Blog Herbal No. 1 Indonesia

8 Cara Agar BAB Setiap Hari


By Cindy Wijaya

Sembelit memang bukan masalah pencernaan yang terburuk. Tapi masalah ini tetap bikin tidak nyaman, dan Anda bisa mengatasinya. Ada berbagai cara agar BAB lancar setiap pagi, yang pastinya akan bikin aktivitas sepanjang hari terasa lebih enteng.

Dan kebanyakan cara tersebut adalah cara yang benar-benar alami yang bisa Anda lakukan setiap hari. Dan memang itulah cara agar BAB setiap hari yang direkomendasikan oleh para ahli kesehatan. Cobalah salah satu dari tips-tips dalam artikel ini untuk dengan cepat mengatasi masalah sembelit.

Minum Air yang Cukup Secara Teratur

Hidrasi yang tepat sangat penting untuk melancarkan pencernaan Anda. Jika Anda mengalami dehidrasi akibat kurang minum, Anda akan mengalami sembelit. Tanpa air, BAB memang bisa menjadi besar dan kering. Dan serat membutuhkan air agar dapat dicerna dengan baik, jadi kalau Anda makan banyak serat tapi kurang asupan cairan, kemungkinan besar BAB tetap kurang lancar.

Idealnya, kita minum air sebelum atau sesudah makan sebaliknya daripada selama makan. Dan tentu saja, kita harus minum air secara teratur sepanjang hari, bukannya menenggaknya sekaligus untuk ‘menebus’ kurang minum air di waktu-waktu tertentu.

Anda juga perlu memperhitungkan berapa jumlah olahraga yang Anda lakukan, jumlah udara panas yang Anda hadapi, dan jumlah kopi atau alkohol yang dikonsumsi, serta menambahkan lebih banyak air ke dalam asupan harian Anda.

Relaksasi dan Postur Badan

Percaya atau tidak, cara Anda memposisikan tubuh di toilet bisa berdampak pada kelancaran dan keberhasilan buang air besar Anda.

Penelitian menunjukkan bahwa posisi jongkok dapat membantu mengurangi ketegangan, serta mengosongkan usus Anda dengan lebih baik.

Modifikasi postur lain yang dapat membuat BAB jadi lebih mudah dan lancar antara lain: mengistirahatkan lengan Anda di paha, mencondongkan tubuh ke depan, merilekskan perut biarkan membuncit, dan meluruskan tulang belakang.

Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Sering kali masalah sembelit ringan disebabkan oleh kurangnya serat dari makanan yang dikonsumsi.

Kalau Anda menduga bahwa sembelit Anda disebabkan oleh kurangnya serat dari makanan, cobalah untuk meningkatkan asupan serat secara bertahap dengan memasukkan beberapa makanan berserat tinggi ke dalam menu makanan harian.

Makanan berserat tinggi itu misalnya: sayur-sayuran, buah-buahan (buah-buahan kering bisa sangat tinggi serat), serealia utuh (termasuk sereal dan roti gandum utuh), dan flax seed (biji rami).

Menambah asupan serat akan membantu meningkatkan berat dan kadar air pada feses serta mempercepat pergerakannya melalui saluran pencernaan Anda, yang dapat menjadi cara agar BAB lancar setiap hari.

Namun, jika Anda baru sudah terbiasa mengonsumsi makanan-makanan yang rendah serat, ada baiknya untuk menambah asupan serat secara perlahan. Tujuannya agar menghindari efek samping yang tidak diinginkan, seperti gas dan kembung.

Minum Suplemen Serat

Suplemen serat adalah jenis pencahar yang disebut bulk-forming laxative (pencahar pembentuk massa).

Jenis pencahar pembentuk massa ini bekerja dengan menarik air ke dalam feses dan membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan.

Meskipun umumnya aman digunakan, efek pencaharnya bisa memakan waktu antara 12 jam hingga beberapa harai.

Efek samping ringan yang mungkin terjadi saat mengonsumsi suplemen serat misalnya gas dan kembung.

Contoh suplemen serat antara lain: psyllium (Vegeta Scrubber, Vegeta Herbal) dan methylcellulose (Citrucel).

Minum Kopi

Apa benar minum kopi bisa menjadi cara agar BAB setiap hari? Banyak orang mengaitkan minum kopi dengan kemampuannya untuk merangsang dorongan untuk buang air besar. Kafein dalam kopi diketahui dapat merangsang motilitas usus besar pada beberapa orang.

