Fakta Alzheimer Yang Perlu Diketahui

551
Fakta Alzheimer
Fakta Alzheimer

Diedit:

0
()

Alzheimer – Apa itu Alzheimer? Mungkin banyak yang sudah pernah mendengar nama penyakit ini, tapi tidak cukup banyak yang mengerti apa sebenarnya penyakit Alzheimer itu. Fakta Alzheimer yang paling perlu diketahui bahwa lansia yang berusia lebih dari 65 tahun paling rentan mengalami penyakit ini .

Dalam artikel ini Anda akan mengetahui fakta alzheimer secara keseluruhan. Artikel ini didasarkan atas riset tepercaya dari WebMD, mari kita perhatikan bersama-sama.

Fakta Alzheimer

Alzheimer adalah salah satu jenis demensia yang menimbulkan masalah pada daya ingat, kemampuan berpikir, dan tingkah laku. Gejala-gejala Alzheimer biasanya berkembang secara perlahan dan semakin memburuk dari waktu ke waktu sehingga sering menyulitkan kegiatan sehari-hari.

Fakta Penyakit Alzheimer dan Demensia

  • Alzheimer merupakan jenis demensia yang paling umum. Demensia adalah istilah umum untuk sekumpulan penyakit yang berkaitan dengan ingatan dan kemampuan intelektual lainnya yang cukup serius sehingga mengganggu kegiatan harian. Penyakit Alzheimer mencakup 60-80% dari total kasus demensia.
  • Alzheimer bukanlah gejala penuaan biasa,meskipun risiko paling utama dari Alzheimer ialah usia tua. Tapi Alzheimer bukan sekadar penyakit usia tua.
  • Alzheimer akan semakin memburuk. Ini adalah penyakit progresif dimana gejala demensia semakin memburuk dalam beberapa tahun. Pada tahap awalnya, daya ingat mungkin cuma sedikit berkurang, tapi pada tahap lanjut seseorang bisa kehilangan kemampuan untuk melakukan percakapan dan menanggapi lingkungan sekitarnya.
  • Belum ditemukan obat untuk menyembuhkan Alzheimer, tetapi ada pengobatan yang efektif untuk meringankan gejalanya. Saat ini, tujuan pengobatan Alzheimer adalah untuk memperlambat perkembangan gejala-gejala Alzheimer serta meningkatkan kualitas hidup penderitanya. Upaya untuk menemukan cara terbaik mengatasi dan mencegah penyakit Alzheimer masih terus dilakukan.

Fakta Alzheimer Lainnya Yang Perlu Diketahui

Alzheimer bukanlah satu-satunya penyebab kepikunan. Banyak orang bermasalah dengan daya ingat, tapi ini bukan berarti ia menderita Alzheimer. Ada banyak penyebab gangguan ingatan yang harus dipastikan apa penyebabnya dengan diagnosis dokter.

Baca juga:  Tanya-Jawab Alzheimer Info Selengkapnya

Wanita sangat terlibat dalam krisis Alzheimer. Risiko seorang wanita mengidap Alzheimer pada usia 65 tahun adalah 1:6, bandingkan dengan risiko pada pria yang hanya 1:11. Bukan hanya itu, mereka yang menjadi pengasuh pasien Alzheimer juga kebanyakan adalah wanita.

Penderita Sindrom Down cenderung mengembangkan penyakit Alzheimer dini. Mereka seringkali mengidap Alzheimer dari usia 30-an atau 40-an, namun penyebab jelasnya belum diketahui.

Mencegah Penyakit Alzheimer. Salah satu cara efektif untuk mengurangi risiko Alzheimer adalah dengan tetap aktif secara fisik maupun mental. Rutin olahraga, membaca, bermain puzzle atau asah otak, dan bahkan menonton televisi dapat membantu seseorang untuk menghindari kemunculan gejala-gejala Alzheimer. Mereka yang suka makan buah dan sayuran, makanan berserat tinggi, ikan-ikanan, dan minyak omega-3 juga memiliki pertahanan kuat terhadap demensia.

Inilah sekilas mengenai penyakit Alzheimer. Orang yang menderita Alzheimer tetap bisa menikmati hidup dengan sewajarnya apabila gejala-gejala Alzheimer ditangani dari sedini mungkin. Nantikan informasi menarik lainnya seputar kesehatan dan herbal – hanya di deherba.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 tidak bermanfaat / 5 sangat bermanfaat)

Rating: / 5. Pemilih:

Ikuti media sosial kami untuk terus terhubung dengan deherba.com!

Maaf sekali artikel ini belum bermanfaat untuk Anda

Bantu kami untuk meningkatkan artikel ini!

Beritahukan apa yang bisa kami lakukan untuk meningkatkan mutu artikel ini?