Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Kami buka kembali tanggal 3 Juli 2017. Pembelian produk tetap bisa dilakukan melalui Lazada.co.id. atau Tokopedia.com. Terima kasih untuk pengertiannya.
Manfaat Minyak Zaitun Manfaat Minyak Zaitun shutterstock

11 Manfaat Minyak Zaitun Terbaik untuk Memelihara Kesehatan Anda!

Manfaat minyak zaitun bagi kesehatan begitu berlimpah, dan penelitian terus mengungkapkan adanya lebih banyak manfaat lagi. Sudah sejak lama, minyak zaitun dimanfaatkan sebagai bagian utama dari diet Mediterania—salah satu pola diet yang disebut paling sehat di dunia.

Tapi kita tidak akan bicara tentang diet Mediterania, karena artikel ini akan berfokus pada khasiat minyak zaitun yang cukup mengagumkan. Mari kita pelajari lebih dalam mengenai minyak berbahan dasar tanaman ini—jenis, manfaat kesehatan, dan cara menggunakannya.

Jenis-Jenis Minyak Zaitun

Sedikitnya ada 4 jenis minyak zaitun yang sering digunakan. Anda perlu tahu apa saja perbedaan dari keempat jenis minyak ini sebelum mulai menggunakannya untuk manfaat kesehatannya.

Minyak Zaitun Extra Virgin

Juga disebut Extra Virgin Olive Oil (disingkat EVOO), ini adalah jenis minyak zaitun yang paling berkualitas sekaligus yang paling mahal. EVOO sama sekali tidak melewati proses pemurnan dan yang memiliki tingkat keasaman terendah dibandingkan jenis minyak zaitun lainnya.

EVOO juga sangat kaya akan antioksidan serta memiliki jumlah mineral dan vitamin terbanyak yang ditemukan dalam zaitun. Anda sebaiknya hanya menggunakan minyak zaitun ini untuk membuat salad, karena sangat mudah hancur kandungan vitamin di dalamnya jika sedikit dipanaskan saja.

EVOO basanya memiliki warna hijau-keemasan dan akan memberikan cita rasa berbeda pada makanan Anda.

Minyak Zaitun Virgin

Juga disebut Virgin Olive Oil (VOO), ini adalah jenis minyak zaitun terbaik nomor dua setelah EVOO. VOO juga merupakan minyak zaitun yang tidak dimurnikan sehingga tidak menggunakan bahan kimia atau proses pemanasan sewaktu mengekstrasi minyak dari zaitun.

Perbedaan VOO dengan EVOO hanyalah pada tingkat keasamannya, dimana VOO memiliki tingkat keasamaan sedikit lebih tinggi. VOO bisa digunakan untuk menumis sayuran juga bisa untuk memanggang kue. Tapi jangan gunakan minyak zaitun VOO untuk menggoreng makanan.

Minyak Zaitun Sulingan

Disebut juga Refined Olive Oil (ROO), ini adalah jenis minyak zaitun yang paling banyak ditemukan di toko-toko dan harganya lebih murah daripada VOO. Tapi jika dibandingkan dengan EVOO atau VOO, minyak zaitun sulingan kalah dari segi vitamin, nutrisi, dan cita rasanya.

Minyak zaitun ini kurang mengandung antioksidan serta kemampuan anti inflamasi penting yang dimiliki oleh VOO, jadi minya ini tidak akan terasa pahit. Walaupun begitu, minyak zaitun sulingan bisa digunakan untuk memasak dan menggoreng.

Minyak Zaitun Murni

Disebut juga Pure Olive Oil (POO), ini adalah gabungan antara EVOO dengan ROO. Minyak zaitun ini juga lebih rendah kandungan nutrisinya dibandingkan VOO dan disarankan digunakan untuk kesehatan rambut serta kulit.

Tidak disarankan untuk keperluan masak, karena minyak zaitun ini akan berbau kurang enak bila dipanaskan. Tapi minyak zaitun murni sangat bagus untuk kulit kepala, rambut, dan kulit.

Jenis minyak zaitun extra virgin adalah satu-satunya jenis yang mengandung semua antioksidan serta senyawa bioaktif. Ini adalah satu-satunya minyak zaitun yang paling disarankan banyak ahli untuk memperoleh manfaat kesehatannya.

