Sarkoma Ewing: Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

626
Ilustrasi Kanker Sarkoma Ewing
Credit Photo: FatCamera / iStock

Apa itu kanker sarkoma Ewing? Kanker sarkoma Ewing adalah penyakit kanker langka yang biasanya mulai bertumbuh di tulang. Jenis kanker ini terutama dialami oleh anak-anak dan anak muda, yang sering kali mulai muncul sejak usia remaja. Baca di sini penjelasan tentang penyebab, gejala, dan pengobatan kanker sarkoma ewing.

Sarkoma Ewing bisa menjadi sangat agresif, tapi dapat diobati dengan efektif. Karena itu kita harus mengetahui apa saja gejala-gejala dari kanker ini dan segera mendapat perawatan sebelum kankernya menyebar.

Apa Itu Kanker Sarkoma Ewing?

Kanker sarkoma Ewing adalah jenis kanker langka yang biasanya dimulai di tulang, dan sebagian besar terjadi pada anak-anak, remaja, dan orang dewasa muda (awal hingga pertengahan usia 20-an). Nama sarkoma Ewing diambil dari nama seorang dokter yang pertama kali mendeskripsikan penyakit ini pada tahun 1921, yaitu Dr. James Ewing.

Walaupun sarkoma Ewing dapat muncul di tulang manapun, tetapi yang paling sering adalah tulang paha (femur), tulang kering (tibia) yang menghubungkan lutut dengan tulang pergelangan kaki, dan tulang lengan atas (humerus). Tulang panggul juga cukup sering terkena kanker ini. Dan kadang, tumor sarkoma Ewing mulai muncul pada otot-otot dan jaringan lunak (ini disebut “sarkoma Eosea ekstraoseus”).

Sarkoma Ewing dapat menyebar (metastasis) ke bagian-bagian tubuh lain, misalnya ke paru-paru, tulang sumsum, dan ke jaringan-jaringan lunak lain.

Ilustrasi Metastasis Sarkoma Ewing di Paru-Paru
Gambar Mikroskop dari Metastasis Sarkoma Ewing di Paru-Paru (Credit Photo: Nephron – Wikimedia Commons, CC BY-SA 3.0)

Jika dibandingkan dengan kanker-kanker lainnya, tumor ganas pada tulang seperti sarkoma Ewing adalah jenis yang langka. Namun dari antara jenis-jenis tumor tulang yang langka, sarkoma Ewing adalah jenis kanker paling banyak kedua yang diderita anak-anak dan orang dewasa muda.

Belakangan ini, para dokter mengelompokan penyakit ini ke dalam empat jenis kanker, yang disebut sebagai Keluarga Tumor Ewing (Ewing Family of Tumors). Yang termasuk Keluarga Tumor Ewing yaitu sarkoma Ewing tulang, sarkoma Ewing jaringan lunak, primitive neuroectodermal tumor (PNET) yang dapat muncul di tulang maupun jaringan lunak, serta tumor Askin (PNET pada tulang-tulang dada).

Apa Penyebab Kanker Sarkoma Ewing?

Sampai saat ini para ahli masih belum memahami dengan jelas apa penyebab dari kanker sarkoma ewing. Kebanyakan jenis kanker diketahui muncul dari jenis jaringan atau organ tertentu. Contohnya kanker payudara muncul dari sel-sel payudara. Dalam kasus sarkoma Ewing, para ahli masih belum mengetahui apa tepatnya jenis sel yang menjadi awal kemunculan sarkoma Ewing.

Apa yang saat ini telah diketahui dari sarkoma Ewing adalah bahwa kanker mulai terbentuk sewaktu terjadi perubahan pada kromosom-kromosom di dalam sebuah sel. Pada sel-sel sarkoma Ewing, materi genetik dalam kromosom #11 dan #22 tidak cocok. Kelainan genetik ini tidak diwariskan dari orang tua ke anak, melainkan terjadi semasa kehidupan seseorang.

