Kenali Gejala Kanker Mata dan Pilihan Pengobatan Herbal Terbaiknya

554

Diedit:

Gejala-gejala kanker mata dapat terjadi pada berbagai bagian mata. Siapapun yang berusia di atas 50 tahun dan pernah memiliki masalah pertumbuhan abnormal di area mata memiliki risiko lebih besar untuk mengembangkan jenis kanker ini.

Kanker ini bisa menyebar dari area mata ke bagian tubuh lain, misalnya paru-paru atau payudara. Itulah sebabnya mengapa Anda perlu mendeteksi dini ciri-ciri kanker mata agar bisa cepat ditangani sebelum menyebar dan kanker semakin sulit ditumpas.

Gejala-Gejala Kanker Mata yang Perlu Diwaspadai

Kanker ini seringkali tidak menyebabkan kemunculan gejala-gejala yang dapat dilihat dengan jelas, sehingga biasanya kanker ini baru akan terdeteksi saat Anda menjalani pemeriksaan mata rutin. Akan tetapi bila muncul gejala yang terlihat, maka tanda-tanda kanker mata tersebut biasanya berupa:

  • Dalam penglihatan ada bayangan, kilatan cahaya, atau garis berkelok
  • Penglihatan menjadi buram
  • Bercak gelap di area mata yang semakin membesar
  • Kehilangan sebagian atau seluruh penglihatan
  • Salah satu mata terlihat menonjol
  • Benjolan pada kelopak mata atau pembesaran ukuran mata
  • Rasa sakit di atau sekitar mata, meskipun hal ini jarang terjadi
  • Iritasi pada mata sehingga membuat mata menjadi merah
  • Jangkauan penglihatan menjadi sempit—dapat melihat ke depan, tetapi tidak bisa melihat sekitarnya

Ingatlah: Gejala-gejala kanker mata di artikel ini bisa disebabkan oleh masalah kesehatan mata lain yang bukan kanker. Akan tetapi Anda tetap perlu periksa ke dokter jika mengalaminya agar bisa diketahui penyebabnya serta dapat ditangani secepatnya.

Karena tanda-tanda kanker mata sulit untuk diidentifikasi jika hanya dilihat secara kasat mata, maka dari itu penting untuk menjadwalkan pemeriksaan mata rutin. Pemeriksaan demikian semakin diperlukan lagi jika Anda sudah melihat keberadaan ciri-ciri kanker mata seperti yang disebutkan di atas.

Saat melakukan pemeriksaan mata, dokter mungkin akan melaksanakan beragam tes untuk memastikannya. Bagian berikut ini akan membantu Anda untuk memahami bagaimana caranya dokter mendiagnosis kanker mata.

Caranya Dokter Mendiagnosis Kanker Mata

Dokter mungkin akan menanyakan tentang gejala-gejala kanker mata yang Anda miliki dan memeriksa penglihatan serta pergerakan dari bola mata Anda. Selama pemeriksaan mata, dokter akan menggunakan oftalmoskop (alat yang dipasangkan lensa pembesar berukuran kecil) untuk bisa melihat bagian dalam mata dengan lebih jelas.

Jika ada perkembangan sel-sel kanker di mata, dokter mungkin akan mendapati bahwa vitreous (zat seperti gel yang mengisi sebagian besar dalam mata) tampak keruh. Selain itu, ada berbagai pemeriksaan tambahan yang mungkin akan direkomendasikan dokter untuk Anda jalani, misalnya:

