6 Ciri-Ciri Kanker Tenggorokan yang Paling Mudah Dikenali

862
Ilustrasi Ciri-Ciri Kanker Tenggorokan
Ilustrasi (Credit: M.Dörr & M.Frommherz / Adobe Stock)

Diedit:

Timbul rasa tidak nyaman di tenggorokan Anda? Tampaknya ada sesuatu yang mengganjal dalam tenggorokan. Apakah ini ciri-ciri kanker tenggorokan atau tanda-tanda kanker tenggorokan? Jangan dulu panik, bisa jadi itu hanyalah gejala dari penyakit biasa bukan gejala dari kanker.

Anda hanya perlu memantau perkembangan dari kondisi tersebut. Mari kita perhatikan gejala-gejala kanker tenggorokan berikut! Dalam artikel ini Anda akan melihat 6 tanda-tanda kanker tenggorokan, mulai dari perubahan suara, disfagia, sakit tenggorokan, sakit telinga, batuk berdarah dan pembengkakan.

Apa Saja Ciri-Ciri Umum Kanker Tenggorokan?

Kanker tenggorokan merupakan bagian dari penyakit kanker kepala dan leher. Bukan hal yang mudah untuk melakukan pemeriksaan kanker tenggorokan saat masih dalam tahap awal perkembangannya. Akan tetapi Anda mesti waspada jika merasakan tanda-tanda kanker tenggorokan berikut ini:

Perubahan Suara sebagai Ciri-Ciri Kanker

Pasien kanker tenggorokan dapat mengalami perubahan suara bergantung pada letak keberadaan kanker. Jika kanker berada disekitar area pita suara maka akan terjadi perubahan suara, misalnya menjadi serak atau tidak bisa berbicara dengan jelas. Ini merupakan ciri-ciri kanker tenggorokan atau tanda-tanda kanker tenggorokan namun ini hanyalah salah satu dari gejala-gejala kanker tenggorokan.

Disfagia sebagai Ciri-Ciri Kanker Tenggorokan

Disfagia atau kesulitan menelan bisa menjadi salah satu dari gejala-gejala kanker tenggorokan. Kesulitan menelan terjadi karena adanya penyempitan pada esofagus atau saluran makanan yang menghubungkan antara tenggorokan dengan lambung. Jika keberadaan sel kanker ada pada lokasi ini tentu akan terjadi penyempitan, karena kanker cenderung menyebabkan benjolan di lokasi tersebut. Apalagi ciri-ciri kanker tenggorokan lainnya?

Sakit Tenggorokan sebagai Ciri-Ciri Kanker

Gejala kanker tenggorokan berupa sakit tenggorokan bisa terjadi saat sel kanker mulai menyebabkan peradangan pada tenggorokan ataupun karena benjolan kanker yang kian membesar. Jika ini terjadi, tentu rasa sakit akan timbul sebagai reaksi perlawanan anatara sel sehat dengan serangan kanker itu sendiri. Selain sakit tenggorokan, apalagi yang menjadi ciri-ciri kanker tenggorokan lainnya?

Baca juga:  Obat Kanker Tenggorokan Alami Khas Indonesia

Sakit Telinga sebagai Ciri-Ciri Kanker

Tanda-tanda kanker tenggorokan yang perlu diwaspadai adalah sakit telinga, apa kaitan sakit telinga dengan ciri-ciri kanker tenggorokan? Jika Anda pergi ke pusat pelayanan kesehatan untuk memeriksa kesehatan tenggorokan tentu Anda akan diperkenalkan dengan bagian ‘THT’ yang merupakan singkatan dari tenggorokan, hidung dan telinga.

Ketiga bagian ini, memiliki satu saluran yang saling menghubungkannya. Maka saat Anda merasa sakit telinga bisa jadi lokasi kanker mengenai saraf yang berkaitan dengan telinga pada tenggorokan Anda.

Batuk Berdarah sebagai Ciri-Ciri Kanker

Ciri-ciri kanker tenggorokan lainnya ialah batuk yang disertai dengan keluarnya darah. Keluarnya darah terjadi karena luka yang timbul tak hanya karena benjolan kanker, namun batuk yang tak tertahankan sehingga menyebabkan rasa tegang pada saluran tenggorokan dan terjadinya luka.

Pembengkakan sebagai Ciri-Ciri Kanker Tenggorokan

Pada area leher dekat tenggorokan terdapat kelenjar getah bening yang fungsinya serupa dengan saluran peredaran darah. Jika terjadi pembengkakan kelenjar getah bening yang berlokasi di leher, bisa jadi serangan kanker telah menjalar menuju kelenjar getah bening.

Pada tahap awal kemunculannya, gejala-gejala kanker tenggorokan tampaknya memang serupa dengan penyakit lainnya. Maka dari itu, perlu diagnosis lebih lanjut untuk mendapatkan hasil yang tepat. Jangan sampai salah terka, padahal Anda hanya mengalami gangguan tenggorokan yang biasa saja. Kalau begitu, mari kita cermati apa saja sebenarnya tanda-tanda kanker tenggorokan lainnya.

Selain dari 6 gejala-gejala kanker tenggorokan di atas, ada beberapa ciri lain yang perlu diperhatikan. Tetapi ingatlah bahwa memiliki ciri-ciri ini bukan berarti Anda pasti terkena kanker tenggorokan, karena bisa saja itu adalah gejala penyakit lain.

  • Timbul perdarahan pada hidung atau mulut
  • Timbul benjolan yang muncul di sekitar mata, rahang, leher, atau tenggorokan
  • Penurunan berat badan yang tidak jelas sebabnya
Baca juga:  Kanker Tenggorokan

Pemahaman yang lengkap mengenai ciri-ciri kanker tenggorokan akan membantu Anda untuk bertahan hidup dan sebagai tindakan pencegahan kanker tenggorokan hingga taraf yang akut. Maka jangan abaikan setiap keluhan penyakit yang Anda rasakan.

Apabila Anda melihat adanya tanda-tanda kanker tenggorokan seperti di artikel ini, khususnya jika itu tidak kunjung sembuh setelah 2 sampai 3 minggu, segeralah datang periksa ke pusat layanan kesehatan yang Anda percayai.

Gejala-gejala kanker tenggorokan tidak bisa Anda abaikan begitu saja, pemeriksaan awal akan membantu proses pengobatan kanker tenggorokan sejak awal.

Apabila Anda sedang khawatir karena merasa sudah mengalami gejala-gejala kanker tenggorokan, atau mungkin Anda sudah divonis terkena kanker, wajar jika Anda merasa bingung dan takut menghadapinya. Namun ingatlah bahwa diagnosa kanker bukanlah akhir, justru ini adalah awal perjuangan Anda mengalahkan kanker!


Sumber Referensi:

Higuera, Valencia. What Is Throat Cancer?. Reviewed: 2018-08-09. URL: https://www.healthline.com/health/cancer-throat-or-larynx#symptoms. Accessed: 2019-07-29


Advertisement
Alinesia