Share:

Bicara soal cara mengatasi kanker memang cukup kompleks. Kita mengenal beragam terapi kanker konvensional yang lazim diberikan pada pasien kanker seperti kemoterapi dan radioterapi. Kita juga mengenal terapi alternatif pengobatan kanker, baik yang dijalankan dalam koridor medis maupun secara tradisional.

Jelas, tidak mudah memilih prosedur dan strategi apa yang tepat untuk kita pilih. Demikian banyak alternatif cara mengatasi kanker, tentu saja membuahkan hasil, tetapi tidak menutup kemungkinan adanya kegagalan dan efek samping.

Lepas dari prosedur konvensional, kita akan mencoba melihat apa saja alternatif pengobatan kanker yang memiliki pengakuan secara medis memiliki manfaat sebagai terapi kanker. efektif mengatasi kanker dengan hasil yang cukup memuaskan.

Cara Menentukan Pilihan Terapi Kanker

Begitu banyak faktor yang dapat menjadi menyebab pertumbuhan kanker.  beberapa disebabkan oleh masuknya elemen asing ke dalam tubuh yang memicu kerusakan sel, tetapi sebagian berkaitan dengan kondisi tubuh kita sendiri.

Beberapa penyakit kanker bisa diakibatkan oleh efek radiasi, efek komponen radikal bebas dan unsur karsinogen yang masuk ke dalam tubuh kita, mengakibatkan efek oksidasi terhadap sel-sel sehat dan cenderung merusak DNA sel.

Tetapi beberapa faktor lain seperti lemahnya sistem daya tahan tubuh, kadar ph tubuh yang tidak seimbang, komponen oksigen dalam darah yang tidak memenuhi kebutuhan, gangguan kadar gula darah dan masih banyak lagi bisa berperan cukup besar meningkatkan resiko kanker.

Dan di sinilah sejumlah prosedur kanker bekerja. Alih-alih menyerang sel kanker secara langsung sebagaimana pada terapi kanker konvensional, cara mengatasi kanker yang alami akan fokus pada kondisi tubuh pasien. Bagaimana membentuk kondisi tubuh yang tidak nyaman untuk pertumbuhan sel kanker.

Cara ini rupanya juga efektif sebagai cara mengatasi kanker. Tidak dengan secara langsung mematikan kanker, tetapi membuat kanker akhirnya melemah karena tidak berada pada lingkungan yang tepat. Dibarengi dengan terapi medis, alternatif pengobatan kanker ini akan meningkatkan kemungkinan keberhasilan pengobatan yang dilakukan.

Tidak hanya itu, pada stadium awal dan prekanker, menjalankan cara mengatasi kanker alternatif ini akan membantu Anda menyembuhkan kanker dengan lebih cepat. Bahkan mungkin dilakukan tanpa harus menjalankan terapi kanker konvensional yang kadang menyisakan efek samping.

Pilihan Alternatif Pengobatan Kanker

Setiap kondisi yang sifatnya meningkatkan resiko kanker dan mendorong kanker untuk berkembang lebih cepat sebenarnya sangat mungkin untuk diatasi. Ini lebih dari sekedar cara mengatasi kanker secara konvensional yang khusus hanya menyerang kanker dan sel-sel pendukungnya.

Tentu saja memilih dari demikian banyak alternatif pengobatan kanker bukan perkara sederhana. Karena faktanya kondisi dari setiap pasien juga berbeda. Kita perlu pahami betul apa sebenarnya yang terjadi pada tubuh pasien. Kenali faktor yang bekerja dominan pada tubuh pasien hingga mendorong terbentuknya kanker.

Dari sinilah kita paham, apa alternatif pengobatan kanker yang cocok bagi pasien. Setiap prosedur alternatif akan melakukan pendekatan berbeda pada tubuh pasien. Dan karenanya penting memahami terlebih dulu kondisi apa yang melatari kanker berkembang dan apa yang dapat diperbaiki dari tubuh pasien.

Dari sana kita akan menemukan titik terang dalam memilih solusi alternatif pengobatan kanker. Penting di sini untuk ditekankan, kita harus menemukan cara mengatasi kanker yang sesuai kondisi pasien secara personal.

