7 Tanda Kanker yang Harus Diwaspadai


By Fery Irawan

Tanda kanker saat hinggap dan bersarang di tubuh sebenarnya bisa diketahui jika kita teliti memeriksanya. Tetapi karena mungkin kurang telaten dalam memerhatikan kondisi tubuh membuat tanda kanker itu lepas dari pengawasan.

Hal ini sangat berbahaya mengingat tanda kanker yang muncul bisa dijadikan indikasi awal seseorang mengidap penyakit ganas ini. Kebrutalan kanker dalam mematikan penderitanya sudah terkenal sebab sudah banyak yang menjadi korbannya. Tanda kanker biasanya tidak terlalu kelihatan pada awalnya, namun saat mulai mengganas tanda kanker itu akan semakin tampak jelas.

Oleh karena itu, siapapun perlu mengetahui apa saja tanda kanker agar bisa mewaspadainya. Dengan melakukan deteksi dini kanker, diharapkan pengobatan penyakit kanker bisa segera dilakukan sehingga nyawa penderita bisa diselamatkan.

Bagi Anda yang ingin mengetahui apa saja tanda kanker, berikut tujuh tanda kanker yang harus diwaspadai.

  • Urin atau feses bercampur darah
    Tanda kanker pertama adalah bercampurnya darah dalam urin atau feses. Ini merupakan tanda yang tidak normal bagi tubuh manusia. Bila hal itu terjadi sebaiknya segera waspada. Lakukan pemeriksaan diri ke dokter untuk mengetahui apa yang terjadi.
  • Batuk berkepanjangan 
    Sakit batuk yang sulit disembuhkan bisa menjadi salah satu tanda kanker. Batuk yang normal biasanya akan sembuh dalam beberapa hari sedangkan batuk yang tidak normal akan berlangsung sampai berminggu-minggu.
  • Tidak mudah menelan makanan
    Dalam kondisi normal orang mudah menelan makanan. Tetapi itu tidak berlaku bagi yang kondisinya sedang tidak normal. Mereka akan sulit untuk menelan makanan. Bisa jadi hal ini disebabkan karena terjadinya sesuatu yang tidak beres pada saluran pencernaan. Dan kesulitan menelan makanan tersebut termasuk juga tanda kanker.
  • Terdapat benjolan abnormal
    Benjolan abnormal yang muncul dapat menjadi tanda kanker yang mudah terlihat. Biasanya, benjolan abnormal yang menjadi indikasi tandanya kanker dapat tumbuh di permukaan kulit (kanker kulit), payudara (kanker payudara), leher dan ketiak (kanker getah bening) dan berbagai bagian tubuh lainnya. Intinya, ketika timbul benjolan yang tidak wajar pada tubuh, sebaiknya berhati-hati karena bisa jadi itu merupakan tanda terjadinya kanker.
  • Penurunan berat badan secara drastis
    Tanda kanker lainnya adalah terjadinya penurunan berat badan secara drastis dalam waktu singkat. Seseorang yang semula memiliki berat badan yang normal namun tiba-tiba terjadi penurunan badan lebih dari sepuluh persen, harus waspada. Sebab hal itu bisa menjadi indikasi adanya gangguan di pencernaan yang bisa menjadi penyebab terjadinya kanker usus.
  • Mengalami anemia
    Tanda kanker ke-enam adalah penderita mengalami kurang darah (anemia). Penyebab anemia adalah rendahnya jumlah sel darah merah. Hal itu bisa menjadi salah satu tanda terjadinya kanker dalam tubuh.
  • Mudah lelah
    Kondisi mudah lelah atau capek juga bisa menjadi tanda kanker. Sekalipun waktu beristirahat sudah mencukupi, namun rasa capek di tubuh masih hinggap. Sebaiknya hal ini diwaspadai karena bisa jadi merupakan tanda kanker.
Baca Juga:  7 Ciri-Ciri Kanker yang Begitu Ganas

Jika Anda mengalami 7 tanda kanker di atas, segeralah memeriksakan diri ke dokter. Semakin cepat keberadaan kanker diketahui dan semakin cepat tindakan pengobatan yang dilakukan, semakin tinggi pula kemungkinan Anda dapat sembuh mengingat kasus kematian akibat kanker sebagian besar disebabkan karena keterlambatan diagnosa dan keterlambatan pengobatan yang diberikan di mana kanker sudah mengganas dan tidak dapat dikendalikan lagi.

Itulah sebabnya, pada pasien kanker stadium lanjut, pengobatan medis yang diberikan biasanya merupakan kombinasi dari 3 metode utama yakni pembedahan untuk mengangkat jaringan yang terkena kanker yang kemudian diikuti oleh radiasi atau kemoterapi untuk membunuh sel-sel kanker yang tersisa dalam tubuh dan tidak bisa dihilangkan dengan operasi. Umumnya, banyak orang yang sudah mengetahui efek samping apa yang akan dialami akibat metode pengobatan tersebut.

Oleh sebab itu, banyak penderita kanker stadium lanjut yang memadukan pengobatan medis dengan pengobatan alternatif herbal dengan harapan mengurangi efek samping yang terjadi dan mendapati bahwa hal tersebut benar-benar efektif.

Hal tersebut selaras dengan komentar Dr Dewata yang dimuat di Majalah Trubus, “Pasien yang memadukan antioksidan dan obat kimia dokter lebih cepat sembuh daripada hanya menggunakan obat kimia.”

Contohnya, para penderita kanker yang juga menjadi pengguna kapsul ekstrak Sarang Semut, merasakan proses kesembuhan yang lebih cepat dari pada sebelumnya. Begitu pula penderita kanker (stadium awal) yang menggunakan Sarang Semut secara tunggal.

Rata-rata melaporkan sudah mulai merasakan khasiat setelah menggunakannya selama 1-2 bulan saja! Kunjungi halaman Sekilas Sarang Semut untuk mengetahui apa itu Sarang Semut? Dan bagaimana Sarang Semut terbukti efektif memerangi kanker dan tumor.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}