Faktanya, hasil dari sebuah survei mendapati bahwa minum kopi memang meningkatkan motilitas usus atau pergerakan usus pada sebagian besar responden.

Namun, penting untuk diketahui bahwa minum terlalu banyak kafein sepanjang hari dapat menyebabkan dehidrasi, yang justru dapat memperparah sembelit.

Konsumsi Probiotik

Beberapa kasus sembelit ternyata disebabkan oleh ketidakseimbangan bakteri di dalam usus.

Makanan dan suplemen probiotik dapat membantu mengembalikan keseimbangan bakteri baik di dalam usus Anda.

Perlu diingat bahwa tips ini mungkin tidak secara langsung menjadi cara agar BAB lancar setiap pagi. Probiotik membutuhkan waktu sampai bisa mengembalikan keseimbangan dalam usus Anda.

Konsumsi Senna

Senna adalah tanaman, dan beberapa orang menggunakan daun dan buahnya sebagai pencahar alami. Anda bisa membeli produk olahannya dalam bentuk cair atau tablet.

Ramuan senna membutuhkan waktu sekitar 8 jam untuk bekerja. Beberapa ornag memilih untuk meminum senna sebelum tidur, yang memungkinkan obat bekerja semalaman. Sering kali, ini menyebabkan buang air besar lancar di pagi harinya.

Senna adalah zat alami yang telah digunakan orang selama berabad-abad untuk meredakan sembeli sementara. Namun, penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan ketergantungan yang membutuhkan peningkatan dosis untuk mendapatkan efek yang sama. Karena itu penggunaannya dalam jangka panjang tidak dianjurkan.

Olahraga Teratur

Pernahkah Anda merasa ingin BAB saat sedang berlari? Anda tidak sendirian. Itu karena olahraga lari, jogging, bersepeda, dan hiking, semuanya dapat meningkatkan motilitas usus.

Jika Anda terlalu sibuk sehingga tidak punya waktu untuk olahraga, itu mungkin jadi penyebab mengapa Anda tidak BAB selancar yang Anda inginkan. Memastikan untuk olahraga secara teratur setiap hari dapat menjadi cara agar BAB lancar setiap hari.

Ilustrasi Cara Agar BAB Lancar Setiap Hari
Credit: Lab-Tech Imagery/Shutterstock

Kapan Sebaiknya Anda ke Dokter?

Anda kemungkinan mengalami sembelit apabila: BAB kurang dari 3 kali dalam seminggu, BAB keras atau kering, susah BAB karena ukurannya lebih besar daripada biasanya, dan BAB terasa sakit.

Apabila dibiarkan tidak diatasi, sembelit bisa menyebabkan komplikasi kesehatan, seperti wasir atau ambeien.

Jika Anda sudah berupaya mengubah pola makan dan gaya hidup tapi  masih mengalami sembelit, Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter.

Dokter dapat memberi rekomendasi pencahar untuk mengobati sembelit. Ada berbagai jenis pencahar, dan dokter bisa meresepkan yang paling cocok untuk kondisi Anda.

Selalu ikuti petunjuk untuk berapa banyak obat pencahar yang harus diminum. Obat pencahar dapat membahayakan kesehatan jika Anda tidak meminumnya dengan benar. Obat pencahar juga menurunkan kemampuan alami usus untuk mengeluarkan feses jika digunakan terus-menerus atau terlalu sering.

Namun, tidak bisa buang air besar secara teratur dapat menandakan adanya masalah kesehatan di baliknya.

Jika Anda mengalami gejala-gejala berikut, selain tidak bisa BAB secara teratur, sebaiknya konsultasikan dengan dokter: BAB berdarah, perut kembung dalam waktu lama, sering merasa lelah, berat badan turun tanpa sebab, serta perut sakit atau tidak nyaman yang terus-menerus atau sering.

Demikianlah artikel ini yang membahas mengenai cara agar BAB setiap hari. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda. Temukan juga artikel-artikel informatif lain seputar topik kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Medical News Today. Natural remedies for constipation. URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/320940

K Health. How To Make Yourself Poop: A Guide to Fixing Constipation. URL: https://khealth.com/learn/bowel-movement/how-to-make-yourself-poop/

Mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review ★★★★★

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}