Dan berikut adalah sejumlah pilihan alternatif pengobatan kanker yang bisa Anda jalankan sebagai cara mengatasi kanker alami.

Diet Ketogenik


Diet ketogenik memang salah satu diet kontroversial yang berani merubah cara pandang kita soal diet. Diet ini menekankan bahwa untuk menurunkan berat badan, kita perlu membatasi asupan gula termasuk pula karbohidrat.

Dalam kaca mata pakar diet ketogenik, lemak sebenarnya tidak memiliki pengaruh lebih besar dalam peningkatan berat badan dibandingkan gula. Gula memiliki peran lebih besar membuat kenaikan berat badan dan sudah tentu lebih berbahaya dari lemak.

Metode ini memang biasanya dikaitkan dengan masalah penurunan berat badan dan masalah diabetes. Siapa sangka diet ketogenik juga bisa dikaitkan dengan masalah kanker. Dan secara alami dapat menjadi cara mengatasi kanker yang efektif.

Konsep Diet Ketogenik

Karena membatasi asupan gula, tubuh akan secara alami mencari sumber alternatif untuk mendapatkan energi. Dan di sini lemaklah yang kemudian menjadi pilihan.

Tubuh memproduksi energi dari lemak, dan tidak melibatkan mitokondria sel yang secara fungsional bekerja menghasilkan energi dari glukosa. Tubuh melakukan proses metabolisme dengan memanfaatkan lemak dan asam lemak dalam tubuh.

Manfaat Diet Ketogenik untuk Terapi Kanker

Ada dua manfaat dari diet ketogenik ini untuk terapi kanker. pertama karena glukosa adalah energi utama dari sel kanker. Glukosa menjadi energi utama bagi sel kanker membelah diri dengan agresif dan melakukan metastasis.

Bahkan demi memenuhi kebutuhan akan glukosa, sel kanker akan dipersenjatai insulin reseptor yang lebih aktif dari insulin reseptor sel biasa. Juga memiliki sistem pembuluh darah mandiri (angiogenesis) yang memudahkan sel kanker menarik glukosa lebih optimal dari dalam darah.

Tanpa cukup gula dalam darah, sudah tentu sel kanker kekurangan energi. Sementara kekurangan kadar gula darah adalah hal yang sangat wajar terjadi pada mereka yang menjalankan diet ketogenik.

Di sisi lain, diet ketogenik juga membantu merawat sel sehat dengan lebih efektif. Diet ini menjaga mitokondria sel tetap dalam kondisi fit sehingga mencegah kerusakan lebih efektif.

Menurut jurnal Nutrition and Metabolism tahun 2007, diet ketogenik memiliki efektivitas hingga 56% sebagai alternatif cara mengatasi kanker dengan alami. Saat ini sejumlah riset masih dikembangkan untuk melihat pemanfaatan diet ketogenik sebagai alternatif pengobatan kanker.

Terapi Oksigen Hiperbarik


Kami sempat membahas mengenai konsep terapi oksigen hiperbarik di sini. Terapi ini dilakukan dengan dengan menggunakan memasukan pasien ke dalam tabung khusus dengan oksigen bertekanan tinggi. Terapi ini bekerja meningkatkan kadar oksigen dalam darah.

Pada awalnya, terapi oksigen hiperbarik ini ditujukan bagi peselam yang mengalami kecelakaan dalam perairan dalam akibat efek tekanan air. Tekanan besar menyebabkan munculnya anomali udara nitrogen dan menimbulkan emboli yang berbahaya bagi tubuh.

terapi kanker - cara mengatasi kanker - alternatif pengobatan kanker

Sumber: Fotolia

 Terapi ini rupanya sangat bermanfaat bagi tubuh, mengingat peran oksigen yang demikin krusial bagi kesehatan tubuh kita. Oksigen yang optimal akan membantu menyegarkan kembali sel-sel tubuh, mengaktifkan kembali induk sel dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca juga  5 Alasan Pengobatan Kanker Alternatif Mengalami Kegagalan

Selain diketahui baik untuk terapi stroke, belakangan terapi ini juga diketahui baik sebagai terapi kanker. Sebagaimana dijelaskan dalam jurnal Targeted Oncology tahun 2012.

