• Home
  • Blog
  • Kelor
  • Manfaat Daun Kelor untuk Kolesterol Tinggi dan Cara Mengolahnya

Manfaat Daun Kelor untuk Kolesterol Tinggi dan Cara Mengolahnya


By Cindy Wijaya

Daun kelor sudah digunakan selama berabad-abad dalam berbagai kebudayaan untuk banyak manfaat kesehatannya. Daun kelor secara tradisional digunakan untuk membantu pengobatan diabetes, kanker, nyeri sendi, dan kolesterol. Dalam artikel ini akan dikupas mengenai manfaat daun kelor untuk kolesterol tinggi.

Apakah benar daun kelor bantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah? Jika ya, apa resep daun kelor untuk kolesterol? Bagaimana cara merebus daun kelor untuk kolesterol?

Apa Manfaat Daun Kelor untuk Kolesterol Tinggi?

Daun kelor (Moringa oleifera) memiliki sejumlah kandungan yang bermanfaat sebagai penurun kadar kolesterol dalam arah. Kandungan yang terutama bertanggung jawab untuk manfaat itu adalah kandungan antioksidan flavonoid, berupa kuersetin dan vitamin C.

Berdasarkan Buku Kandungan Nutrisi Tanaman Kelor Fakultas Farmasi Universitas Surabaya tahun 2019, vitamin yang paling banyak ada dalam daun kelor adalah vitamin C. Jumlahnya sebesar 271 mg/100 gram daun kelor.

Sedangkan penelitian oleh Susanty dan rekan-rekannya pada tahun 2019 mendapati bahwa ekstrak daun kelor mengandung flavonoid kuersetin sebesar 245,771 mg/L.

Penelitian oleh Janda dan rekan-rekannya pada 2016 menjelaskan bagaimana mekanisme kedua zat itu dalam menurunkan kadar kolesterol, yaitu melalui dua cara: jalur eksogen dan endogen.

Pada jalur eksogen, flavonoid dan vitamin C menghambat katabolisme trigliserida dan HMG-CoA dengan meningkatkan kinerja enzim CYP7A1 sehingga kolesterol LDL dipecah menjadi asam empedu.

Sedangkan pada jalur endogen, flavonoid dan vitamin C menghambat regulasi PDE di dalam hati. PDE yang terhambat meningkatkan kadar cAMP yang menyebabkan pengaktifan protein kinase A (PKA) dan C/EBPα. PKA merangsang TGH yang terlibat dalam hidrolisis lipid dan C/EBPα merupakan faktor transkripsi yang mengatur serangkaian gen yang terlibat dalam metabolisme lipid.

Selain itu, berbagai peneliitan pada hewan percobaan dan juga pada manusia telah membuktikan bahwa memang ada manfaat daun kelor untuk kolesterol tinggi.

Bahkan penelitian oleh Chumark dan rekan-rekannya mendapati bahwa manfaat daun kelor untuk kolesterol tinggi setara dengan obat simvastatin. Simvastatin adalah obat kimiawi yang umum diresepkan dokter untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Bagaimana Resep Daun Kelor untuk Kolesterol?

Jadi jelas sudah bahwa memang ada manfaat daun kelor untuk kolesterol tinggi. Sekarang saatnya untuk membahas resep daun kelor untuk kolesterol.

Ada berbagai cara untuk mengolah daun kelor menjadi obat. Anda bisa mengolahnya menjadi sayur bening, teh, atau air rebusan. Cara yang paling mudah dan butuh waktu paling singkat adalah dengan merebusnya. Berikut adalah cara merebus daun kelor untuk kolesterol.

  • Siapkan 10-15 lembar daun kelor yang masih segar dan 3 gelas air.
  • Cuci daun kelor di bawah air mengalir sampai bersih.
  • Rebus daun bersama 3 gelas air dengan panci dari gerabah, keramik, atau stainless steel.
  • Rebus terus sampai airnya tersisa kira-kira 1 gelas.
  • Saring air rebusan ke dalam gelas.
  • Minumlah air rebusan daun kelor ini sekaligus habis selagi hangat.

Dalam resep daun kelor untuk kolesterol ini, aturan minumnya adalah sebanyak 1 gelas (sekitar 250 ml) diminum satu kali sehari.

Di samping mengonsumsi rebusan daun kelor, Anda juga sebaiknya mengupayakan langkah-langkah lain untuk menurunkan kolesterol hingga ke kadar normalnya.

Tips-Tips Lain untuk Menurunkan Kolesterol

Berikut adalah sejumlah tips gaya hidup yang dapat menambah efektivitas manfaat daun kelor untuk menurunkan kadar kolesterol Anda.

Konsumsi Makanan Sehat

Kurangi makanan yang mengandung lemak. Perbanyak makanan sehat seperti ikan, nasi merah, kacang-kacangan dan biji-bijan (serealia utuh), buah-buahan dan sayuran segar.

Aktif secara Fisik

Upayakan untuk olahraga setidaknya 150 menit (2,5 jam) setiap minggu. Cobalah untuk lebih sering olahraga seperti berjalan kaki cepat, berenang, dan bersepeda.

Berhenti Merokok

Merokok meningkatkan kolesterol dan membuat Anda lebih rentan terkena penyakit berat seperti serangan jantung, stroke, dan kanker.

Batasi Alkohol

Untuk orang dewasa yang sehat, batasi minuman beralkohol tidak lebih dari 1 gelas sehari untuk wanita, dan tidak lebih dari 2 gelas sehari untuk pria di bawah 65 tahun.

Apabila Anda sudah rutin minum rebusan daun kelor dan sudah mengupayakan tips-tips gaya hidup sehat, tapi kadar kolesterol tidak juga turun, sebaiknya ke dokter. Dokter dapat memberikan saran perawatan yang lebih efektif untuk menurunkan kadar kolesterol Anda.

Kesimpulan tentang Manfaat Daun Kelor untuk Kolesterol Tinggi

Apakah ada manfaat daun kelor untuk kolesterol? Ya ada. Sejumlah penelitian telah membuktikan hal ini, dan bahkan ada penelitian yang mendapati bahwa manfaat penurun kolesterol daun kelor sebanding dengan obat simvastatin.

Bagaimana resep daun kelor untuk kolesterol? Cara merebus daun kelor untuk kolesterol sangat mudah. Cukup rebus 10-15 lembar daun kelor dengan air 3 gelas. Rebus sampai airnya tinggal 1 gelas, lalu saring dan minum air rebusannya.

Di samping minum rebusan daun kelor, Anda juga perlu mengupayakan konsumsi makanan sehat, aktif secara fisik, berhenti merokok, dan membatasi alkohol. Dan sebaiknya minta saran dokter apabila kadar kolesterol tidak kunjung turun setelah mengupayakan hal-hal tadi.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang manfaat daun kelor untuk kolesterol tinggi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga artikel-artikel menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}