Aneka Ragam Manfaat Minyak Zaitun

Setelah memahami apa saja perbedaan dari 4 jenis utama minyak zaitun, sekarang waktunya untuk melihat apa saja khasiat minyak zaitun bagi kesehatan. Di samping kegunaannya untuk keperluan masak, ada berbagai manfaat pengobatan yang dimiliki minyak ini.

1. Mengurangi Gangguan Jantung

Minyak zaitun secara alami mengandung sekitar 70 persen asam lemak tak jenuh tunggal. Karena itu, minyak ini sanggup menurunkan kadar kolesterol dalam darah sekaligus mengurangi masalah pada jantung. Minyak zaitun mengurangi kadar kolesterol “jahat” LDL, dan di waktu bersamaan juga meningkatkan kadar kolesterol “baik” HDL.

2. Membantu Mencegah atau Mengendalikan Diabetes

Asam lemak memengaruhi metabolisme glukosa dengan cara mengubah fungsi membran sel, aktivitas enzim, sinyal insulin, juga ekspresi gen. Mengonsumsi lemak tak jenuh ganda dan/atau lemak tak jenuh tunggal memiliki manfaat positif bagi sensitivitas insulin serta dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

3. Menurunkan Kolesterol Darah

Kolesterol LDL adalah jenis kolesterol “jahat” yang meningkatkan risiko serangan jantung serta penyakit pulmonari jantung. Minyak zaitun Extra Virgin (EVOO), yang mengandung hampir 40 jenis antioksidan, membantu mengurangi efek oksidasi dari kolesterol LDL.

4. Mempertahankan Berat Badan Ideal

Menggunakan minyak zaitun sebagai ganti dari minyak biasa akan membantu program diet Anda. Bahkan berbagai penelitian menunjukkan bahwa penggunaan minyak zaitun dalam jumlah banyak sekalipun tampaknya tidak membuat berat badan bertambah.

5. Membantu Mencegah Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah salah satu penyakit neurodegeneratif yang paling umum di dunia. Salah satu pemicu utamanya adalah timbunan plak beta amiloid di dalam sel-sel otak.

Suatu penelitian pada hewan percobaan memperlihatkan bahwa substansi dalam minyak zaitun dapat membantu menghilangkan plak-plak tersebut dari sel-sel otak. Penelitian lain, kali ini pada manusia, menunjukkan bahwa diet Mediterania dengan minyak zaitun bermanfaat bagi kesehatan fungsi otak.

6. Memiliki Anti Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit paling mematikan. Menariknya, orang-orang di negara-negara Mediterania (Spanyol, Prancis, Italia, Kroasia, Yunani, Turki, dsb) diketahui memiliki risiko rendah untuk menderita kanker. Banyak peneliti yakin bahwa hal tersebut disebabkan oleh manfaat minyak zaitun sebagai anti kanker.

Kandungan antioksidan di dalamnya dapat mengurangi kerusakan oksidatif akibat radikal bebas, yang dipercaya merupakan salah satu pemicu utama kanker. Banyak penelitian lain juga memperlihatkan bahwa senyawa di dalam minyak zaitun juga membantu melawan sel-sel kanker.

7. Memiliki Anti Bakteri

Minyak zaitun mengandung banyak nutrisi yang mampu menghambat pertumbuhan atau bahkan membunuh bakteri. Termasuk bakteri Helicobacter pylori yang hidup di dalam perut dan bisa menyebabkan sakit maag serta kanker lambung.

8. Membantu Mengobati Artritis Rematoid

Artritis rematoid adalah penyakit autoimun yang dicirikan dengan cacat dan nyeri pada sendi. Diduga bahwa penyebabnya berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh yang secara keliru menyerang sel-sel sehat.

Penelitian menunjukkan bahwa suplemen minyak zaitun tampaknya memperbaiki kerusakan peradangan serta mengurangi stres oksidatid pada penderita artritis rematoid. Minyak zaitun sanggup membantu mengurangi rasa nyeri dan bengkak di persendian.

