Manfaat Bawang Putih untuk Pengobatan Dan Kesehatan

618

Diedit:

Anda mungkin tidak asing lagi dengan bumbu masak satu ini. Bawang putih sudah menjadi salah satu bumbu wajib dalam beragam jenis kuliner Nusantara. Tetapi dibalik manfaatnya sebagai bumbu masak, rupanya tersimpan pula manfaat bawang putih sebagai herbal yang kaya khasiat baik untuk menjaga kesehatan dan untuk pengobatan tradisional.

Di dunia internasional, bawang putih justru sangat populer sebagai herbal pengobatan. Seiring dengan makin berkembangnya fakta yang membuktikan bahwa bawang putih memang salah satu herbal dengan khasiat yang tinggi. Semua fakta ini terungkap dalam beragam riset yang dikembangkan di berbagai negara di dunia.

Salah satu yang menjadi ciri khas dari bawang putih adalah aroma dan rasa khasnya. Dan dari sanalah pula tersimpan rahasia manfaat bawang putih. Aroma khas dari bawang puti terbukti berasal dari senyawa khas di dalamnya bernama Allicin. Senyawa ini merupakan turunan dari senyawa Allicin yang berbaur dengan enzim alinase. Allicin ini mengandung belerang yang menyebabkan timbulnya aroma khas dari bawang putih.

Selain itu dalam bawang putih juga ditemukan sejumlah mineral seperti mangan, kalsium, magnesium, kalium, sodium, selenium, fosfor dan lain sebagainya. Juga ditemukan senyawa lain seperti minyak atsiri, ajoene dan alllii yang berperan dalam memberi rasa pedas ringan pada bawang putih.

  • Merupakan antibiotik kuat

    Allicin merupakan jenis antibiotik yang sangat efektif menyingkirkan beragam infeksi bakteri dan beberapa serangan virus. Sifatnya ganda untuk mematikan bakteri juga memacu peningkatan daya tahan tubuh.

  • Sebagai anti-radang

    Bawang putih memiliki khasiat kuat untuk mengatasi beragam infeksi dan peradangan. Baik yang berskala ringan seperti flu dan radang tenggorokan sampai peradangan berat pada lambung dan kolon. Hirup dalam-dalam aroma bawang putih mentah saja bisa membantu meredakan gejala sinusitis. Pasang selama 10 menit irisan bawang putih oleskan lumatannya pada area terinfeksi seperti di depan vagina ketik terjadi infeksi vagina atau pada mulut dalam keluhan sariawan.

  • Sebagai anti kolesterol dan hipertensi

    Terdapat kemampuan untuk melebarkan pembuluh darah dalam kandungan Allicin dan Atsiri. Ini akan membantu mengatasi aliran darah tidak lancar. Ketika aliran darah kembali lancar, otomatis endapan dalam pembuluh darah akan terangkat termasuk endapan kolesterol.

  • Baik untuk diet

    Tambahkan lebih banyak bumbu bawang putih dalam hidangan Anda selama diet. Selain karena bawang putih akan membantu menambah asupan mineral dan vitamin untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama diet, juga meningkatkan pembakaran terhadap timbunan lemak.

  • Memiliki kekuatan detoksifikasi

    Dalam Allicin ditemukan kekuatan detoksifikasi yang cukup kuat, bahkan juga mampu mengangkat toksin berat seperti logam yang masuk dari polusi. Beberapa pakar mengatakan bawang putih dapat menjadi pertolongan pertama terhadap keracunan arsenik dan merkuri. Rutin mengkonsumsi bawang putih terbukti dapat mencegah pembentukan pra kanker.

  • Merawat kesehatan kulit dan rambut

    Menurut WebMD, dikatakan bahwa terapi dengan minyak bawang putih dapat membantu menumbuhkan rambut yang rontok. Juga dapat melawan kerusakan kulit seperti karena infeksi, jamur , bisul dan jerawat. Ini karena kandungan ajoene yang berpadu dengan Allicin sebagai anti fungal, anti bakteri dan membantu merawat kerusakan jaringan kulit.

  • Meringankan kerusakan saraf

    Bawang putih terbukti membantu memperbaiki jaringan impuls saraf otak yang tidak terjalin dengan baik. Memperbaiki sistem pengiriman sinyal dan memperbaiki sel-sel saraf tepi dan otak, sehingga baik untuk keluhan saraf, hingga demensia.

  • Meredakan keluhan vertigo dan migrain

    Bawang putih sebagaimana dijelaskan baik untuk memperbaiki aliran darah termasuk menuju otak. Juga baik untuk mengatasi keluhan saraf pada otak yang kerap menjadi pemicu migraine serta vertigo.

Baca juga:  Ulasan Lengkap Manfaat Bawang Putih Untuk Mengobati Kanker

Dunia sudah duluan mengenal bawang putih sebagai salah satu herbal terbaik dalam pengobatan tradisional. Mulai sekarang, jangan hanya manfaatkan simpanan bawang putih di dapur Anda untuk bumbu masak, karena ada sederet manfaat bawang putih yang bisa Anda dapatkan darinya.

Advertisement
Alinesia