Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Akurat

442

Diedit:

Cara menghitung usia kehamilan sekarang sudah bukan menjadi masalah lagi. Perkembangan dalam dunia medis memungkinkan Anda untuk mengetahui usia kehamilan dengan lebih baik dan tentunya akurat. Selain menggunakan teknologi, ada juga cara menghitung usia kehamilan manual, terserah kepada Anda ingin memilih menggunakan metode yang mana. Anda cukup memilih metode mana yang menurut Anda paling praktis dan efisien untuk dilakukan.

Untuk menghitung dengan metode manual, Anda perlu menggunakan rumus yang telah ditentukan sebelumnya, dengan menggunakan perkiraan. Selain itu Anda juga dapat memanfaatkan teknologi, dengan menggunakan aplikasi yang dapat diunduh langsung dari internet. Anda dapat menemukan banyak aplikasi yang merupakan salah satu cara menghitung usia kehamilan dengan mudah.

Manfaatnya Menghitung Usia Kehamilan

Cara menghitung usia kehamilan itu diperlukan karena alasan tertentu. Contohnya saja, dengan mengetahui usia kehamilan, maka Anda dapat memberikan asupan nutrisi yang memang terbaik bagi calon bayi dalam kandungan, tepat sesuai dengan waktunya. Asupan seperti buah-buahan tertentu ada yang cocok, dan berbeda per semesternya, begitu pula dengan makanan yang tepat untuk ibu hamil pada waktu trimester pertama, juga seterusnya.

Itulah manfaat dari cara menghitung usia kehamilan. Tak hanya itu saja sebenarnya. Apabila Anda mengetahui usia kehamilan setelah menggunakan cara menghitung usia kehamilan yang ada, Anda juga bisa mengetahui pantangan apa saja saat itu yang harus Anda jalani.

Ada yang perlu diingat mengenai cara menghitung usia kehamilan. Umumnya umur atau usia kehamilan itu berlangsung untuk jangka waktu 40 minggu, di mana itu akan dimulai ketika hari terakhir haid. Cara menghitung usia kehamilan metode manual bisa menggunakan bulan ataupun minggu, namun memang bidan dan dokter kandungan lebih sering memanfaatkan hitungan per minggu.

Baca juga:  Waspadai Nyeri Perut yang Terjadi Selama Kehamilan

Tentu ada alasan mengapa bidan dan dokter kandungan memilih menggunakan itu. Yaitu karena hasil yang didapatkan akan lebih akurat, sehingga perkiraan terkait perkembangan serta pertumbuhan janin pun juga akan lebih akurat. Dalam waktu mingguan, cara menghitung usia kehamilan juga tidak terlalu sulit dilakukan.

Deteksi Gerakan Janin

Cara menghitung usia kehamilan yang termasuk populer yaitu dengan deteksi gerakan janin. Memang cara ini tidak mempunyai keakuratan hingga 100%, tetapi caranya termasuk praktis dan murah. Anda cukup merasakan gerakan janin dalam perut, kemudian memperkirakan usia kehamilan, itulah inti dari cara menghitung usia kehamilan dengan deteksi gerakan janin ini.

Jika Anda sudah bisa merasakan gerakan janin dalam perut, maka dapat diperkirakan apabila janin telah memasuki umur 18 minggu, bisa juga 20 minggu kehamilan. Cara menghitung usia kehamilan ini dibedakan antara kehamilan pertama, kehamilan kedua, dan seterusnya. Di mana untuk hamil pertama, pada usia 18 – 20 minggu kehamilan baru gerakan janin dapat dirasakan.

Kalkulator Masa Subur

Cara menghitung usia kehamilan kedua yaitu dengan memanfaatkan kalkulator masa subur. Cara ini bisa menghitung usia kehamilan jika Anda lupa haid pertama dan haid terakhir. Metode ini memang merupakan cara menghitung usia kehamilan yang bersifat praktis, dan juga termasuk cara perhitungan instan yang tidak merepotkan.

Biasanya kalkulator ini berupa aplikasi, jadi Anda cukup mencocokkan ke kondisi kehamilan. Selain dapat digunakan untuk mengetahui usia kehamilan, kalkulator masa subur juga dapat memperkirakan kondisi janin dan tanggal kelahiran. Cara menghitung usia kehamilan ini layak menjadi alternatif pilihan.

USG (Ultrasonografi)

Teknologi juga ikut mempengaruhi cara menghitung usia kehamilan. USG atau Ultrasonografi merupakan salah satu bukti nyatanya. Dengan menggunakan USG, menghitung usia kehamilan menjadi lebih mudah. Juga, USG termasuk cara menghitung usia kehamilan yang terbilang paling akurat dibandingkan dengan cara yang lainnya. Ketepatan metode USG dalam menghitung usia kehamilan hingga 95%.

Dengan menggunakan alat USG, Anda dapat melihat secara langsung foto janin yang ada dalam perut. Lalu sebenarnya kapankah waktu terbaik untuk menggunakan USG? Waktu yang paling tepat jika ingin menggunakan USG yaitu ketika memasuki usia kehamilan 8 – 18 minggu. Namun memang cara menghitung usia kehamilan menggunakan USG termasuk cara yang cukup mahal dibandingkan yang lainnya.

Kalender Masa Haid

Cara menghitung usia kehamilan yang terakhir yang akan kami bahas yaitu cara perhitungan menggunakan kalender masa haid. Tentunya, melihat dari namanya saja maka sudah terlihat jika cara ini adalah cara manual. Karena ini cara manual, maka Anda akan membutuhkan ketelitian lebih untuk menggunakannya.

Ketelitian tersebut khususnya terkait dengan siklus menstruasi, sebab dasar perhitungan yang akan digunakan dalam kalender masa haid adalah hari terakhir menstruasi. Rumus yang akan digunakan dalam metode kalender masa haid adalah rumus Naegele. Mungkin Anda sudah pernah mendengar sebelumnya, karena rumus Naegele termasuk rumus yang cukup sering digunakan.

Berbagai cara menghitung usia kehamilan sudah Anda pahami. Sekarang Anda cukup memilih yang mana yang ingin Anda gunakan. Contohnya di atas tadi, jika Anda lupa dengan waktu haid awal dan akhir, maka Anda dapat menggunakan cara menghitung usia kehamilan metode “Kalkulator masa subur”.

Baca juga:  Tips Praktis Menghadapi 7 Keluhan Kehamilan

Di sini berarti pemilihan cara yang berbeda didasarkan pada kondisi yang berbeda yang dijalani oleh Anda sendiri. Jika memang Anda masih bingung, sebenarnya masih ada satu jalan terakhir. Anda dapat berkonsultasi kepada bidan ataupun dokter kandungan. Bidan ataupun dokter kandungan tersebut akan memberikan bantuan kepada Anda. Mereka akan menggunakan cara menghitung usia kehamilan dengan menggunakan alat yang tersedia.

Advertisement
Alinesia