Cara Menurunkan Trigliserida

576

Diedit:

Mungkin berat badan Anda sudah naik beberapa kilo dan hasil pemeriksaan darah yang terkini menunjukkan Anda kembali memiliki kadar trigliserida yang tinggi. Jika terlalu tinggi, trigliserida bisa merusak liver Anda. Seperti kolesterol, masalah trigliserida bisa menyebabkan penyumbatan arteri dan memicu serangan jantung maupun stroke. Beruntung, ada banyak cara menurunkan trigliserida yang bisa Anda praktekkan.

Mengapa kadar trigliserida menjadi persoalan? Kadar trigliserida tinggi bisa menjadi penyebab masalah kesehatan yang disebut sindrom metabolik. Sindrom metabolik secara signifikan meningkatkan risiko Anda menderita penyakit jantung, stroke, serta diabetes.

Untuk menghindari penyakit sindrom metabolik, ada baiknya Anda mengikuti cara menurunkan trigliserida berikut ini.

Cermati Apa yang Anda Makan

Minum krim latte, makan sandwich isi keju, atau sesendok es krim sebelum tidur semuanya bisa menyebabkan trigliserida melonjak. Jika Anda sering makan lebih banyak kalori daripada yang dibakara—seperti yang kebanyakan dari kita lakukan—kadar trigliserida kemungkinan mulai merangkak naik. Jenis makanan terburuk yang bikin trigliserida tinggi ialah makanan manis dan makanan berlemak jenuh, seperti keju, susu, dan daging merah.

Kurangi Gula

Gula, terutama fruktosa (pemanis alami dalam buah), meningkatkan kadar trigliserida. Berhati-hatilah terhadap makanan yang dibuat dengan gula tambahan, termasuk minuman soda, kue, permen, kebanyakan produk sereal, yoghurt berperisa, dan es krim. Perhatikan gula-gula tambahan pada label komposisi. Gula tambahan ini mencakup gula merah, sirup jagung, kata yang berakhiran “osa” (dekstrosa, fruktosa, glukosa, laktosa, maltosa, sukrosa), konsentrat jus buah, sirup tebu, madu, gula malt, molase, dan gula pasir.

Perbanyak Serat Makanan

Cobalah makan lebih banyak produk gandum utuh, misalnya roti gandum, pasta gandum, dan sereal yang terbuat dari gandum utuh. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan lebih banyak serat yang membantu menurunkan kadar trigliserida. Untuk sarapan, makanlah semangkuk oatmeal daripada roti atau sereal yang manis-manis. Saat makan siang, pilih menu makanan yang banyak sayurnya. Dan untuk makan malam, ganti beras putih dengan beras merah.

Kurangi Daging Merah dan Perbanyak Ikan

Lemak omega-3 yang bagus bagi jantung juga bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar trigliserida. Lain kesempatan Anda makan di luar, carilah menu makanan dengan lauk ikan daripada makan burger atau steak. Jenis ikan terbaik sebagai sumber omega-3 ialah ikan laut, seperti salmon, sarden, tuna, dan ikan makerel.

Makan Lebih Banyak Kacang dan Sayuran Hijau

Sama seperti ikan laut, kacang dan sayuran yang merupakan sumber omega-3 diantaranya yaitu kacang walnut, biji rami, sayur bayam, kubis, selada hijau, dan beragam jenis kacang-kacangan.

Berolahraga

Apabila Anda punya kelebihan berat badan, cobalah untuk mulai rutin olahraga sebagai cara menurunkan trigliserida. Misalnya dengan melakukan 30 menit olahraga jalan cepat setidaknya 5 hari dalam seminggu. Dengan begitu Anda bisa mengurangi kadar trigliserida sebanyak 20%-30%.

Demikianlah beberapa cara menurunkan trigliserida yang perlu Anda coba. Ingatlah bahwa tampaknya yang paling berpengaruh terhadap kadar trigliserida ialah makanan yang Anda konsumsi, jadi sebisa mungkin buatlah pilihan yang cerdas dengan memilih makanan-makanan yang sehat.

Baca juga:  Mengontrol Kadar Asam Lemak Trigliserida Tidak Berlebihan
Advertisement
Alinesia