Ciri Kanker yang Sangat Ganas dan Berbahaya

598

Diedit:

Ciri kanker dalam berkembang sangatlah cepat. Itulah sebabnya kanker disebut juga tumor ganas. Keganasan kanker ini telah membuat banyak penderitanya harus mengakhiri hidupnya dengan cepat dalam hitungan tahun atau hitungan bulan sejak terserang kanker.

Agar kita waspada terhadap keganasan kanker ini, kita harus mengenal dengan baik ciri kanker sehingga ketika ciri kanker itu terlihat dapat diantisipasi dengan segera.

Sebelum membahas ciri kanker yang mudah diamati, ada baiknya kita tahu ciri kanker serta karakternya dalam berkembang. Ciri kanker pertama adalah kemampuan sel kanker untuk tumbuh secara mandiri.

Sel kanker mampu memproduksi faktor pertumbuhannya. Ini yang membuat sel kanker tumbuh dengan sangat cepat. Ketidaktergantungan pada sel lainnya membuat sel kanker mampu berkembang dengan sangat ganas.

Di samping itu, sel kanker sama sekali tidak menanggapi ketika ada sinyal penghambatan pertumbuhan. Artinya, sel kanker akan terus berkembang walau muncul sinyal penghambat pertumbuhan.

Ini membuat sel kanker tidak mudah untuk ditaklukkan. Keadaan sel kanker yang demikian ini disebabkan terjadinya mutasi sejumlah gen pada sel kanker.

Selain tidak peduli dengan sinyal penghambat pertumbuhan, ciri kanker yang membuatnya berkembang dengan cepat adalah tidak memberikan respon pada apoptosis (proses bunuh diri sel). Ini membuat sel yang seharusnya berkurang jumlahnya lewat mekanisme apoptosis terus berkembang,

Ciri kanker lainnya adalah kemampuan sel kanker untuk terus membelah diri. Berbeda dengan sel normal yang memiliki mekanisme untuk menghentikan pembelahan sel jika sudah berada pada kondisi tua.

Ciri kanker yang membuatnya mampu bertahan adalah kemandirian sel kanker untuk mendapatkan suplai oksigen dan nutrisi agar tetap hidup.

Lain halnya dengan sel normal yang bergantung pada pembuluh darah sebagai penyuplai keberlangsungan hidupnya. Hal itu tidak berlaku bagi sel kanker yang dapat membuat pertumbuhan pembuluh darah baru di sekitar jaringan yang terkena kanker.

Baca juga:  Seberapa Efektifkah Kemoterapi pada Kanker?

Di samping itu, sel kanker juga mampu untuk berpindah/menyebar ke lokasi lain. Ciri kanker ini tidak terdapat pada sel normal yang tidak akan berpindah ke lokasi lain dalam tubuh. Tidak heran jika kemudian kanker bisa menyebar dan menyebabkan terjadinya kanker pada organ lainnya.

Demikian karakter sel kanker dalam mempertahankan diri dan berkembang dalam tubuh manusia. Ciri kanker yang demikian mandiri itu membuatnya tidak mudah ditaklukkan dan sangat berbahaya.

 Sel kanker juga mampu mempertahankan karakteristiknya sehingga ciri fisik dan biologis mereka tidak berubah walaupun berpindah pindah.

Setelah mengetahui ciri kanker dari segi sifat dan karakternya, kini kita lihat ciri kanker yang mudah diamati. Pertama, ciri kanker yang paling kentara adalah bentuknya berupa benjolan.

Perbedaannya dengan tumor terletak pada daya serangnya. Tumor jinak berkembang sangat lambat dan terpusat, sedangkan tumor ganas atau kanker menyebar dan berkembang sangat cepat dan ganas.

Sangat baik untuk selalu memeriksakan bagian-bagian tubuh yang sangat rentan diserang kanker seperti di leher, kulit, payudara, dan organ kemaluan. Jika terdapat benjolan, hal itu perlu diwaspadai sebagai salah satu ciri kanker.

Ciri kanker juga bisa diketahui dari gejala-gejala yang ditimbulkan pada tubuh penderita seperti ketika terjadi perubahan pada kebiasaan buang air besar dan kecil, terjadinya perdarahan yang tidak normal, terjadi gangguan pencernaan dan sulit menelan, serta terdapat batuk membandel.

Baca juga halaman Sekilas Sarang Semut untuk informasi seputar pengobatan kanker alami. 

Advertisement
Alinesia