• Home
  • Blog
  • Kelor
  • Daun Kelor untuk Diabetes: Manfaat, Dosis, dan Cara Merebusnya

Daun Kelor untuk Diabetes: Manfaat, Dosis, dan Cara Merebusnya


By Cindy Wijaya

Pola makan dan gaya hidup sehat yang dikombinasikan dengan pengobatan dapat mengendalikan kadar gula darah pasien diabetes. Jika Anda seorang penderita daibetes, Anda perlu terus memantau kadar gula darah untuk mencegah komplikasi terkait kondisi ini. Anda juga mungkin ingin mencoba bahan-bahan alami untuk membantu mengontrol kadar gula darah.

Salah satu bahan alami yang diketahui dapat membantu penderita diabetes ialah daun dari tanaman kelor. Bahkan dipercaya bahwa air rebusan daun kelor dapat membantu mengobati penyakit diabetes. Apakah benar?

Artikel ini akan mengupas mengenai manfaat daun kelor untuk diabetes dan bukti penelitian berkenaan dengan hal ini. Jangan lewatkan juga tentang cara merebus daun kelor untuk diabetes di artikel ini.

Manfaat Daun Kelor untuk Diabetes

Daun kelor (Moringa oleifera) memiliki aktivitas anti-hiperglikemik dengan menghambat enzim glukosidase yang terdapat di usus kecil. Penghambatan enzim glukosidase ini menyebabkan penurunan laju pencernaan karbohidrat menjadi monosakarida yang dapat diserap oleh usus kecil, sehingga mengurangi hiperglikemia. Hiperglikemia adalah kondisi kadar gula darah tinggi.

Pengurangan hiperglikemia tersebut berkontribusi pada penurunan kadar hemoglobin A1C pada pasien diabetes, yang juga mengurangi risiko komplikasi pada pembuluh darah.

Penelitian melaporkan bahwa daun kelor mengandung vitamin C yang berfungsi untuk memproduksi dan mengatur hormon insulin, serta vitamin E untuk mencegah diabetes mellitus.

Penelitian Mengenai Daun Kelor untuk Diabetes

Sejumlah penelitian telah dilakukan untuk memeriksa manfaat daun kelor untuk diabetes. Salah satunya dilakukan di Indonesia, oleh Siska Sakti Angraini dan rekan-rekannya. Hasil penelitian mereka dipublikasikan pada jurnal Advances in Health Sciences Research volume 39 tahun 2021. Berikut mengenai penelitian tersebut.

Pada survei awal yang para peneliti lakukan pada 20 Desember 2019, dengan mewawancarai 10 pasien diabetes tipe 2 yang berkunjung ke Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Padang, didapati bahwa 6 pasien tidak mengetahui manfaat dan kegunaan rebusan daun kelor untuk diabetes.

Yang mereka tahu jika kadar gula darah mereka naik, mereka minum obat medis. Sedangkan 4 pasien lainnya tahu tentang rebusan daun kelor tetap karena rasanya pahit jadi mereka jarang meminumnya untuk menurunkan gula darah, sehingga mereka rutin mengonsumsi obat medis setiap hari.

Berdasarkan hal tersebut para peneliti ingin mengetahui pengaruh rebusan daun kelor terhadap kadar glukosa pasien diabetes tipe 2 di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Padang.

Populasi yang menjadi tinjauan dalam penelitian ini adalah pasien diabetes tipe 2 yang rutin melakukan pemeriksaan bulanan di tahun 2019, berjumlah 123 orang di desa Andalas dengan sampel 16 orang yang ditentukan. Semua partisipan tersebut sedang minum obat medis.

Para partisipan diberi rebusan rebusan daun kelor 1 kali sehari selama 7 hari sebanyak 250 ml. Setiap hari mereka meminumnya pada pagi hari (jam 8 pagi).

Hasil penelitian kemudian menunjukkan bahwa kombinasi obat medis dengan rebusan daun kelor lebih efektif dalam menurunkan kadar gula darah.

Daun kelor mengandung antioksidan seperti flavonoid yang membantu menurunkan kadar glukosa darah. Flavonoid dapat bekerja menyerupai insulin, yang pada akhirnya meminimalkan komplikasi diabetes serta sangat efektif dan aman dalam menurunkan kadar gula darah.

