Alergi Kulit Kurangi Resiko Kanker


By Fery Irawan

Akhir-akhir ini, sebuah penelitian mengungkap bahwa penderita alergi kulit lebih kecil kemungkinannya mengalami kanker kulit dan payudara. Penelitian itu dilakukan selama 23 tahun terhadap 17.000 orang dewasa yang diuji dengan berbagai penyebab alergi kulit atau alergen.

Lebih dari 6.000 di antara mereka dinyatakan positif alergi terhadap sedikitnya satu bahan kimia atau logam dan mereka didapati memiliki resiko yang lebih rendah terhadap kanker kulit non-melanoma dan kanker payudara.

Bagaimana bisa? Apa hubungannya kulit alergi dengan kanker? Untuk menjawabnya, kita perlu tahu dulu apa yang menyebabkan seseorang mengalami alergi kulit.

Hasil studi selama beberapa dekade menunjukkan bahwa tubuh kita punya sistem untuk menyerang apa pun yang mengancam tubuh kita. Hal ini sering disebut sebagai kekebalan tubuh.

Sistem kekebalan tubuh kita sangat kompleks. Dalam kaitannya dengan kulit, jika ada alergen atau zat yang dianggap menyerang tubuh, tubuh bisa melawannya dengan sel-sel kekebalan, seperti Immunoglobulin, sel T, dll.

Hal itu dapat terlihat jika kita mengalami alergi gatal-gatal, ruam, dan bengkak. Bagi orang yang kekebalan tubuhnya terlalu aktif, kulit alergi bisa terpicu oleh penyebab yang bervariasi, misalnya: bahan kimia dalam makanan, parfum, atau bahan pembersih, juga mineral atau logam dalam perhiasan, serta pengawet dan pewarna dalam kosmetik.

Penelitian juga tampaknya menunjukkan bahwa kekebalan tubuh demikian tidak hanya menggunakan sistemnya untuk menyerang alergen, tetapi juga menyerang tanda-tanda awal dari tumor.

Karena alergi, tubuh seseorang dapat mendeteksi adanya ancaman dari benda yang dianggap asing oleh tubuh. Dengan cara yang sama dengan alergi kulit, sel-sel yang membelah lebih daripada biasanya, atau dapat dikatakan sel kanker, juga dideteksi sebagai ketidaknormalan dalam tubuh yang juga harus diatasi dan diperangi. Jadi dalam hal ini, kulit alergi itu suatu keuntungan, kan?

‘Tapi, gimana dong? Kan alergi gatal-gatal itu nggak menyenangkan?’ Memang, dan ada banyak cara juga untuk mengurangi dan mencegah efeknya yang tidak menyenangkan dari alergi kulit.

Antara lain misalnya mengonsumsi makanan yang mengandung bahan-bahan anti-inflamatori, misalnya karotenoid, vitamin C, vitamin E, Kalsium, dan Flavonoid. Kalau mendengar nama-nama itu, rasanya sering ya kita mendengarnya.

Ya, memang, itu adalah kandungan umum yang ada dalam bahan-bahan nabati seperti buah. Dan seperti kata-kata orang pintar, alam bisa menyembuhkan dirinya sendiri. Kita pun, sebagai makhluk yang berasal dari alam, bisa menyembuhkan alergi kulit dengan menggunakan bahan-bahan alam tersebut.

Meski buah secara umum memilki kandungan zat-zat yang bisa mengatasi alergi kulit, ada juga buah-buahan yang mengandung zat-zat spesifik lain yang bisa mengatasinya.

Misalnya saja buah Noni, jus yang terbuat dari buah Noni mengandung bahan-bahan alami seperti epigallocatechin, epigallocatechin gallate (EGCG), dan epicatechin gallate yang adalah antioksidan yang kuat.

Saat meneliti sel-sel kekebalan tubuh yang melepaskan zat alergi kulit, para peneliti mendapati bahwa epigallocatechin gallate (EGCG) ternyata sangat berperan dalam pencegahannya.

Hal ini dimungkinkan karena EGCG mampu mengblokir reseptor IgE (Immunoglobulin E) yang berperan dalam reaksi alergi kulit. Namun, cara termudah untuk terhindar dari alergi kulit adalah dengan menghindari alergen yang memicunya.

Ternyata tidaklah seburuk yang kita duga, ya. Selain bisa mengurangi resiko kanker, ternyata ada banyak cara mudah juga untuk mengatasi alergi kulit.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}