• Home
  • Blog
  • Ketombe
  • Ketombe Berkerak di Kulit Kepala: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ketombe Berkerak di Kulit Kepala: Penyebab dan Cara Mengatasinya


By Cindy Wijaya

Banyak dari kita pernah mengalami rasa malu karena ketombe, kutu kepala, dan kulit kepala gatal. Tahukah Anda bahwa salah satu dari kondisi kulit kepala ini bisa menjadi penyebab keropeng atau ketombe berkerak di kulit kepala? Kalau Anda mengalami masalah ini dan ingin tahu cara mengatasinya, silakan baca artikel ini untuk mendapat jawabannya.

Di sini kami akan mengupas tentang apa saja penyebab keropeng menyerupai ketombe di kulit kepala serta bagaimana cara menghilangkan keropeng ini. Semoga informasi di artikel ini dapat Anda terapkan dan bisa meningkatkan kepercayaan diri Anda saat harus ada di depan banyak orang.

Apa Itu Keropeng?

Keropeng adalah bercak kecil atau besar pada kulit yang lebih kering daripada kulit di sekitarnya. Bagian kulit kepala lainnya yang sehat akan terasa halus saat disentuh, sementara bagian bercak keropengnya akan terasa berkerak dan kasar.

Bercak keropeng bisa kecil ukurannya dan saling berjaruhan, atau ada beberapa bercak yang berdekatan dan membentuk keropeng yang berukuran besar.

Apa Penyebab Ketombe Berkerak di Kulit Kepala?

Ada beberapa jenis keropeng di kulit kepala, yang penyebabnya berbeda-beda. Berikut adalah sejumlah penyebab ketombe berkerak di kulit kepala:

Kutu Kepala


Kutu kepala bisa menyebar dari kepala ke kepala. Kutu kepala bisa menimbulkan rasa gatal dan jika digaruk terlalu keras atau terlalu lama, bisa menyebabkan keropeng yang bisa terinfeksi.

Namun kutu ini tidak akan menyebabkan penyakit serius dan tidak menyebabkan luka serius. Memang mereka perlu diatasi dan dihilangkan sepenuhnya karena tidak higienis dan bisa menimbulkan rasa malu.

Cara Menghilangkan Ketombe Berkerak di Kepala Akibat Kutu

Ada beberapa sampo dan obat yang dibuat khusus untuk mengobati kutu kepala. Carilah yang punya komposisi kandungan seperti pyrehrin, dimethicone, dsb. Setelah dilepaskan dari kepala dan rambut, mereka akan mati dalam beberapa hari karena kelaparan.

Herpes Zoster


Virus varicella-zoster, virus yang sama dengan yang menyebabkan cacar air, dapat menyebabkan penyakit herpes zoster. Bila virus penyebab cacar air ini masih berdiam dalam tubuh, meski tidak aktif, namun sewaktu-waktu dapat kembali aktif dan mengakibatkan herpes zoster.

Penyakit ini kadang memengaruhi kulit kepala juga. Gejalanya bisa berupa lepuh kecil yang menjadi kuning dan berkerak seiring waktu. Ruam herpes zoster bisa terasa sakit, dan dapat menyebabkan sakit kepala atau kelemahan di wajah. Kondisi ini bahkan bisa bertahan hingga berbulan-bulan.

Cara Menghilangkan Ketombe Berkerak di Kepala Akibat Herpes Zoster

Pengobatan untuk herpes zoster harus dilakukan oleh dokter. Biasanya dokter akan menggunakan salep, obat antiviral, dan obat pereda rasa sakit.

Eosinophilic Folliculitis


Ini adalah kondisi kesehatan yang menyebabkan luka berisi nanah yang terasa gatal. Saat sudah sembuh, eosinophilic folliculitis meninggalkan bercak kulit gelap. Kondisi ini terjadi pada seorang penderita HIV yang sudah dalam tahap lanjut. Keropeng yang ditimbulkannya bisa menyebar dan kambuh kembali.

