Tanda Alzheimer Yang Perlu Dipahami

498
Tanda Alzheimer
Tanda Alzheimer

Diedit:

Alzheimer – Apakah Anda mengkhawatirkan perilaku atau daya ingat orang tua yang Anda cintai? Mungkin ibu Anda mulai gampang tersasar saat berbelanja di pasar atau ayah Anda suka mengajukan pertanyaan yang sama berulang-ulang. Tanda Alzheimer tidak selalu bisa terlihat dan sulit dibedakan dengan pelemahan daya ingat normal yang dialami oleh lansia.

Dalam artikel ini Anda akan melihat tanda alzheimer awal yang jarang diperhatikan. Mari kita simak ulasan menurut mayoclinic berikut ini.

Tanda Alzheimer

Banyak yang keliru menyamakan Alzheimer dengan demensia. Apa perbedaannya? Alzheimer adalah penyakit, sedangkan demensia merupakan sekumpulan gejala yang mencakup kehilangan kemampuan mengingat, berpikir, dan bernalar.

Meskipun pelemahan daya ingat bisa jadi normal dialami oleh lansia, namun problem daya ingat yang kerap mengganggu aktivitas sehari-hari tidaklah normal. Menurut para ahli, tanda Alzheimer mencakup:

Hilang ingatan

Meskipun ingatan lama tampaknya tidak terpengaruh, namun penderita Alzheimer dapat melupakan peristiwa yang baru saja dialami ataupun janji-jani penting. Siapapun dapat melupakan sejumlah detail dari peristiwa atau percakapan tetapi bisa berusaha mengingatnya lagi. Sedangkan penderita Alzheimer bisa lupa sama sekali dan menganggap tidak terjadi apa-apa.

Pengulangan

Penderita Alzheimer mungkin mengulang-ulang—kadang kata demi kata—suatu cerita. Mereka mungkin terus menanyakan sesuatu yang sama berulang kali, tidak peduli seberapa banyak pertanyaan itu sudah dijawab.

Masalah Berbahasa

Kita semua terkadang sulit mengingat suatu kata. Tetapi jika seseorang selalu bermasalah untuk mengingat bahkan kata-kata dasar, itu bisa jadi tanda Alzheimer. Cara mereka berbicara juga mungkin tidak jelas atau sulit untuk diikuti.

Perubahan Kepribadian

Mereka yang menderita Alzheimer mungkin suasana hatinya gampang berubah drastis. Kadang terlihat emosional—marah atau kesal—tanpa alasan jelas. Mereka dapat merasa bosan melakukan hal-hal yang biasanya mereka nikmati. Ada juga yang menjadi curiga kepada anggota keluarganya sendiri.

Baca juga:  Perbedaan Alzheimer Yang Perlu Diperhatikan

Gampang Tersasar / Kebingungan

Seorang penderita Alzheimer dapat tersasar di tempat yang sebetulnya sering mereka lewati, misalnya di komplek perumahannya sendiri. Ia mungkin kesulitan saat melakukan kegiatan-kegiatan dasar yang sering dilakukan, seperti memasak atau mencukur jenggot.

Perubahan Kebiasaan

Adakalanya ini adalah tanda Alzheimer yang paling mudah dilihat. Orang yang tadinya selalu rapih dan wangi setiap hari, tetapi mulai malas mandi atau sering mengenakan baju kotor, bisa jadi mulai mengalami Alzheimer.

Perilaku Yang Berbeda

Kita semua mungkin pernah lupa menaruh kunci, tetapi penderita Alzheimer bisa lupa menaruh benda-benda di tempat yang sama sekali tidak ada kaitannya. Misalnya, menaruh sikat gigi di kulkas atau menyimpan susu di lemari baju.

Apabila orang yang Anda kasihi ternyata menunjukkan tanda Alzheimer, sebaiknya jangan panik. Karena belum pasti ia benar-benar menderita penyakit Alzheimer. Ada baiknya untuk menjadwalkan kunjungan ke dokter agar ia bisa mengevaluasi dan memastikan apa yang sebenarnya sedang dialami oleh orang yang Anda sayangi.

Demikianlah informasi seputar tanda alzheimer, nantikan informasi seputar kesehatan ataupun herbal – hanya di deherba.

Advertisement
Alinesia