Jus Kulit Buah Manggis untuk Mengobati Kanker


By Fery Irawan

Kanker merupakan salah satu jenis penyakit berat yang rentan merenggut nyawa manusia. Banyak orang merasa cemas dan khawatir ketika dirinya atau keluarganya ada yang terkena penyakit ganas ini.

Divonis menderita penyakit kanker oleh dokter, seolah dunia akan segera runtuh. Orang yang menderita penyakit kanker, apalagi kanker ganas, selalu diliputi oleh rasa was-was dan membayangkan kematian akan segera menjemputnya.

Benarkah kanker bisa disembuhkan? Dengan cara apa kanker disembuhkan, dan adakah obat yang harganya murah namun efektif untuk menyembuhkan penyakit sangat ganas ini?

Penyakit Kanker

Kanker ialah salah satu penyakit yang menjadi penyebab kematian utama, khususnya di negara-negara berkembang. Mayoritas penyakit kanker berpotensi merenggut nyawa seseorang. Namun, bukan berarti kanker tak bisa disembuhkan.

Diagnosis dini terhadap kemunculan penyakit kanker akan banyak membantu seseorang untuk bisa mengatasinya. Data mencatat bahwa sebanyak 25% kematian di Amerika Serikat (AS) dan beberapa negara berkembang, disebabkan oleh penyakit kanker.

Sebanyak 33% (paling banyak) pria dewasa di AS menderita kanker prostat, penderita kanker paru-paru sebanyak 13%, kanker kolon dan rektum sekitar 10%, dan kanker kandung kemih sebanyak 7%.

Sedangkan untuk perempuan dewasa di AS, kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling banyak diderita (32%), kanker paru-paru (12%), kanker kolon dan rektum (11%), dan kanker endometrium (6%).

Di Indonesia sendiri, penyakit kanker merupakan penyebab kematian terbesar ketiga setelah penyakit jantung. Ada banyak sekali penyebab yang memungkinkan seseorang akhirnya menderita kanker, seperti pola hidup yang tidak sehat, kebiasaan merokok, dan kurangnya berolahraga. Makanya, bagi Anda yang tidak ingin terserang penyakit berat ini sebaiknya melakukan pencegahan sejak dini.

Gejala Kanker

Selain mengetahui jenis-jenis kanker, ada baiknya bila Anda mengetahui lebih banyak tentang gejala-gejala apa saja yang diakibatkan oleh penyakit kanker. Pada dasarnya, gejala penyakit kanker sangat tergantung dari lokasi dan jenis kanker yang bersangkutan.

Misalnya, gejala dari kanker usus besar ditandai oleh seringnya mengalami diare, keluar darah ketika buang air besar (BAB), dan sembelit. Atau kanker paru-paru yang diindikasikan oleh sesak nafas, sering nyeri dada, dan batuk-batuk yang sulit diobati.

Namun, pada beberapa jenis kanker tertentu terkadang tidak menunjukkan gejala yang kasat mata. Oleh karena itu, ketika Anda mengalami gejala yang tidak wajar sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Benarkah Kulit Buah Manggis Berkhasiat untuk Penderita Kanker?

Sebagaimana diketahui bahwa kulit buah Manggis mengandung berbagai manfaat dan khasiat untuk kesehatan manusia. Kandungan xanthone dalam kulit buah Manggis bisa meredam bahkan membunuh agresifitas sel kanker yang menggerogoti tubuh Anda.

Beberapa hasil penelitian telah menunjukkan bahwa kulit buah Manggis memiliki manfaat yang signifikan dalam mengatasi sel kanker dan virus. Berikut ialah beberapa hasil penelitian yang menunjukkan keberhasilan kandungan kulit Manggis dalam mematikan sel kanker.

Penelitian Dr Agung Endro Nugroho, MSi, yang berhasil menyimpulkan bahwa dalam Manggis setidaknya terkandung sebanyak 50 senyawa xanthone, salah satunya seperti alfa-mangostin, gamma-mangostin dan juga garsinon-E yang dikenal memiliki efek farmakologis. Derivasi xanthone tersebut terbukti mampu dalam meredam kanker.

Sedangkan penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Jepang bernama Yukihiro Akao, mengungkapkan bahwa alfa-mangostin yang terkandung dalam Manggis bisa mengendalikan sel kanker dengan mekanisme yang disebut dengan apoptosis atau bunuh diri.

Tidak hanya itu, alfa-mangostin juga sangat berperan dalam mengaktifkan sistem kekebalan tubuh untukk melawan sel kanker. Dengan banyaknya manfaat kulit buah Manggis, sudah sepantasnya jika Anda mulai saat ini sudah menggunakan buah Manggis sebagai solusi pengobatan alternatif untuk penyakit apapun yang diderita seperti kanker.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting dan di-review oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}