Cara Alami Menghilangkan Jamur Kuku Kaki sampai Tuntas!

591

Diedit:

Jamur kuku kaki—atau onychomycosis—adalah masalah kaki yang biasa dialami. Gejalanya bisa berupa pembengkakan, penguningan, penebalan, atau remuknya kuku kaki. Jari kaki yang mengalaminya biasanya tidak merasa sakit, kecuali jika infeksi jamur sudah parah.

Jamur kuku kaki biasanya berkembang biak jika ada dalam kondisi tertentu, misalnya pH kulit yang abnormal, melemahnya kekebalan tubuh, paparan terus-menerus dengan lingkungan yang lembap (misalnya kaus kaki atau sepatu yang lembap), kurang kebersihan, dan diabetes.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak mengenai tanda-tanda kuku jari kaki yang terkena jamur, silakan kunjungi artikel: Infeksi Jamur pada Kuku Jari Kaki.

Apabila tidak segera ditangani, maka infeksi jamur tersebut dapat membuat kuku retak, belah, atau bahkan kehilangan seluruh bagian kuku. Tapi kabar baiknya, Anda bisa menghilangkan jamur kuku kaki tanpa pergi ke dokter. Berbagai pengobatan alami ala rumahan bisa menyembuhkan infeksi setelah 1-2 bulan.

Berikut adalah cara-cara menghilangkan jamur kuku kaki yang praktis dan murah. Tapi ingatlah jika infeksi jamur sudah menimbulkan rasa sakit atau sudah menyebar, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Cuka Apel

Cuka apel sifatnya cukup asam sehingga dapat membantu menyembuhkan infeksi jamur kuku dan menghentikan penyebarannya. Jika rutin digunakan, cuka apel dapat membunuh bakteri dan jamur di kuku.

  • Campur cuka apel secukupnya dengan air. Rendamlah kuku Anda dalam larutan ini selama 30 menit setiap hari. Setelahnya keringkan kuku sampai benar-benar kering. Jika ini dilakukan setiap hari selama beberapa minggu, Anda akan melihat perubahan yang signifikan.
  • Cara lainnya adalah dengan membuat scrub pengelupas anti-jamur dengan mencampurkan tepung beras secukupnya bersama beberapa sendok teh cuka apel. Oleskan pasta scrub ini di kuku dan sekitarnya dan gosoklah dengan lembut. Lakukan ini beberapa kali dalam seminggu. Obat alami ini juga sekaligus menyingkirkan sel-sel kulit yang mati dan menjaga kulit tetap lembut.

Minyak Pohon Teh

Minyak ini punya fungsi antiseptik serta anti-jamur yang cocok untuk mencegah penyebaran infeksi jamur kuku. Di saat yang sama, minyak pohon teh juga membunuh bakteri dan jamur tersebut. Bukan hanya itu, minyak ini juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai jenis infeksi kulit lainnya.

  • Campurkan beberapa tetes minyak pohon teh ke dalam satu sendok teh minyak zaitun atau minyak kelapa.
  • Gunakan kapas untuk mengoleskan campuran tersebut ke kuku yang kena infeksi jamur.
  • Diamkan selama 10 menit, lalu gunakan sikat gigi untuk menggosok kuku secara lembut.
  • Lakukan ini sebanyak 2-3 kali setiap hari sampai Anda benar-benar puas dengan hasilnya.

Baking Soda

Baking soda biasanya selalu tersedia di dapur rumah Anda, dan siapa sangka penghuni setia dapur ini juga bisa menghilangkan jamur kuku kaki. Ditambah lagi, itu bisa menghilangkan bau kaki.

  • Campurkan 1 ½ cangkir baking soda, 1 ¼ cangkir larutan hidrogen peroksida, dan 1 ½ cangkir garam Epsom ke dalam 4 cangkir air hangat. Campurkan bahan-bahan tadi sampai benar-benar tercampur, lalu tambahkan 1 ¼ cangkir dari cuka putih ke dalamnya.
  • Rendam kuku yang kena jamur di dalam laurtan ini selama sekitar 10 menit.
  • Cuci sampai bersih dengan air yang mengalir dan keringkan sampai benar-benar kering.
  • Ulangi proses-proses tadi 2 kali sehari selama beberapa minggu.