Cara Menghilangkan Ketombe Berkerak di Kepala Akibat Eosinophilic Folliculitis

Pengobatan eosinophilic folliculitis harus dilakukan oleh dokter. Dokter akan meresepkan obat yang disesuaikan dengan penyakit lain yang dimiliki pasiennya. Mungkin termasuk obat table untuk mengendalikan infeksi dan mengurangi rasa sakit, serta obat salep dan sampo untuk meredakan ketombe berkerak.

Dermatitis Kontak


Reaksi tubuh terhadap bahan kimia seperti yang ada pada kosmetik, pewarna rambut, atau sampo dapat memicu dermatitis kontak. Faktor penyebab lainnya juga termasuk kain tertentu, perhiasan, dan racun tanaman. Jika digaruk, bisa berdarah dan memicu pembentukan keropeng yang akan menjadi penyebab ketombe berkerak di kulit kepala.

Cara Menghilangkan Ketombe Berkerak di Kepala Akibat Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak biasanya dapat hilang dengan sendirinya. Tetapi jika reaksinya cukup parah, Anda bisa mengonsumsi obat antihistamin untuk meredakannya. Atau Anda bisa pergi ke dokter untuk mendapat obat resep.

Dermatitis Seboroik


Dermatitis seboroik merupakan salah satu kondisi kulit paling umum yang dapat menjadi penyebab ketombe berkerak di kulit kepala. Gatal, keropeng, dan serpihan kulit kering yang rontok dan menempel di rambut adalah gejalanya. Keropeng itu mungkin warnanya kekuningan atau keputihan. Dermatitis seboroik tidak menular.

Tidak seperti yang banyak orang kira, penyebab dermatitis seboroik bukanlah kebersihan yang buruk. Penyebab pastinya tidak diketahui. Keramas setiap hari juga bukan jaminan Anda bisa bebas ketombe.

Cara Menghilangkan Ketombe Berkerak di Kepala Akibat Dermatitis Seboroik

Ada beberapa sampo yang dibuat khusus untuk mengatasi ketombe. Beberapa obat salep dan losion juga dapat digunakan sebagai pengobatan tambahan. Saat Anda memilih sampo untuk menghilangkan ketombe berkerak di kulit kepala, carilah yang mengandung bahan seperti salicylic acid, selenium sulfide, pyrithione zinc, dan tar.

Ada juga sampo resep yang mengandung ketoconazole. Tetapi bahan kandungan ini bisa menyebabkan iritasi dan gatal, juga bisa mengubah kondisi dan tekstur rambut jika digunakan dalam jangka panjang. Jika gejalanya berlanjut, sebaiknya periksakan ke dokter kulit.

Dermatitis seborik bisa dikendalikan, tergantung pada tingkat keparahannya. Ini bisa memakan waktu beberapa bulan hingga beberapa tahun. Dalam beberapa kasus, ketombe tetap jadi masalah seumur hidup, meski tingkat keparahan dan penampilannya mungkin mereda dan memburuk berkali-kali.

Psoriasis Kulit Kepala


Ini adalah kondisi kulit tidak menular yang dapat memengaruhi semua bagian kulit di badan. Jika memengaruhi kulit kepala, gejalanya adalah keropeng tebal di seluruh kulit kepala. Keropeng itu mungkin berwarna putih, perak, atau abu-abu.

Cara Menghilangkan Ketombe Berkerak di Kulit Kepala Akibat Psoriasis

Kalau gejalanya tidak terlalu parah, dokter dapat meresepkan sampo obat untuk menghilangkan ketombe berkerak di kulit kepala dan rasa gatalnya. Sampo untuk mengobati keropeng akibat psoriasis harus mengandun tar dan salicylic acid.

