Kupas Tuntas Cara Menghilangkan Ketombe secara Alami!

493

Diedit:

Anda sedang berusaha tampil elegan dengan mengenakan busana serba gelap di acara pesta malam. Baju sudah bersih, rapih, wangi, dan semua terasa sudah sempurna. Namun sayang, seseorang yang Anda sukai diam-diam tiba-tiba menununjuk ke arah bahu, Ia menyadari ada ketombe bertaburan disana! Tentu tidak ingin ini kejadian, bukan? Karenanya, cobalah cara menghilangkan ketombe di artikel ini.

Ketombe tidaklah berbahaya, jadi Anda tidak perlu obat resep dari dokter untuk menyembuhkannya. Anda bisa mengobati masalah ketombe sendiri di rumah.

Dua cara paling sederhana dan cepat untuk mengatasi masalah ketombe ialah dengan menyikat rambut Anda dan menggunakan sampo anti ketombe.

Sikat rambut Anda dari kulit kepala sampai ke akhir rambut dengan agak keras. Cara ini dapat membawa minyak turun dari kulit kepala Anda dan melembapkan sepanjang helai rambut. Minyak tersebut dapat mencegah ketombe menempel dan menjaga rambut tetap berkilau serta sehat.

Cara Alami Menghilangkan Ketombe

  • Baking soda. Basahi rambut kemudian gosokkan segenggam baking soda ke kulit kepala Anda. Setelah itu langsung bilas rambut. Baking soda mengurangi jamur yang terlalu aktif di kulit kepala yang menyebabkan ketombe. Rambut Anda mungkin awalnya akan jadi kering, tetapi setelah beberapa minggu kulit kepala akan mulai memproduksi minyak alami dan menjadikan rambut lebih halus serta bebas ketombe.
  • Cuka apel. Cara menghilangkan ketombe dengan cuka apel bertujuan untuk mengubah pH di kulit kepala sehingga menyulitkan jamur untuk bertumbuh. Campurkanlah cuka sari apel dengan seperempat gelas air ke dalam botol semprot lalu semprotkanlah cairan itu ke kulit kepala Anda. Balut kepala Anda dengan handuk dan diamkan selama 15 menit sampai 1 jam, kemudian cuci rambut Anda seperti biasa. Lakukan cara ini 2 kali seminggu.
  • Obat kumur. Untuk mengatasi masalah ketombe yang sudah parah dan membandel, cucilah rambut Anda dengan sampo biasa kemudian bilas menggunakan obat kumur yang berbahan dasar alkohol. Lalu beri rambut kondisioner seperti biasa. Kemampuan anti-jamur yang dimiliki obat kumur bisa membantu mencegah pertumbuhan jamur penyebab ketombe.
  • Minyak kelapa. Jika ingin mencoba cara alami menghilangkan ketombe yang tidak menimbulkan bau aneh, cobalah menggunakan minyak kelapa. Sebelum keramas, pijat-pijatlah kulit kepala dengan 1 sendok makan minyak kelapa dan biarkan selama sekitar 1 jam. Setelahnya Anda boleh keramas seperti biasa. Bisa juga dengan menggunakan sampo yang sudah mengandung minyak kelapa asli.
  • Lemon. Pijatlah kepala Anda dengan 2 sendok makan air perasan lemon lalu bilas dengan air. Kemudian aduk 1 sendok teh jus lemon ke dalam segelas air dan bilas rambut dengan campuran air lemon tersebut. Ulangi cara ini setiap hari sampai ketombe menghilang. Keasaman lemon membantu menyeimbangkan pH kulit kepala Anda sehingga mencegah munculnya ketombe.
  • Garam. Taburkan garam ke kulit kepala yang kering lalu pijat-pijat kepala Anda dengan lembut. Sesudahnya Anda boleh keramas seperti biasa. Garam dapat membantu mengatasi masalah kulit kepala kering yang bersisik.

Inilah cara-cara menghilangkan ketombe yang bisa Anda coba di rumah. Apabila masalah ketombe tidak kunjung menunjukkan tanda-tanda membaik, mungkin sudah saatnya Anda berkonsultasi dengan dokter. Untuk masalah ketombe yang terlalu bandel, mungkin dibutuhkan sampo resep dokter.

Baca juga:  Cara Memilih Sampo Anti Ketombe yang Tepat!
Advertisement
Alinesia