Baca juga:  Liposarkoma: Penyebab, Gejala, dan Saran Herbalnya

Para ahli masih belum memahami mengapa kelainan genetik itu bisa terjadi. Juga belum ada faktor-faktor risiko yang diketahui untuk sarkoma Ewing; faktor risiko adalah faktor yang membuat seseorang lebih riskan mengembangkan kanker ini daripada orang lain.

Tidak ada pola makan, pola hidup, atau kebiasaan hidup yang diketahui menjadi penyebab dari berkembangnya kanker sarkoma Ewing. Dan belum diketahui cara untuk mencegah penyakit ini.

Bagaimana Gejala Kanker Sarkoma Ewing?

Tanda atau gejala kanker sarkoma Ewing yang harus diwaspadai adalah pembengkakan dan rasa sakit di area munculnya kanker ini. Namun gejala ini juga dapat disebabkan oleh penyakit atau masalah kesehatan lain. Jadi coba perhatikan apakah ada gejala-gejala lain yang menyertainya untuk dapat dicurigai sebagai kanker sarkoma Ewing. Berikut adalah gejala-gejala umum dari kanker sarkoma Ewing:

  • Rasa sakit dan/atau pembengkakan, biasanya di lengan, kaki, dada, punggung, atau panggul.
  • Muncul benjolan (yang mungkin terasa lembut dan hangat) di lengan, kaki, dada, atau panggul.
  • Mengalami demam tanpa sebab yang jelas.
  • Tulang patah atau retak tanpa sebab yang jelas.

Segera periksakan ke dokter apabila Anda melihat adanya gejala-gejala di atas pada diri Anda atau anak Anda. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk melihat apakah gejala itu benar-benar adalah indikasi dari kanker sarkoma Ewing atau bukan.

Jika ada indikasi kanker, dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan lanjutan dengan tes pencitraan (imaging) untuk memastikannya. Tes pencitraan yang mungkin akan dilakukan oleh dokter misalnya pemindaian (scan) tulang, CT scan, MRI, atau pemeriksaan sinar-X.

Ilustrasi Gejala Kanker Sarkoma Ewing
Hasil Pemindaian Menunjukkan Tumor Sarkoma Ewing (Credit Image: Redini F & Heymann D, 2015)

Bila dipastikan adanya keberadaan tumor, dokter mungkin akan melakukan biopsi untuk mengambil sampel jaringan tumor tersebut. Sampel akan diperiksa di laboratorium untuk dilihat apakah di dalamnya terdapat sel-sel kanker.

Jika dibutuhkan dokter juga mungkin akan merekomendasikan pemeriksaan-pemeriksaan lain, seperti tes darah, biopsi tulang sumsum, atau tes pemindaian lain. Pemeriksaan-pemeriksaan itu dapat membantu memastikan apakah kanker telah menyebar ke lokasi lain dalam tubuh.

Bagaimana Pengobatan Sarkoma Ewing?

Ada jenis-jenis pengobatan berbeda yang tersedia untuk mengatasi sarkoma Ewing. Sering kali pengobatan sarkoma Ewing melibatkan para dokter dari berbagai spesialis, termasuk onkolog bedah ortopedi, onkolog medis anak (pedriatik) atau dewasa, onkolog radiasi, ahli patologi, dan ahli radiologi. Kebanyakan pasien akan ditangani di rumah sakit besar atau pusat kanker.

