Kanker Sarkoma Ewing

468
Kanker Sarkoma Ewing
Sumber Gambar: Shutterstock

Diedit:

Tahukah Anda bahwa dokter sedang berupaya untuk mempelajari lebih lanjut tentang kanker sarkoma ewing? Yang termasuk dipelajari dari kanker sarkoma ewing adalah cara terbaik untuk mengobatinya, dan bagaimana memberikan perawatan terbaik untuk anak-anak dan remaja yang didiagnosis dengan penyakit ini. Bagaimana dengan Anda?

Temukan info selengkapnya mengenai kanker sarkoma ewing dalam keterangan berikut. Dapatkan tambahan wawasan mengenai indikasi, penyebab, pengobatan dan alternatif yang tersedia untuk dapat kembali pulih dari serangan kanker.

Kenali dan Kupas Tuntas Kanker Sarkoma Ewing!

Sarkoma Ewing adalah klasifikasi tumor yang bersifat kanker pada tulang atau jaringan lunak yang tergolong langka. Sebagian besar kasus kanker sarkoma ewing terjadi pada orang muda. Studi pengamatan pada penduduk Amerika memperlihatkan bahwa 1 dari setiap 1 juta penduduk mengalaminya. Tetapi untuk remaja berusia 10 hingga 19 tahun, kasus ini melonjak menjadi sekitar 10 kasus per 1 juta pnduduk dalam kelompok usia tersebut. Ini berarti bahwa sekitar 200 kasus diagnosis kanker sarkoma ewing terjadi di Amerika Serikat setiap tahun.

Penyakit kanker ini dinamai sesuai dengan nama dokter Amerika James Ewing yang pertama kali menemukan kondisi tersebut pada tahun 1921. Hingga kini keberadaan penyakit kanker jenis ini membang belum diketahui pastinya. Sehingga sulit untuk melakukan tindakan pencegahan agar sel kanker tidak tumbuh. Namun, penyakit ini bisa diatasi, apabila belum bertambah parah. Sehingga pemulihan sepenuhnya dapat dimungkinkan.

Seiring berkembangnya perawatan medis, maka harapan bagi penderita sarkoma Ewing turut membaik. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk melakukan konsultasi dengan Dokter untuk memperoleh informasi tentang pandangan individu dan harapan hidup Anda. Menurut laporan The American Cancer Society angka kelangsungan hidup 5 tahun untuk orang-orang yang memiliki tumor lokal adalah sekitar 70 persen.

Jenis Kanker Sarkoma Ewing

Sarkoma Ewing adalah bagian dari kelompok kanker yang mempengaruhi tulang atau jaringan lunak di sekitarnya. Kanker terjadi ketika sel-sel sehat berubah dan tumbuh di luar kendali, membentuk massa yang disebut tumor. Tumor bisa bersifat kanker atau jinak. Tumor kanker adalah ganas, artinya dapat tumbuh dan menyebar ke bagian lain dari tubuh. Tumor jinak berarti tumor bisa tumbuh tetapi tidak akan menyebar. Jenis kanker sarkoma ewing dikategorikan berdasarkan tempat dimulainya kanker dan penyebarannya. Setidaknya Ada tiga jenis kanker yaitu:

  • Sarkoma Ewing yang terlokalisasi: Kanker belum menyebar ke area lain dari tubuh.
  • Sarkoma Ewing Metastatik: Kanker telah menyebar ke paru-paru atau tempat lain di tubuh.
  • Sarkoma Ewing Berulang: Kanker tidak menanggapi pengobatan atau kembali setelah pengobatan yang berhasil. Paling sering kambuh di paru-paru.

Selain itu, sarkoma Ewing berkembang di tempat yang berbeda bergantung pada jenisnya. Misalnya; pada tulang yang paling sering berkembang di kaki, panggul, tulang rusuk, lengan, atau tulang belakang. Pada jaringan lunak di luar tulang, biasanya ditemukan di paha, panggul, tulang belakang, dinding dada, atau kaki. Maka penting untuk mengenali keberadaannya dan segera melakukan pemeriksaan medis.

Baca juga:  Kanker Otot, Kenali Gejala-Gejalanya Sejak Awal

Indikasi Kanker

Anak-anak dan remaja yang mengalami kanker sarkoma Ewing mungkin mengalami gejala atau tanda berikut. Namun, kadang-kadang penderita sarkoma Ewing tidak mengalami gejala yang dirasa penderita lainnya. Atau, sekalipun ada bisa jadi menjadi indikasi kondisi medis yang berbeda non-kanker. Hal ini tentu sagat membingungkan, namun dokter dapat membantu Anda mengenali ciri-ciri sarkoma ewing tersebut.

Secara umum indikasi dapat berupa kaku, nyeri, bengkak, atau nyeri di jaringan sekitar tulang. Sekitar 85% anak-anak dan remaja penderita sarkoma Ewing merasakan sakit yang bisa datang dan pergi, dengan kondisi tidak begitu parah yang terjadi di malam hari. Benjolan di dekat permukaan kulit mungkin terasa hangat dan lembut saat disentuh. Demam yang tidak kunjung sembuh. Tumor yang tumbuh di tulang dapat menyebabkan tulang menjadi lemah atau patah.