  • USG—menggunakan gelombang suara untuk menciptakan gambaran dari kondisi mata.
  • Fluorescein angiography—menggambarkan kondisi pembuluh darah di mata. Pewarna fluorescein disuntikkan ke pembuluh darah di tangan, lalu zat pewarna tersebut akan bergerak ke pembuluh darah di belakang mata. Prosedur ini digunakan untuk melihat apakah ada tanda-tanda kanker mata yang terdeteksi.
  • Biopsi jarum tipis—mengambil sedikit sel-sel mata menggunakan jarum tipis untuk melihat apakah ada perkembangan kanker pada sel-sel tersebut. Seringkali prosedur ini tidak diperlukan karena dokter sudah mampu mendiagnosis kanker sebelum prosedur ini dibutuhkan.
  • CT Scan—menciptakan gambar 3 dimensi dari bagian dalam tubuh dengan mesin X-ray. Sebuah komputer lalu menggabungkan gambar-gambar ini menjadi terperinci yang akan memperlihatkan jika ada kelainan atau kanker di mata. CT Scan juga dapat digunakan untuk mengukur ukuran kanker.
  • MRI—menggunakan medan magnet untuk menghasilkan gambar rinci dari bagian dalam tubuh. MRI juga dapat digunaan untuk mengukur ukuran kanker.
  • PET Scan—menciptakan gambar organ dan jaringan dalam tubuh dengan menuntikkan sejumlah kecil zat gula radioaktif ke dalam tubuh. Zat gula ini lalu diambil oleh sel-sel tubuh yang paling membutuhkan energi. Oleh sebab itu, sel-sel kanker yang cenderung aktif menggunakan energi kemudian akan menyerap lebih banyak zat gula ini. Sebuah scanner lalu akan mendeteksi zat ini untuk menghasilkan gambar dari dalam tubuh.
Baca juga:  7 Tanda-Tanda Kanker Mata Stadium Awal

Setelah selesai melakukan beragam pemeriksaan medis untuk mendeteksi ciri-ciri kanker mata, dokter akan meninjau semua hasilnya bersama dengan Anda. Jika memang terdeteksi adanya pertumbuhan kanker di mata, dokter kemudian akan melakukan pemeriksaan lanjutan untuk menentukan sudah seberapa parah stadiumnya dan penyebarannya—hal ini memengaruhi pilihan pengobatan yang disarankan.

Kunci untuk keberhasilan pengobatannya adalah mengidentifikasi ciri-ciri kanker mata sedini mungkin, sebelum kanker mendapatkan kesempatan untuk menyebar. Apabila Anda sudah benar-benar mencurigai keberadaan kanker, maka sangat dianjurkan untuk bertindak cepat.

Beberapa orang memanfaatkan herbal sebagai langkah cepat untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker yang cenderung agresif. Mereka mengonsumsi herbal yang terbukti efektif menumpas kanker sambil menunggu hasil pemeriksaan medis agar gejala-gejala yang sudah dirasakan tidak bertambah parah. Bagian berikut ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang tertarik untuk mencoba pengobatan herbal.

Pilihan Herbal Terbaik Untuk Pengobatan Kanker Mata

Bila Anda memilih untuk memanfaatkan pengobatan herbal sebagai langkah cepat untuk semakimsal mungkin menghambat perkembangan gejala-gejala kanker mata, berikut ini tersedia 3 herbal anti kanker pilihan yang bisa dipertimbangkan.

Sarang Semut

Sarang Semut adalah herbal yang telah banyak terbukti khasiatnya dalam pengobatan kanker karena memiliki kandungan senyawa aktif semacam tanin, flavonoid, serta polifenol.

Seorang ahli peneliti utama LIPI, Dr. M. Ahkam Subroto mengatakan bahwa dengan limpahnya kandungan beragam senyawa aktif tersebut yang berguna sebagai antioksidan dan anti kanker, menjadikan herbal ini sangat tepat digunakan untuk menumpas berbagai jenis kanker.

Kegunaan Sarang Semut untuk kanker berkaitan erat dengan mekanisme flavonoidnya yang mampu melawan perkembangan sel-sel kanker karena berfungsi sebagai inaktivasi karsinogen, antiproliferasi, inhibisi angiogenesis, dan mekanisme-mekanisme lainnya.

