Khasiat Lidah Buaya bagi Kesehatan Anda!

663

Sudah banyak yang mengetahui bahwa lidah buaya merupakan salah satu herbal dengan khasiat menakjubkan. Tanaman ini bagian dari keluarga lili yang memiliki ciri khas duri di sepanjang daunnya. Meskipun bukan obat mujarab, tetapi lidah buaya memiliki nutrisi yang dapat secara signifikan membant menyembuhkan dan memelihara kesehatan. Apa saja khasiat lidah buaya bagi kesehatan?

Lidah buaya mengandung lebih dari 200 bahan aktif termasuk beragam vitamin, mineral, asam amino, enzim, polisakarida, dan asam lemak—tidak mengherankan apabila lidah buaya dipercaya sebagai herbal serbabisa. Sebagian besar daun lidah buaya berisi lendir yang terdiri dari 99% air. Berikut adalah beberapa khasiat lidah buaya yang menakjubkan.

Penetral Racun

Lidah buaya (Aloe vera) dapat menjadi pilihan alami untuk detoksifikasi. Karena kita hidup di lingkungan yang penuh polusi, stres, dan makanan junk, kita perlu rutin membersihkan sistem tubuh. Jus lidah buaya ialah pilihan yang ideal karena mengandung banyak vitamin dan mineral untuk membantu tubuh menghadapi ketegangan dan stres sehari-hari.

Kesehatan Jantung

Sejumlah riset memperlihatkan bahwa ketika dokter menyuntikkan ekstrak aloe vera ke aliran darah, ini melipatgandakan kemampuan difusi sel darah merah serta penyaluran oksigen. Nutrisi-nutrisi dalam lidah buaya sanggup menyeimbangkan tekanan darah, memperbaiki oksidasi dan sirkulasi darah, menurunkan kolesterol, serta mengencerkan darah.

Penurun Berat Badan dan Penambah Energi

Ketika Anda minum jus lidah buaya, tubuh bisa secara alami membersihkan sistem pencernaannya. Dengan mengonsumsi lidah buaya secara rutin, Anda juga bisa mencegah cepat kelelahan dan keletihan saat berolahraga atau beraktivitas biasa. Memiliki tubuh yang fit dan pencernaan yang lancar merupakan bagian penting dalam menjaga berat badan tetap terkontrol.

Kesehatan Gigi

Khasiat lidah buaya berikutnya ialah menjaga kesehatan mulut dan gusi. Bukan hanya memberikan manfaat anti-mikroba dan anti-bakteri alami, tetapi juga mengandung vitamin dan mineral yang mendorong pertumbuhan dan proses penyembuhan dari sel-sel terkait. Inilah alasannya mengapa ada produk pasta gigi berbahan utama aloe vera yang dikhususkan untuk menyembuhkan sariawan dan gusi berdarah.

Sebagai Anti-Inflamasi

Lidah buaya mengandung 12 zat berbeda yang sanggup mengurangi dan mencegah peradangan, tanpa efek samping merugikan. Bahkan Anda dapat memanfaatkannya untuk membantu penyembuhan sendi-sendi yang bengkak, kaku, atau terasa nyeri.

Sebagai Adaptogen

Apa artinya adaptogen? Ini memaksudkan sesuatu yang mendongkrak kemampuan alami tubuh untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan serta mencegah penyakit. Diyakini bahwa fungsi adaptogen lidah buaya mampu menyeimbangkan sistem tubuh, merangsang mekaniskme pertahanan dan membantu proses adaptasi (misalnya terhadap perubahan cuaca ekstrim). Semua ini memungkinkan Anda tetap kuat menghadapi tekanan—entah itu tekanan fisik atau emosional—serta polusi lingkungan.

Prinsip mengonsumsi herbal adalah seimbang—artinya tidak terlalu sering—prinsip yang juga berlaku untuk lidah buaya. Khasiat lidah buaya dapat menghilang atau malah berubah negatif jika Anda mengonsumsinya terlalu berlebihan. Jadi, carilah sebanyak mungkin informasi atau konsultasi dengan pakar kesehatan mengenai sebarapa banyak lidah buaya yang bisa Anda konsumsi.