Cuka Putih

Cuka putih adalah salah satu bahan terbaik untuk mengobati jamur kuku karena melawan infeksi dan membantu mengembalikan pH kulit.

  • Campurkan cuka putih secukupnya dengan air hangat dengan perbandingan 1:2.
  • Rendam kuku di larutan ini selama 10-15 menit.
  • Bilas dengan air bersih dan keringkan sampai benar-benar kering.
  • Ulangi 2 kali sehari sampai jamurnya hilang.

Catatan: Jika kulit Anda jadi iritasi, tambahkan lebih banyak air dalam campuran tersebut dan lakukan proses-proses tadi setiap 2 hari sekali saja.

Cairan Pembersih Mulut

Cairan pembersih mulut bukan cuman dapat membunuh bakteri dan kuman di mulut, tapi juga bisa membunuh jamur kuku kaki. Cairan ini mengandung beberapa senyawa akitf serta alkohol yang berfungsi sebagai antiseptik kuat untuk menghilangkan jamur kuku.

  • Isi bak kecil dengan cairan pembersih mulut, atau bisa juga ditambahkan dengan cuka putih.
  • Rendam kaki ke dalam cairan tersebut sekitar 30 menit, kemudian gosok kuku yang kena jamur dengan lembut.
  • Bilas dan keringkan kaki secara menyeluruh.
  • Ulangi proses ini setiap satu atau dua hari sekali sampai infeksinya benar-benar hilang.

Minyak Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa-senyawa seperti alicin dan ajoene yang berguna sebagai anti-jamur.

  • Campurkan minyak bawang putih dengan cuka putih. Lalu oleskan ke kuku dan sekitarnya, dan tutupi kuku dengan perban. Diamkan selama beberapa jam sebelum lepas perbannya. Ulangi sampai infeksi benar-benar sembuh. (Jika minyak bawang putih tidak tersedia, Anda bisa membuatnya sendiri dengan menggoreng 2 siung bawang putih dengan minyak zaitun, lalu tiriskan minyaknya.)
  • Anda juga bisa makan 1-2 siung bawang putih setiap hari untuk membantu menghilangkan infeksi jamur kuku.

Perasan Lemon

Air lemon punya fungsi antiseptik dan anti-jamur. Asam sitrat dalam air perasan lemon juga sanggup mencegah penyebaran jamur di kuku.

  • Oleskan air perasan lemon segar di kuku yang terinfeksi. Biarkan selama kira-kira 30 menit sebelum dibilas dengan air hangat.
  • Cara lainnya adalah dengan mencampur perasan lemon dengan minyak zaitun, lalu pijat kuku dengan cairan tersebut. Diamkan selama beberapa jam sebelum membilasnya. Minyak zaitun akan membantu melembutkan kulit Anda, sementara perasan lemon akan menghilangkan jamur kuku.
Gunakan salah satu dari kedua cara diatas beberapa kali sehari selama 1 bulan atau lebih sampai Anda puas dengan hasilnya.

Tingkat keberhasilan dari pengobatan rumahan diatas sedikit banyak bergantung pada penggunaannya yang benar. Pilih salah satu dan gunakan campuran obat alami diatas selama setidaknya 1-2 bulan untuk mendapatkan hasil terbaik. Ingatlah bahwa segera setelah Anda melihat tanda-tanda infeksi jamur di kuku, lakukan tindakan pengobatan, sebelum kuku jadi hancur digerus jamur.

Dengan kesabaran dan ketekunan, Anda bisa sukses menghilangkan jamur kuku kaki dan mencegah komplikasi lebih parah, tanpa harus bayar mahal.

Advertisement
Alinesia