Terapi ini membantu meningkatkan kadar oksigen dalam darah dan menormalkan kembali kadar Ph dengan menurunkan tingkat keasaman dalam tubuh. Dan sel kanker tidak dapat hidup dengan baik dalam lingkungan dengan kadar oksigen yang tinggi dan memiliki tingkat Ph yang basa.

Terapi ini juga baik untuk meningkatkan daya serap sel terhadap glukosa. Sehingga menurunkan kadar glukosa dengan baik. Juga membantu melindungi induk sel dari sel-sel sehat dalam tubuh, membentuk regenerasi sel yang sehat sehingga meningkatkan daya lawan sel sehat terhadap sel kanker.

Dalam tahun Public Library of Science One tahun2013, bahkan dikatakan terapi oksigen hiperbarik yang dipadukan dengan diet ketogenik akan memberi manfaat optimal sebagai cara mengatasi kanker yang alami.

Makanan Fermentasi


Makanan fermentasi selama ini dikenal sangat bermanfaat untuk fungsi pencernaan. Tetapi tidak banyak yang tau kalau ini juga baik sebagai terapi kanker. Lalu bagaimana cara kerjanya dalam mengatasi kanker?

Ternyata bakteri baik berperan besar dalam fungsi metabolisme dan fungsi imunitas. Bakteri baik juga membantu fungsi pencernaan menjalankan fungsi dengan optimal, termasuk proses cerna, penyerapan makanan dan pembuangan sisa makanan.

Tanpa cukup bakteri baik, fungsi pencernaan ini tidak dapat berjalan dengan lancar. Tubuh mungkin akan mengalami kekurangan nutrisi mikro karena usus gagal menyerap optimal nutrisi dalam makanan. Ini mungkin menurunkan kemampuan metabolisme dan daya tahan tubuh.

Proses pembusukan dan pembentukan feses tidak berjalan dengan lancar, sehingga kotoran dan sisa makanan terendap dalam usus. Ini meningkatkan unsur karsinogen dalam usus yang akan meningkatkan resiko kanker.

Mengonsumsi makanan fermentasi akan meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus. Dan ini baik untuk menurunkan level unsur karsinogen dalam usus dan mencegah serta menjadi cara mengatasi kanker yang efektif. Sebagaimana dijelaskan dalam Annual Research Conference on Food, Nutrition, Physical Activity and Cancer tahun 2013.

Hanya saja pastikan untuk mengonsumsi makanan fermentasi yang tersimpan dengan baik. Laporan dalam Annual Research Conference on Food, Nutrition, Physical Activity and Cancer tahun 2013, menuliskan bahwa makanan fermentasi dapat meningkatkan resiko kanker usus dan kanker esopagus.

Kondisi ini merupakan akibat terkontaminasinya makanan fermentasi dengan bakteri Helicobacter pylori, salah satu bakteri berbahaya yang kerap menginfeksi pencernaan dan memicu kanker.

Beta Glukan


Beta glukan adalah sejenis serat larut yang terbentuk dari polisakarida. Dalam beta glukan terdapat komponen gula, tetapi berbeda dari gula lainnya, gula satu ini juga dipadati oleh komponen serat yang penting untuk pencernaan.

Mengonsumsi makanan kaya beta glukan seperti barley, oat, rumput laut, gandum utuh, beras cokelat dan masih banyak lagi akan membantu Anda memiliki pencernaan yang efisien. Mencerna dengan optimal, mengeluarkan pembuangan dengan lancar dan menyerap dengan baik.

Serta membantu sistem pencernaan tidak menyerap komponen makanan kaya kolesterol, karena kolesterol sendiri akan diikat untuk masuk ke dalam pembuangan, tanpa diserap tubuh. Itu sebabnya beta glukan juga baik untuk menjaga kolesterol dan gula darah.

Tetapi beta glukan juga baik sebagai terapi kanker alternatif. Hal tersebut dijelaskan dalam temuan yang diungkap pada Mutation Research tahun 2007.