Dengan demikian para peneliti menyimpulkan bahwa konsumsi daun kelor sebanyak 250 ml (kira-kira 1 gelas) selama 7 hari dan diminum 1 kali sehari, rutin setiap pagi, terbukti menurunkan kadar gula darah pasien diabetes tipe 2.

Namun pengobatan alternatif daun kelor untuk diabetes sebaiknya dibarengi dengan pola hidup sehat, seperti penyesuaian pola makan, rutin olahraga, dan cukup tidur, agar hasilnya lebih maksimal.

Cara Merebus Daun Kelor untuk Diabetes

Untuk membuat rebusan yang bermanfaat menurunkan kadar gula darah, berikut cara merebus daun kelor untuk diabetes:

  • Siapkan daun kelor segar sebanyak 10 – 15 lembar dan air sebanyak 3 gelas.
  • Cuci semua daun kelor sampai bersih dengan air mengalir.
  • Rebus dengan 3 gelas air di dalam panci sampai mendidih.
  • Terus rebus sampai airnya tersisa sekitar 1 gelas saja.
  • Lalu saring air rebusan ke dalam gelas.
  • Minumlah ramuan daun kelor selagi hangat sekaligus habis.

Dosis daun kelor untuk diabetes adalah sebanyak 1 gelas (kira-kira 250 ml) diminum satu kali sehari. Di samping meminum ramuan ini, upayakan juga menjalankan gaya hidup sehat seperti pola makan seimbang, olahraga teratur, dan cukup tidur.

Penderita diabetes juga sebaiknya tidak menggantikan obat medis dengan pengobatan alternatif ini. Bila Anda sedang menjalani pengobatan dari dokter, disarankan berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi ramuan daun kelor.

Ilustrasi Rebusan Daun Kelor untuk Diabetes
Photo Credit: Dolly MJ /Shutterstock

Efek Samping Daun Kelor untuk Diabetes

Sejumlah penelitian pada manusia telah menguji manfaat kesehatan dari kelor, dan didapati bahwa kelor ditoleransi dengan baik tanpa efek samping yang dilaporkan. Kelor telah digunakan selama berabad-abad sebagai makanan dan sebagai obat alami tanpa efek samping yang dilaporkan juga.

Namun, karena kelor dapat menurunkan kadar gula darah, maka sebaiknya jangan sembarang menggabungkan kelor dengan obat medis untuk diabetes. Ditakutkan ada efek samping daun kelor untuk diabetes dimana kadar gula darah menjadi turun terlalu rendah (hipoglikemia).

Karena itu sebelum Anda mengonsumsi rebusan daun kelor atau bentuk herbal kelor apapun, sebaiknya bicarakan dulu dengan dokter yang memberikan pengobatan diabetes Anda.

Kesimpulan tentang Daun Kelor untuk Diabetes

Apakah benar ada manfaat daun kelor untuk diabetes? Penelitian memang menunjukkan bahwa ada manfaat daun kelor untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Bagaimana cara merebus daun kelor untuk diabetes? Cukup rebus 10 – 15 lembar daun kelor segar yang sudah dicuci bersih dengan 3 gelas air. Rebus sampai airnya tersisa 1 gelas saja, lalu saring dan ramuan daun kelor siap diminum.

Berapa dosis daun kelor untuk diabetes? Ramuan daun kelor dapat diminum sekali sehari sebanyak 250 ml (kira-kira 1 gelas) di pagi hari.

Apakah ada efek samping daun kelor untuk diabetes? Sebaiknya jangan minum kelor bersama dengan obat medis untuk diabetes, karena dapat menurunkan gula darah terlalu rendah. Konsultasikan dulu dengan dokter Anda sebelum mulai mengonsumsi daun kelor.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang manfaat kelor untuk diabetes. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda terhadap tanaman-tanaman obat yang tersedia di alam sekitar kita. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar pemanfaatan herbal hanya di Deherba.com.

Sumber

Siska Sakti Angraini, Ibrahim Ibrahim, Fanny Jesica, & Ramah Hayu. (2021). The Effect of Decoction of Moringa Leaves (Moringa Oleifera) on Blood Sugar Levels in Type II Diabetes Mellitus Patients. Advances in Health Sciences Research, 39. 88-91. https://www.atlantis-press.com/proceedings/sesicnimph-21/125962055

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>