Jika gejalanya semakin parah, atau sampo tidak bisa mengurangi rasa gatal, dokter mungkin akan meresepkan obat steroid dalam bentuk salep atau suntikan. Kadang gejalanya termasuk membengkaknya kelenjar getah bening, dan dalam kasus ini dokter mungkin meresepkan krim anti-mikroba.

Eksem Seboroik


Kondisi kulit yang penyebabnya belum diketahui ini dapat menimbulkan keropeng di kulit kepala. Keropeng itu biasanya sangat gatal dan kulit kepala bisa menjadi merah. Jika sudah parah, eksem seboroik bisa menyebar ke bagian tubuh lain, dimulai dari leher, area di belakang telinga, dan wajah.

Cara Menghilangkan Ketombe Berkerak di Kepala Akibat Eksem Seboroik

Cara terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter kulit untuk kondisi ini. Ia bisa meresepkan salep untuk meredakan gejala-gejala. Jika Anda mencari sampo untuk mengatasi keropeng di kulit kepala, carilah yang mengandung tar, salicylic acid, atau selenium sulfide.

Jerawat


Biasanya jerawat ada di wajah dan disebabkan oleh pori-pori tersumbat, tetapi bisa juga muncul di kulit kepala akibat sumbatan pada folikel rambut. Sumbatan itu bisa karena keringat, minyak, sel-sel mati, atau infeksi bakteri, yang akan menimbulkan jerawat dan keropeng di kulit kepala.

Cara Menghilangkan Ketombe Berkerak di Kepala Akibat Jerawat

Sampo obat dan sering keramas adalah cara untuk mengurangi munculnya keropeng dan jerawat di kulit kepala. Tapi jika kondisinya sudah parah, dokter kulit dapat meresepkan obat anti-jerawat atau bahkan antibiotik.

Impetigo


Kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri di kulit. Gejalanya berupa luka dan lecet. Luka biasanya terasa gatal dan muncul di wajah, juga area di sekitar mulut. Mereka mungkin juga muncul di kulit kepala atau di sepanjang garis rambut.

Infeksi ini disebabkan oleh bakteri Staphylococcus atau Streptococcus yang masuk melalui luka atau lecet. Ini adalah kondisi yang sangat menular dan bisa menyebar dari orang ke orang. Ini sering terjadi di antara anak-anak kecil.

Cara Menghilangkan Ketombe Berkerak di Kepala Akibat Impetigo

Infeksi ringan biasanya hilang dengan sendirinya. Namun jika infeksinya sedang atau parah, mungkin membutuhkan penanganan dokter. Dokter bisa meresepkan krim atau losion antibiotik dan tablet untuk mengontrol dan mencegahnya menjadi lebih parah.

Kurap Kulit Kepala


Infeksi jamur menyebabkan kondisi yang disebut kurap. Jika terjadi di kulit kepala, itu bisa memicu ruam yang terasa sangat gatal dan berwarna merah.

Cara Menghilangkan Ketombe Berkerak di Kulit Kepala Akibat Kurap

Penting untuk mengobati kurap dengan perawatan medis, karena kondisi ini membutuhkan obat resep. Dokter kulit bisa meresepkan pengobatan yang tepat sesuai dengan kondisi kurap yang Anda alami.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang 10 penyebab ketombe berkerak di kulit kepala. Keropeng di kulit kepala ini bisa terbentuk karena berbagai alasan, yang paling umum adalah dermatitis seboroik. Namun dengan perawatan yang tepat, keropeng dapat diatasi sebelum bertambah parah. Dan jika dirasa perlu atau jika kondisinya sudah serius, jangan ragu untuk periksa ke dokter kulit.

Sumber

Sumber Referensi:

Medical News Today. What can cause sores or scabs on the scalp?. URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/323588

Healthline. Scabs and Sores on Scalp: Causes and Treatment. URL: https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/scalp-scabs

SkinKraft. Scabs On The Scalp: 10 Causes & Their Treatments. URL: https://skinkraft.com/blogs/articles/scabs-on-scalp

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>