Beta glukan tidak bekerja sebagai serat biasa, karena ada manfaat terapi imun yang efektif mendongkrak performa imunitas seseorang. Beta glukan memiliki kemampuan mengaktifkan sistem imunitas sehingga menghasilkan pertahanan tubuh yang lebih aktif. Untuk lebih efektif menemukan karakter abnormal dari sel tubuh dan membunuhnya dengan efektif pula.

Cara inilah yang kemudian bermanfaat sebagai cara mengatasi kanker yang juga efektif. Karena dengan meningkatkan performa imunitas, tubuh memiliki sistem yang kuat untuk melawan perkembangan kanker.

Mengonsumsi beta glukan sendiri terbukti memberi efek perlambatan pertumbuhan kanker. Bahkan efektif pula membunuh kanker, karena kemampuannya meningkatkan sensitivitas sistem kekebalan tubuh. Sebagaimana dijelaskan dalam The American Association of Immunologists tahun 1999.

Vitamin D


Vitamin D identik sebagai vitamin penting yang berperan dalam menjaga kepadatan tulang. Tubuh membutuhkan vitamin D untuk menyerap kalsium dan menyimpannya dalam tulang.

Tetapi, vitamin D juga memiliki peran penting lain selain untuk kepadatan tulang, salah satunya untuk pencegahan kanker dan alternatif pengobatan kanker. terbukti vitamin D memiliki sifat anti kanker sebagaimana dijelaskan dalam Indian Journal of Pharmacology tahun 2011.

Vitamin D demikian krusial sebagai pencegahan kanker, sehingga mereka yang hidup di kawasan dengan iklim cenderung dingin dan mendung memiliki resiko kanker 2 – 3 kali lebih besar dari mereka yang tinggal di kawasan beriklim cerah. Ini karena sinar matahari memiliki peran membantu tubuh menyerap vitamin D yang kita asup.

Untuk sel-sel sehat mempertahankan DNA di dalamnya, tubuh membutuhkan cukup vitamin D. Karenanya vitamin D dapat bertugas sebagai DNA proteksi dan menjaga keberlangsungan sistem regenerasi sel berjalan baik.

Vitamin D juga memiliki peran dalam cara mengatasi kanker alami. karena vitamin D akan menghambat reseptor dalam sel kanker yang bekerja merespon insulin. Sehingga sel kanker tidak terlalu aktif menyerap glukosa.

Vitamin D akan menghambat produksi sejenis senyawa pertumbuhan pada sel kanker. Hingga akan mengurangi aktifnya aktivitas proliferasi dari sel kanker. Proses pembelahan diri agresif dari sel kanker dapat dihambat.

Vitamin D juga akan menjadi pilihan cara mengatasi kanker alami yang bekerja langsung mencegah proses metastasis. Vitamin D akan melemahkan sel kanker yang lepas dari koloninya dan masuk ke dalam pembuluh darah. Sehingga sel kanker yang terlanjut menyebar ini kesulitan mencapai organ lain untuk membentuk serangan kanker baru pada organ baru.

Baca juga  Terapi Kanker Protokol Budwig, Benarkah Efektif?

Kebutuhan tubuh akan vitamin D standarnya sekitar 95 IU untuk tiap kilogram berat badan. Tetapi bagi mereka yang membutuhkan vitamin D sebagai terapi kanker akan membutuhkan vitamin D hingga kisaran 400 – 700 IU.

Manfaat Herbal


Sejumlah herbal terbukti secara empiris memiliki efek anti kanker. Memanfaatkan herbal-herbal tersebut untuk terapi kanker terbukti memiliki manfaat sebagai cara mengatasi kanker secara alami sekaligus mencegah kanker kembali kambuh.

Kebanyakan alasan dari penggunaan herbal sebagai alternatif pengobatan kanker adalah komponen antioksidan di dalam herbal bersangkutan. Komponen fitokimia yang terkandung di dalamnya memberi manfaat mengatasi kerusakan sel dan membantu mematikan sel-sel kanker.

Sejumlah herbal yang terbukti dapat bermanfaat sebagai alternatif pengobatan kanker antara lain adalah :

  • Kunyit

    Sebagaimana dijelaskan dalam Official Journal of the Balkan Union of Oncology tahun 2016, komponen utama dari kunyit seperti kurkumin, turmerik dan quercetin memiliki kekuatan melawan pembentukan kanker.