Ketika Anda menderita Ewing, Anda mungkin merasakan sakit, bengkak, atau kaku di area (lengan, kaki, dada, punggung, atau panggul) selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Benjolan ini bisa keliru dengan memar. Pada anak-anak, Anda mungkin salah mengiranya karena cedera olahraga. Gejala lain termasuk: pincang karena kaki Anda sakit, nyeri tulang yang memburuk saat Anda berolahraga atau di malam hari, penurunan berat badan, selalu lelah, anemia, kelumpuhan atau kehilangan kontrol kandung kemih jika tumornya dekat tulang belakang Anda.

Penyebab Kanker

Penyebab pasti dari kanker sarkoma Ewing tidak jelas. Kondisi ini tidak diwariskan, tetapi itu dapat dikaitkan dengan terjadinya perubahan gen tertentu sekalipun tidak diwariskan selama masa hidup seseorang. Ketika kode genetika kromosom 11 dan 12 bertukar, maka kondisi ini akan mengaktifkan pertumbuhan sel secara berlebihan. Ini dapat mengarah pada pengembangan sarkoma Ewing. Penelitian untuk menentukan sel tertentu sebagai asal-muasal sarkoma Ewing hingga kini masih dilakukan para peneliti.

Sarkoma Ewing dapat terjadi pada usia berapa pun. Namun lebih dari setengah (50%) orang dengan sarkoma Ewing berusia antara 10 dan 20, dengan usia rata-rata 15 tahun. Sarkoma Ewing lebih umum di antara anak laki-laki daripada perempuan. Sarkoma Ewing paling sering terjadi pada orang kulit putih dan jarang pada orang kulit hitam di Amerika Serikat maupun Afrika. Sarkoma Ewing telah dilaporkan terjadi di Jepang dan jarang terjadi di Cina.

Sekalipun, tidak jelas apa yang menyebabkan sarkoma Ewing dan bukan karena faktor warisan keluarga. Tampaknya DNA sel berubah setelah lahir, kemudian mengarah pada kondisi sarkoma Ewing. Mengapa itu terjadi masih belum diketahui. Satu kemungkinan bahwa kanker sarkoma ewing bisa muncul kembali menjadi kanker kedua pada orang yang telah berhasil diobati dengan radiasi saat menjalani pengobatan jenis kanker lainnya.

Baca juga:  Kanker Sarkoma, Kanker yang Bisa Muncul Dimanapun

Pengobatan Kanker

Pengobatan untuk sarkoma Ewing tergantung pada di mana asal, ukuran, dan penyebaran kanker. Biasanya, perawatan melibatkan satu atau kombinasi, termasuk: kemoterapi, terapi radiasi, operasi, terapi proton yang ditargetkan, atau kemoterapi dosis tinggi dikombinasikan dengan transplantasi sel induk.

Para peneliti dalam satu studi 2004 menemukan bahwa terapi kombinasi seperti ini berhasil. Mereka menemukan pengobatan yang tepat mampu menghasilkan tingkat kelangsungan hidup 5 tahun dengan persentase lebih baik yaitu sekitar 89 persen dan tingkat kelangsungan hidup 8 tahun sekitar 82 persen.

Tergantung pada lokasi tumor, perawatan lebih lanjut mungkin diperlukan setelah operasi untuk mengganti atau mengembalikan fungsi anggota tubuh. Pengobatan untuk sarkoma Ewing yang telah bermetastasis dari situs asli mirip dengan penyakit lokal, tetapi dengan tingkat keberhasilan yang jauh lebih rendah.

Para peneliti dalam satu studi 2010 melaporkan bahwa tingkat kelangsungan hidup 5 tahun setelah pengobatan untuk kanker sarkoma Ewing yang bermetastasis adalah sekitar 70 persen. Tidak ada pengobatan standar untuk sarkoma Ewing berulang. Pilihan pengobatan bervariasi tergantung di mana kanker muncul kembali dan apa saja pengobatan sebelumnya.

Pengobatan Kanker Sarkoma Ewing Secara Alami

Walaupun pengobatan berhasil untuk sebagian besar anak-anak dan remaja dengan kanker, kadang-kadang tidak. Jika sarkoma Ewing tidak dapat disembuhkan atau dikendalikan, ini disebut penyakit lanjut atau terminal. Namun, penting untuk melakukan percakapan terbuka dan jujur dengan dokter dan tim perawatan kesehatan anak Anda untuk mengekspresikan perasaan, preferensi, dan kekhawatiran keluarga Anda.

Perawatan rumah sakit adalah jenis perawatan paliatif untuk orang-orang yang diharapkan hidup kurang dari 6 bulan. Ini dirancang untuk memberikan kualitas hidup terbaik bagi orang-orang yang mendekati akhir kehidupan. Konsumsi herbal kanker juga dapat dilakukan untuk mengurangi gejala layaknya perawatan paliatif. Namun, selalu pastikan konsumsi herbal yang Anda pilih aman dan berkhasiat.

Itulah beragam informasi sehubungan dengan kanker sarkoma ewing. Percayakan perawatan Anda pada tim kesehatan yang dengan keterampilan, pengalaman, dan pengetahuan khusus berupaya untuk mendukung pasien dan keluarga penderita. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika ada yang tidak Anda mengerti.

Pastikan agar pasien merasa nyaman secara fisik dan bebas dari rasa sakit, hal ini merupakan bagian penting dari perawatan penderita kanker sarkoma ewing stadium akhir. Pelajari lebih lanjut tentang cara merawat anak yang sakit parah dan perencanaan perawatan kanker lanjutan.


Linda Bernstein, PharmD. What Is Ewing’s Sarcoma? November 07, 2016. URL: https://www.webmd.com/cancer/ewings-sarcoma#1.


Advertisement
Alinesia