Apa Penyebab Kanker Ovarium?


By Fery Irawan

Bayangkan, begitu banyak informasi yang bisa Anda peroleh dari berbagai media, contohnya; buku, stasiun televisi, atau internet. Salah satu informasi mengenai penyebab kanker ovarium telah tersedia dari berbagai sumber yang bekerja di bidang tersebut. Lalu apa saja penyebab kanker ovarium? Sayangnya, para ahli masih belum dapat memastikan secara detail apa penyebab pastinya. Namun, mereka dapat menjelaskan berbagai faktor pemicu yang turut mengembangkan keberadaan sel kanker dalam ovarium Anda. Situasi ini tampaknya mencemaskan dan membuat Anda jadi deg-degan.

Namun, Anda tidak sendirian. Beberapa orang yang mengalami kanker ovarium juga merasakan hal serupa. Mereka seringkali bingung, keheranan, dan bertanya-tanya; mengapa ini terjadi pada mereka? Daripada terus meratapi keadaan Anda dengan hal yang bersifat negatif, cobalah untuk melihat dari sudut pandang yang berbeda. Sehingga Anda dapat bertahan dalam menghadapi penyakit ini. Banyak yang terkejut sewaktu hasil diagnosis menunjukkan bahwa Anda terkena kanker ovarium, sebelum hal ini sudah terjadi Anda tentu tertarik mencari tahu penyebab kanker ovarium.

Faktor usia, terutama bagi Anda yang berusia 50 tahun harus benar-benar menjaga kesehatan. Faktor penyebab ini seringkali menjadi dasar terjadinya penyakit di usia lanjut, sebenarnya tak hanya kanker ovarium saja. Apa yang menyebabkan timbulnya penyakit di usia tua? Secara ilmiah, sewaktu usia menua – kondisi tubuh akan melemah, sehingga sistem kekebalan tubuh tidak seperti dahulu. Hal ini menyebabkan tubuh mudah sekali terserang zat asing, kemudian zat asing ini akan menetap dalam tubuh dan mulai merekonstruksi jaringan sel sehat menjadi tidak normal.

Faktor Keturunan, tampaknya banyak keluarga yang memiliki garis keturunan pengidap kanker memiliki risiko mengalaminya hal yang sama. Terutama mereka yang memiliki sejarah kanker payudara, hal ini terjadi karena mutase genetika pada gen kanker payudara 1 (BRCA1) beserta gen kanker payudara 2 (BRCA2). Beberapa jenis penyakit turunan seperti sindrom lynch yang berkaitan dengan kanker usus juga diduga memiliki kecenderungan pembawa kanker ovarium.

Baca Juga:  Apa Pengobatan Kanker Ovarium?

Faktor Hormon, jika sewaktu remaja Anda pernah mengalami menstruasi dini yang terjadi pada usia 12 tahun dan diusia lanjut mengalami menopause tentu berisiko mengalami kanker ovarium. Apa yang menyebabkan terjadinya kemungkinan ini bisa jadi berkaitan dengan sistem operasi tubuh setiap orang yang cenderung berbeda-beda. Bahkan perubahan yang ada dalam diri Anda dapat terjadi sewaktu Anda mengonsumsi makanan tertentu. Beberapa orang sensitif terhadap zat kimia yang terkandung dalam makanan, sedangkan beberapa orang lainnya tidak merasakan itu. Adakah faktor lainnya?

Ketiga faktor penyebab kanker ovarium diatas memang tidak dapat Anda kendalikan sepenuhnya. Namun adapula faktor tambahan yang bisa Anda kendalikan, seringkali berkaitan dengan pola hidup atau kebiasaan. Salah satunya merokok yang menjadi akar dari segala penyakit. Bahkan pengobatan kesuburan atau penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim juga meningkatkan risiko kanker rahim. Sama halnya dengan terapi hormon bagi pasangan yang ingin memiliki anak. Sebaiknya Anda tetap waspada terhadap beberapa faktor penyebab kanker ovarium yang telah disebutkan ini!

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}