  • Bawang Putih

    Kekuatan bawang putih sebagai anti inflamasi sudah dikenal lama. Tetapi rupanya bawang putih dengan komponen allysin di dalamnya memiliki efek anti kanker. Sebagaimana dijelaskan dalam Saudi Pharmaceutical Journal tahun 2010.

  • Anggur Hitam

    Rahasia terbaik dari anggur hitam adalah kandungan resveratrol dan komponen flavonoid lain termasuk antosianin menjadikan anggur hitam memiliki kemampuan memperbaiki kerusakan dan menjadi alternatif pengobatan kanker yang sangat efektif.

  • Sarang Semut

    Sarang semut, herbal unik asli tanah Papua memiliki komponen flavonoid yang paling lengkap dibandingkan jenis herbal lain. Dan ini menjadikannya efektif mencegah dan mengatasi kanker. Hal tersebut dijelaskan pula dalam Pakistan Journal of Biological Sciences tahun 2010.

Masih banyak herbal lain yang diakui secara empiris memiliki kemampuan efektif mencegah kanker dan menjadi salah satu cara mengatasi kanker.

terapi kanker - cara mengatasi kanker - alternatif pengobatan kanker

Sumber: i2.wp.com

Detoksifikasi


Sejumlah pakar masih melihat ide detoksifikasi sebagai metode yang tidak terlalu ilmiah. Tetapi konsep ini tetap diakui pula memiliki manfaat dalam pencegahan kanker.

Karena detoksifikasi memiliki tujuan utama meningkatkan pembuangan, baik melalui urin, keringat dan feses. Serta mendorong endapan kotoran, endapan toksin dan residu dari proses metabolisme tubuh untuk keluar melalui saluran pembuangan ini.

Anda bisa memilih sejumlah metode yang lazim digunakan untuk cara mengatasi kanker. Pada umumnya terapi bertujuan menarik kotoran sebanyak-banyaknya dari dalam tubuh dan mem buangnya melalui kotoran.

Ada banyak pilhan yang bisa Ada coba, sebut saja seperti kopi enema yang memasukan kopi pada anus untuk menarik feses keluar lebih lancar. Atau dengan ide mengonsumsi juice. Juice buah dan sayuran akan membantu pasien kanker mendapatkan asupan lengkap dengan rasa yang bersahabat.

Imbangi aktivitas detoksifikasi ini dengan menjalankan aktivitas fisik lebih tinggi. Keringat yang keluar bersamaan dengan aktvitas fisik yang Anda lakukan akan membuang sejumlah kompoen anti oksidan .

Beberapa protokol alternatif pengobatan kanker menggunakan penekanan detoksifikasi ini dalam sistem mereka. Salah satunya adalah Terapi Gerson. Perpaduan antara konsumsi juice dan detoksifikasi optimal menggunakan sistem kopi enema menghasilkan tubuh yang lebih bersih dan memberi efek stimulan bagi imunitas.

Tubuh tanpa efek karsinogen, mengandung kadar oksigen dan antioksidan yang tinggi dan memiliki sejumlah komponen vitamin dan mineral yang cukup lengkap. Ini yang kemudian mendorong tubuh menyembuhkan dirinya sendiri dari kanker.

Terapi Budwig


Terapi ini adalah konsep lain dari protokol terapi kanker alternatif. Ini adalah pilihan alternatif dari cara mengatasi kanker yang juga banyak direkomendasikan secara medis. Bahkan dalam tahap stadium awal, tingkat keberhasilan dari protokol ini cukup baik.

Inti dari terapi budwig adalah, asam lemak essensial merupakan terapi kanker alami terbaik. Asam lemak essensial memiliki kemampuan sangat efektif memerangi pertumbuhan kanker.

Lemak jenuh memiliki sifat menurunkan sirkulasi darah dan mengganggu keseimbangan Ph tubuh seseorang. Dengan menggantikan asupan lemak jenuh dengan lemak tak jenuh dan asam lemak maka perubahan besar akan muncul.

