Kaki Tiba-Tiba Membiru? Cari Tahu Penyebab Memar Tanpa Sebab!

751

Diedit:

Apakah Anda pernah bangun tidur dan melihat adanya memar-memar tanpa sebab di kulit, misalnya di bagian kaki? Pada saat itu Anda mungkin akan segera mengira jangan-jangan tadi malam terbentur sesuatu selagi tidur. Atau mungkin Anda akan menghubungkannya dengan hal-hal berbau mistis. Akan tetapi, apa sebenarnya yang jadi penyebab memar tanpa sebab yang muncul tiba-tiba tersebut?

Memar tanpa sebab memang sering bikin orang-orang yang mengalaminya penasaran. Banyak yang mengalaminya hanya bisa mengira-ngira tanpa berusaha mendapat jawaban pasti dari keluhannya. Jika Anda mengalaminya, ada baiknya cari tahu apa penyebab memar tanpa sebab tersebut.

Pada sejumlah kasus yang jarang terjadi, munculnya memar mendadak tanpa sebab dapat menjadi indikasi adanya penyakit medis yang berbahaya. Namun, pada umumnya memar-memar di tubuh tersebut dapat dipicu oleh penyebab-penyebab yang tidak terlalu berbahaya.

Kekurangan Vitamin

Sejumlah vitamin punya peran vital dalam memproduksi darah, menutup dan menyembuhkan luka Sedikit kekurangan vitamin-vitamin tersebut mungkin tidak akan menimbulkan gejala serius. Tetapi apabila kondisi kekurangan tersebut berlangsung terus, maka gejala-gejala mulai muncul, misalnya muncul memar tanpa sebab di tubuh.

Vitamin B12 bersama dengan Folat memproduksi DNA sel darah merah. Jadi, kekurangan vitamin B12 akan menyebabkan memar terlihat lebih jelas. Vitamin K juga berperan penting dalam membekukan darah, maka kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan kebocoran pembuluh darah sehingga tampak luar di kulit sebagai memar-memar.

Selain itu, kekurangan vitamin C dapat juga mengakibatkan kelemahan pembuluh darah sehingga jadi gampang mengalami memar.

Efek Penuaan

Seiring dengan bertambahnya usia, kulit pun jadi bertambah tipis, lebih bending, dan pucat akibat perubahan yang terjadi di lapisan kulit paling atas. Perubahan tersebut dapat menjadi penyebab memar tanpa sebab.

Baca juga:  Luka Memar: Ciri-Ciri, Penyebab, dan Cara Mengobatinya

Pembuluh darah di lapisan kulit yang disebut dermis juga menjadi rapuh seiring bertambahnya usia. Ini membuatnya rentan terhadap berbagai masalah di kulit, seperti memar dan keriput.

Karena merupakan bagian dari proses penuaan alami, maka tidak ada cara untuk mencegah hal ini. Namun Anda bisa memperlambat proses penuaan kulit dengan menghindari sinar matahari. Nutrisi dan hidrasi yang baik bagi kulit juga membantu memperlambat penuaan kulit.

Penyakit Von Willebrand

Penyakit Von Willebrand punya gejala khusus berupa memar-memar di tubuh yang disertai dengan masalah pembuluh darah lain. Misalnya perdarahan paska-operasi atau perdarahan menstruasi berlebihan.

Penyakit ini disebabkan karena tubuh kekurangan jenis protein tertentu yang berperan penting dalam proses pembekuan darah. Seringkali penyakit ini bersifat genetik sehingga digolongkan penyakit keturunan. Meskipun obatnya langka, namun masih tersedia pengobatan alternatif untuk meringankan gejalanya.

Olahraga Angkat Beban

Olahraga yang berlebihan dapat menjadi penyebab memar tanpa sebab. Tekanan dari jenis olahraga angkat beban dapat mengakibatkan robeknya pembuluh darah sehingga menimbulkan memar-memar di kulit.

Kondisi memar yang disebabkan oleh olahraga angkat beban biasanya tidak memerlukan penanganan medis. Kecuali apabila memar tersebut disertai dengan rasa nyeri atau jika memar tidak kunjung hilang dalam waktu lama.

Diabetes

Diabetes yang tidak ditangani dengan baik dapat merusak sirkulasi darah. Hal ini menyebabkan tubuh gampang terlihat memar-memar. Pengidap diabetes juga lebih rentan mengalami hiperglikemia atau tingginya kadar glukosa dalam darah sehingga merusak pembuluh darah.

Trombositopenia

Gangguan pada fungsi tubuh dalam membekukan darah, yang disebut trombositopenia, dapat mengakibatkan kadar platelet dalam darah menurun. Platelet ini berperan dalam penggumpalan darah serta menghentikan perdarahan saat terluka. Kelebihan jumlah platelet dalam darah dapat menjadi penyebab memar tanpa sebab.

Baca juga:  Luka Memar: Ciri-Ciri, Penyebab, dan Cara Mengobatinya

Trombositopenia bisa disebabkan oleh berbagai kondisi, misalnya leukemia, kehamilan, dan gangguan sistem kekebalan tubuh.

Apakah ada salah satu dari berbagai faktor di atas yang dirasa jadi penyebab memar tanpa sebab yang Anda alami? Jika iya, maka sebaiknya segeralah bertindak untuk menangani penyebab tersebut. Karena meskipun ada faktor penyebab yang tidak terlalu serius, namun faktor lainnya, seperti diabetes, akan sangat berbahaya jika tidak ditangani dengan baik.

Advertisement
Alinesia