9. Membantu Mencegah Stroke

Stroke disebabkan oleh tersumbatnya aliran darah menuju otak, entah karena gumpalan darah atau karena pendarahan. Hubungan antara khasiat minyak zaitun dan risiko stroke telah dipelajari secara luas. Ada banyak penelitian besar yang memperlihatkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi minyak zaitun jauh lebih rendah risikonya mengembangkan stroke.

10. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Pola makan yang mengandung tinggi lemak sehat dapat membantu menyingkirkan dampak berbahaya pada kulit akibat paparan terhadap toksin, radikal bebas, sinar UV, serta makanan penyebab peradangan atau alergi makanan.

Sebagai sumber yang baik untuk vitamin E dan antioksidan lainnya, minyak zaitun juga bisa membantu menghidrasi kulit, mempercepat penyembuhan luka, dan membantu mengatasi infeksi atau ketidakseimbangan hormon yang memicu masalah jerawatan, eksem, dan masalah kulit lain. Karena ini, ada banyak sekali tips kesehatan kulit yang mencantumkan minyak zaitun sebagai bahan utamanya.

11. Membantu Menyeimbangkan Hormon

Jika sedang mencoba menyeimbangkan hormon serta mengurangi keluhan berkaitan dengan menstruasi, infertilitas (kemandulan), atau menopause, sebaiknya juga memasukkan banyak nutrisi serta lemak sehat.

Minyak zaitun dipenuhi dengan lemak sehat yang akan membantu mengatur kelenjar tiroid, adrenal, dan hipofisis. Semua ini bekerja sama untuk memproduksi serta menyeimbangkan hormon seks. Minyak zaitun juga mengandung vitamin E yang membantu mengatur produksi hormon estrogen.

Cara Menggunakan Minyak Zaitun

Melihat banyaknya manfaat minyak zaitun, kemungkinan Anda jadi tertarik untuk mulai menggunakan minyak zaitun. Namun ada sejumlah hal yang perlu diketahui sebelum mulai mengonsumsi atau menggunakannya.

  • Sebelum membeli minyak zaitun, baca dulu dengan teliti labelnya dan periksa apakah minyak zaitun tersebut benar-benar murni tidak dicampur dengan minyak lain yang berkualitas rendah. Jenis minyak zaitun yang terbaik minyak zaitun extra virgin (Extra Virgin Olive Oil).
  • Karena minyak zaitun sensitif terhadap sinar matahari atau cahaya sekitar, sebaiknya Anda simpan minyak zaitun di tempat yang terlindung dari cahaya apa pun dan bersuhu normal.
  • Setelah membuka kemasan botolnya, pastikan untuk menutup lagi rapat-rapat karena kualitas minyak zaitun dapat menurun jika terkena udara.
  • Jauhi minyak zaitun dari sumber panas, seperti kompor atau dari alat listrik, karena minyak zaitun sensitif terhadap panas yang akan merusak kandungan bermanfaat di dalamnya.
  • Jika ingin menggunakan minyak zaitun untuk memasak, pilihlah jenis minyak zaitun sulingan (Refined Olive Oil). Tapi sebaiknya jangan gunakan minyak zaitun dengan panas yang terlalu tinggi.
  • Jenis minyak zaitun extra virgin (Extra Virgin Olive Oil) dan minyak zaitun virgin (Virgin Olive Oil) sebaiknya digunakan hanya sebagai tambahan untuk masakan, bukan untuk menumis, menggoreng, atau memasak cara lain yang dipanaskan. Anda bisa menambahkannya pada salad atau jenis makanan lain yang cocok.

Ingatlah bahwa khasiat minyak zaitun terbaik bisa diperoleh dari jenis minyak zaitun extra virgin (Extra Virgin Olive Oil), karena minyak zaitun ini mengandung seluruh jenis antioksidan serta senyawa bioaktif.

Akan tetapi sebaiknya hati-hati sewaktu memilih minyak zaitun di toko-toko. Banyak minyak yang diberi label “extra virgin” tapi sebenarnya minyak itu sudah dicampur dengan jenis minyak lain yang berkualitas rendah. Jadi lebih baik lakukan riset terlebih dulu untuk mencari produk mana yang benar-benar membuat minyak zaitun murni tanpa campuran bahan lain.

addfriends en 130
Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silakan kunjungi halaman hotline kami »

Log In or Register