Pengobatan utama untuk kanker sarkoma Ewing adalah kemoterapi, operasi bedah, dan terapi radiasi (radioterapi). Perawatan-perawatan ini sering digunakan sebagai kombinasi satu sama lain. Baik operasi maupun radiasi efektif untuk menghilangkan tumor utama. Sering kali dokter melakukan operasi untuk mengangkat tumor. Radiasi digunakan hanya jika operasi tidak bisa sepenuhnya menghilangkan tumor atau ada risiko akan merusak fungsi di bagian tubuh yang terkena. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing perawatan:

  • Kemoterapi: Menggunakan obat-obatan untuk membunuh sel-sel kanker. Umumnya ini adalah perawatan pertama untuk kanker sarkoma Ewing.
  • Radiasi: Membunuh sel-sel kanker menggunakan radiasi energi tinggi. Kadang dokter menggunakan terapi radiasi untuk mengecilkan tumor atau menghambat penyebarannya.
  • Operasi: Kadang dokter melakukan operasi bedah untuk mengangkat tumor. Jika dokter harus ikut mengangkat sebagian besar tulang yang terkena kanker, mungkin beliau menyarankan untuk menggantinya dengan cangkok tulang atau tulang buatan.
Baca juga:  Angiosarkoma, Kanker Sarkoma di Pembuluh Darah

Perawatan atau kombinasi perawatan yang digunakan bergantung pada seberapa jauh kanker telah menyebar, dan bagaimana kondisi keseluruhan dari pasien itu sendiri. Hasil dari perawatan-perawatan itu biasanya cukup baik. Setelah menyelesaikan semua perawatan utama, pasien biasanya akan diminta mengikuti perawatan lanjutan untuk melihat apakah kanker kambuh kembali.

Kesimpulan tentang Sarkoma Ewing

Apa itu kanker sarkoma Ewing? Ini adalah jenis penyakit kanker langka yang sering kali berawal dari tulang. Kadang sarkoma Ewing juga berawal dari jaringan lunak. Sarkoma Ewing paling sering diderita oleh anak remaja dan orang dewasa muda (awal hingga pertengahan usia 20-an).

Apa penyebab kanker sarkoma Ewing itu? Hingga sekarang masih belum dipahami apa penyebab kanker ini. Yang baru diketahui adalah bahwa penyakit ini dipicu oleh kelainan genetik, yakni perubahan pada kromosom-kromosom di dalam sebuah sel.

Dalam sel-sel sarkoma Ewing ada ketidakcocokan pada materi genetik dalam kromosom #11 dan #22. Namun kelainan genetik itu tidak diwariskan dari orang tua, melainkan terjadi semasa kehidupan seseorang.

Apa saja gejala-gejala kanker sarkoma Ewing itu? Segeralah periksa ke dokter jika Anda atau anak Anda mengalami gejala-gejala ini: rasa sakit dan/atau bengkak di tubuh, misalnya di lengan, punggung, dada, kaki, atau panggul; muncul benjolan yang lembut dan hangat di lengan, dada, kaki, atau panggul; demam tanpa sebab; serta retak atau patah tulang tanpa sebab.

Bagaimana pengobatan untuk sarkoma Ewing? Perawatan utama untuk kanker ini biasanya terdiri dari kemoterapi, operasi bedah, dan/atau terapi radiasi. Perawatan yang dianjurkan oleh dokter tergantung pada seberapa jauh kanker telah menyebar dan kondisi keseluruhan dari pasien itu sendiri.

Demikianlah artikel ini yang mengulas tentang sarkoma Ewing. Semoga informasi ini dapat menambah kewaspadaan Anda terhadap penyakit kanker tulang yang langka ini. Nantikan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar penyakit kanker sarkoma hanya di Deherba.com.


Sumber Referensi:

Nall, Rachel. Ewing Sarcoma: What to Know. Reviewed: 2019-10-23. URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/326773.php. Accessed: 2019-12-04

Rajani, Rajiv. Ewing’s Sarcoma. Reviewed: April 2019. URL: https://orthoinfo.aaos.org/en/diseases–conditions/ewings-sarcoma/. Accessed: 2019-12-04

National Cancer Institute. Ewing Sarcoma Treatment (PDQ®)–Patient Version. Updated: 2019-10-16. URL: https://www.cancer.gov/types/bone/patient/ewing-treatment-pdq. Accessed: 2019-12-04