarankan memilih jenis minyak zaitun extra virgin (extra virgin olive oil – disingkat EVOO). EVOO mengandung lemak sehat dan antioksidan yang lebih tinggi daripada jenis minyak zaitun lain yang sudah lebih banyak diolah, sehingga Anda bisa memperoleh lebih banyak manfaat.

Cara minum minyak zaitun untuk tujuan kesehatan pada umumnya adalah 1-2 sendok makan (15-30 ml) extra virgin olive oil.

Jika Anda baru pertama kali mencobanya, sebaiknya mulai dalam jumlah sedikit dulu. Cara minum minyak zaitun untuk yang baru mencoba adalah 1-3 sendok teh extra virgin olive oil.

Meski Anda bisa meminumnya kapan saja, tapi banyak orang yang memilih untuk meminumnya di pagi hari saat perut masih kosong. Tapi jika Anda tidak sanggup meminumnya saat perut kosong, sebaiknya minum minyak zaitun setelah makan.

Apakah boleh minum minyak zaitun setiap hari? Minum sedikit minyak zaitun pada umumnya tidak berbahaya atau tidak menimbulkan efek samping. Tapi beberapa orang mungkin mengalami gejala-gejala pencernaan, karena mengonsumsi sesuatu yang asing secara berlebihan dapat menyebabkan ketidaknyamanan di perut.

Selain itu, jika Anda memiliki masalah kesehatan atau sedang mengonsumsi obat yang mengubah caranya tubuh menyerap lemak (seperti obat lipase inhibitor), bicarakan dulu dengan dokter Anda sebelum melakukan perubahan pada pola makan. (Sumber: Can Olive Oil Shots Really Improve Your Skin and Reduce Bloating? – Everyday Health)

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang manfaat minum minyak zaitun. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga artikel-artikel menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}