Bila ingin mencari tahu lebih banyak seputar Sarang Semut, silakan lihat artikel berikut: Sarang Semut Papua Mulai Hancurkan Kanker, Tumor, Benjolan Abnormal dalam Waktu 3 Bulan atau Kurang!

Baca juga:  Kanker Retinoblastoma Pada Anak: Info Seputar Kanker Mata

Noni Juice

Noni Juice juga adalah herbal yang sudah diakui khasiatnya dalam penyembuhan berbagai macam penyakit berat, termasuk kanker. Noni Juice mengandung scolopetin yang memiliki kemampuan untuk menguatkan sistem imun tubuh, termasuk membantuk fitokimia khusus yang bersifat antigen yang akan secara aktif melawan pembentukan sel-sel kanker.

Ada juga kandungan damnachantal di dalam Noni yang berguna untuk menghambat reproduksi sel-sel kanker secara signifikan. Sedangkan, Dr. Judah Folkman dari Harvard University mengungkapkan bahwa Noni bekerja secara sinergis bersama mikronutrien lain dalam menghambat aliran darah yang menuju sel-sel kanker sehingga mereka tidak mendapat asupan makanan untuk bertahan hidup.

Bila ingin mencari tahu lebih banyak seputar Noni Juice, silakan lihat artikel berikut: Noni Juice—Herbal Teruji Taklukan Darah Tinggi, Diabetes, Gangguan Jantung, dan Penyakit Lainnya!

Temu Putih

Pilihan herbal yang berikutnya adalah Temu Putih, atau yang juga dikenal sebagai Kunyit Putih. Temu Putih sudah cukup terkenal khasiatnya dalam dunia pengobatan kanker. Bahkan sudah cukup banyak penelitian yang dilakukan untuk membuktikan kemampuan anti kankernya.

Temu Putih didapati memilki kandungan Ribosome Inactivating Protein (RIP) yang berguna untuk menonaktifkan sel kanker, merontokkan sel kanker tanpa merusak jaringan sekitar, serta menghambat pertumbuhan sel kanker.

Di samping kandungan RIP, herbal ini juga diketahui mengandung zat antioksidan yang bertindak untuk mencegah kerusakan gen akibat kanker dan mengandung zat anti-curcumin yang bertugas untuk mencegah atau menghentikan peradangan sebagai dampak penyakit.

Jika Anda ingin membaca selengkapnya tentang khasiat Temu Putih atau Kunyit Putih dalam pengobatan kanker, silakan buka artikel: Kunyit Putih—Herbal Pengusir Kanker dan Tumor.

Anda bisa memanfaatkan pilihan herbal yang tersedia sebagai langkah awal untuk menangani gejala-gejala kanker mata yang mulai Anda rasakan. Jika Anda mencari herbal yang paling sering digunakan dalam pengobatan kanker, maka pilihannya adalah Sarang Semut. Herbal ini paling unggul dari segi empiris (berdasarkan pengalaman) dibandingkan dengan kedua pilihan lainnya.

Dari pengakuan para penggunanya, Sarang Semut seringkali sudah mampu menunjukkan reaksi penyembuhannya sejak 1-3 bulan pertama bila dikonsumsi secara rutin. Bahkan dalam 3 bulan tersebut ada juga yang mengaku sudah merasa sembuh dari gejala penyakit kanker yang dideritanya.

Jika Anda sekarang sedang khawatir karena ciri-ciri kanker mata yang disebutkan di artikel ini semuanya Anda rasakan, ingatlah bahwa kanker dapat ditangani dengan baik bila dideteksi sejak dini. Periksakanlah diri ke dokter untuk memastikan apakah itu memang benar gejala-gejala kanker mata atau bukan.

Kemudian langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mencari pengobatan kanker yang paling sesuai dengan keadaan yang Anda hadapi. Jika tubuh masih baru menunjukkan gejala (belum sampai divonis), kemungkinan besar herbal dapat membantu Anda untuk terbebas dari ancaman kanker.