Karena asam lemak justru memiliki efek baik pada tubuh. asam lemak mengandung komponen lipid lebih tinggi, sehingga lebih mudah diubah tubuh menjadi energi dan tidak mudah pula terendap dalam tubuh. justru asam lemak membantu menjaga kesinambungan regenerasi sel.

Asam lemak akan membantu memperbaiki imunitas, mengatasi inflamasi dan membantu memproteksi mitokondria dan induk sel. asam lemak akan membentuk sistem imunitas aktif yang pandai membaca sinyal keberadaan sel kanker dan mematikannya.

Untuk itu, pasien akan disarankan mengonsumsi asupan sumber asam lemak. Pada umumnya, disarankan mengonsumsi flaxseed karena kandungan asam lemaknya yang sangat tinggi. konsumsi keju dan ikan-ikanan juga menjadi pilihan asupan dalam alternatif pengobatan kanker satu ini.

Terapi Enzim


Enzim adalah salah satu bagian pencernaan berupa senyawa khusus yang terlibat dalam proses sekresi makanan dan penyerapan makanan. Sebagian besar enzim secara alami diproduksi oleh pankreas. Enzim akan berperan membantu merubah makanan menjadi zat yang lebih mudah untuk diserap tubuh.

Dan kemudian dikenal konsep terapi enzim proteolitik. Konsep ini mengedepankan untuk meningkatkan produksi enzim pada pankreas dengan menjadi vegetarian. Vegetarian akan membantu memperbaiki kinerja sistem pencernaan, termasuk penyerapan makanan.

Menurut Integrative Cancer Therapy tahun 2008, ditemukan bahwa terapi enzim proteolitik memang memiliki manfaat memperlambat pekembangan sel kanker bahkan juga efektif sebagai alternatif pengobatan kanker.

Tubuh memang memproduksi enzim. Tetapi, sebenarnya sejumlah makanan memiliki kadar enzim yang tinggi. enzim dari makanan ini membantu meningkatkan kerja pencernaan dan imunitas dengan lebih aktif.

Enzim yang diperoleh dari makanan akan meningkatkan daya serap usus terhadap unsur toksin untuk dikeluarkan melalui feses dan membantu kinerja dari sistem pencernaan itu sendiri. Tidak hanya itu, terbukti enzim tambahan ini membantu memperbaiki imunitas. Imunitas inilah yang akan memberi manfaat untuk menghambat perkembangan kanker.

Asupan Makanan untuk Terapi Enzim Proteolitik

Enzim utama yang mendapatkan perhatian khusus pada terapi ini adalah enzim protease. Ini adalah jenis enzim yang bekerja dalam proses asimilasi protein. Ini meningkatkan efisiensi penggunaan protein untuk tubuh dan meminimalisir penggunaan protein oleh sel kanker.

Pasien kanker cenderung kekurangan enzim protease ini sehingga meningkatkan penggunaan protein oleh sel kanker. Pasien perlu menggunakan enzim protease dari luar seperti yang berasal dari makanan.

Dua jenis makanan yang mengandung kadar enzim yang bersifat serupa dengan protease adalah pepaya dengan enzim papainnya dan nanas dengan enzim bromelain. Keduanya bekerja efektif memecah protein sehingga mudah diserap tubuh.

Pahami, ada begitu banyak terapi kanker alternatif yang lazim diberikann sebagai pilihan kedua alternatif pengobatan kanker. Kenali apa sebenarnya masalah yang Anda hadapi sehingga Anda mengalami peningkatan resiko kanker. Dan kenali pula terapi cara mengatasi kanker yang mana untuk membantu Anda menemukan pilihan yang tepat untuuk mengatasi kanker.

Nurul Kuntarti

Menggeluti dunia penulisan, namun menemukan hasratnya dalam bidang kesehatan sejak memiliki putri pertamanya. Keinginan untuk terus memahami dunia kesehatan dilanjutkan dengan mengabdikan diri dalam dunia tulis-menulis di bidang kesehatan, untuk terus menghasilkan artikel-artikel kesehatan yang akurat, kredibel, dan bermanfaat.


Artikel di-posting oleh Nurul Kurtanti dan di-review oleh tim penulisan deherba.com.