Manfaat Alami Noni Juice untuk Hindari Kebotakan

583

Diedit:

5
(1)

Kerontokan rambut adalah proses yang normal dalam siklus pertumbuhan rambut. Dalam satu periode tertentu, 90% dari rambut sedang berada dalam fase pertumbuhannya yang bisa berlangsung selama 2 hingga 6 tahun, dan yang 10% lagi adalah rambut yang berhenti bertumbuh selama 2 hingga 6 bulan dan hanya tinggal menunggu lepas, atau rontok.

Dari folikel rambut yang rontok itu biasanya rambut baru akan muncul, dan tanggalnya 50 hingga 100 rambut sehari masih dapat dikatakan tergolong normal. Jika ketebalan rambut menipis secara nyata, maka bisa jadi hal itu adalah tanda-tanda menjelang kebotakan. Meskipun tidak secara langsung berakibat pada kesehatan, proses menuju kebotakan dapat mengurangi kepercayaan diri, dan bahkan menyebabkan tekanan emosi.

Berbagai Penyebab Rontoknya Rambut Secara Signifikan

Kerontokan rambut bisa disebabkan oleh penuaan, genetik, ketidakseimbangan tiroid, pola makan yang salah, penyakit, efek hormonal dari pil KB, kehamilan, menopause, atau karena pengobatan tertentu.

Namun, yang paling umum adalah karena sifat genetis yang diturunkan yang dikenal dengan nama androgenetic alopecia (AGA). Kerontokan rambut yang disebabkan oleh AGA biasanya ditandai dengan menciutnya folikel rambut sehingga usia rambut menjadi lebih pendek.

Ditambah lagi dengan semakin pendek dan tipisnya rambut baru yang tumbuh menggantikan yang lama. Karena siklus pertumbuhannya semakin pendek dan kualitas rambut semakin menurun, lama kelamaan tidak ada rambut baru yang tumbuh menggantikan yang lama sehingga terjadilah kebotakan.

Noni Juice Sebagai Bahan Alami untuk Mengatasi Kebotakan

Buah Noni, atau produk jadinya Noni juice, merupakan bahan alami yang kaya nutrien. Noni juice mengandung 17 asam amino, termasuk asam amino esensial. Salah satu dari asam amino tersebut, yaitu L-Lysin, dapat menghambat zat yang disebut 5-alpha-reductase sehingga dapat membantu dalam mengatasi alopecia/kebotakan.

Baca juga:  7 Penyebab Umum Rambut Rontok & Cara Mengatasinya

Selain itu, Noni juga membantu mencegah kerontokan rambut dengan menghambat penyerapan DHT (dihydrotestosteron) oleh folikel. Hal itu dimungkinkan melalui proses pemblokiran reseptor androgen sehingga tidak dapat mengikat DHT.

Cara lain Noni juice dapat membantu mengatasi kebotakan adalah melalui tiga jenis kandungan lainnya, yaitu asam amino L-arginin, epigalokatekin (EGCG), dan flavonoid.

Asam amino L-arginin dibutuhkan untuk membentuk nitric oksida, yang dapat membuat rambut lebih kuat dan lebih tahan, dan bahkan merangsang pertumbuhan rambut baru.

Epigalokatekin galat (EGCG) dapat memengaruhi aktifitas 5-alfa-reduktase yang berperan dalam mengubah testosteron menjadi DHT. Karena epigalokatekin dalam buah Noni dapat mencegah pembentukan DHT, maka dengan mengonsumsi Noni juice, kebotakan dapat dicegah.

Dan terakhir, flovonoid yang terdapat dalam buah Noni dapat secara langsung merangsang pertumbuhan sel epitelial dan menghentikan efek dari TGF-beta2 yang memiliki efek menghentikan pertumbuhan rambut.

Tentu tidak ada cara permanen atau instan dalam mencegah kerontokan atau kebotakan. Semua upaya untuk itu haruslah dipadukan, antara perawatan dari luar dengan konsumsi nutrisi alami.

Nutrisi dalam buah Noni, yang telah disarikan dan disiapkan untuk langsung dikonsumsi dalam bentuk Noni juice, jelas dapat membantu mencegah dan mengatasi kerontokan rambut. Jika Anda sedang mencari-cari berbagai solusi untuk problem kerontokan rambut, tentu tidak ada salahnya untuk mencoba produk alami ini.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 tidak bermanfaat / 5 sangat bermanfaat)

Rating: 5 / 5. Pemilih: 1

Ikuti media sosial kami untuk terus terhubung dengan deherba.com!

Maaf sekali artikel ini belum bermanfaat untuk Anda

Bantu kami untuk meningkatkan artikel ini!

Beritahukan apa yang bisa kami lakukan untuk meningkatkan mutu artikel ini?