Mencegah Alzheimer Cara Melakukannya

506
Mencegah Alzheimer
Mencegah Alzheimer

Diedit:

Alzheimer – Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba mengulas mengenai bagaimana cara mencegah Alzheimer. Meningkatnya kasus Alzheimer membuat kami tertarik untuk mengulas lebih dalam mengenai bagaimana cara sederhana untuk menghindari serangan Alzheimer.

Dalam artikel ini Anda akan melihat beberapa informasi seputar cara mencegah alzheimer. Mari kita lihat bersama informasi berikut berdasarkan keterangan dari mayoclinic.

Mencegah Alzheimer

Kasus kepikunan dan demensia pada kalangan manula memang terbilang tinggi. Beberapa pakar kesehatan menilai kondisi ini sebagai hal yang wajar mengingat usia juga akan menyebabkan munculnya degenerasi dari sel otak yang bisa menyebabkan kematian sel otak.

Namun dari sekian kasus demensia, beberapa diantaranya adalah kasus Alzheimer. Sementara kasus Alzheimer bisa menyebabkan kondisi yang lebih berat dari demensia biasa. Dan muncul fakta terjadi peningkatan jumlah pengidap Alzheimer dari tahun ke tahun.

Pada dasarnya, Alzheimer terjadi karena terjadinya penurunan fungsi dan kerusakan dari sistem impuls syaraf otak. Kerusakan ini terjadi karena munculnya beberapa kondisi seperti munculnya plak beta amyloid yang menghalau sistem impuls atau kerusakan simpul karena faktor tekanan darah, efek toksin, efek stress dan beberapa justru disebabkan oleh kurangnya optimalisasi sistem memori dan kemampuan berpikir. Karenanya beberapa kondisi berikut bisa membantu mencegah Alzheimer.

  • Jangan Pernah Berhenti untuk Mempertahankan Kualitas Berpikir

    Jangan biarkan Anda menjadi orang yang pasif karena kondisi ini akan menurunkan intensitas dari pekerjaan otak Anda. Membaca, menonton TV, bahkan mengikuti permainan otak seperti membaca novel detektif, menulis dan hal-hal lain akan membantu otak Anda terus bekerja dan akhirnya mencegah terjadinya demensia dan Alzheimer.

  • Selalu Menjaga Pergaulan

    Beberapa pakar melihat adanya kaitan Alzheimer terhadap mereka yang terbiasa hidup sendiri tanpa banyak berteman. Mereka yang menyendiri cenderung pasif, jarang bersenda gurau dan tak memiliki banyak interaksi dengan orang cenderung mudah mengalami Alzheimer. Bersenda gurau ternyata efektif meningkatkan kualitas impuls syaraf. Bahkan berdebat, menangis sampai bertengkar juga akan membantu seseorang tetap menyegarkan sel otak mereka.

  • Maksimalkan Konsumsi Buah dan Sayur

    Salah satu nutrisi yang baik untuk membantu meregenerasi sistem impuls syaraf otak adalah berbagai jenis vitamin B, vitamin, vitamin A, vitamin E, antosianin, flavonoid dan beberapa senyawa antioksidan lain. Semua jenis nutrisi ini mudah Anda dapatkan dalam berbagai jenis sayuran dan buah termasuk sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, aneka buah seperti aneka berry, buah zaitun dan buah noni.

  • Kendalikan Alkohol

    Beberapa fakta memang menunjukan beberapa teguk anggur putih dan anggur merah bisa membantu meningkatkan kualitas impuls syaraf, tetapi terlalu banyak bisa merusaknya secara permanen. Kadang menghindarinya sama sekali bisa lebih baik ketimbang Anda tidak bisa mengendalikannya. Karena beberapa asupan lain bisa membantu menggantikan fungsi anggur putih dan anggur merah dalam tubuh Anda, seperti berry, teh hijau atau Noni juice.

  • Konsumsi Lemak Baik

    Lemak baik seperti omega 3 dan omega 6 terbukti baik untuk membantu menjaga kualitas impuls syaraf otak. Jadi jangan ragu menambahkan ikan salmon, lele, minyak zaitun, walnut, almond dan masih banyak lagi.

  • Tingkatkan Konsumsi Asam Folat dalam Tubuh

    Tingkatkan konsumsi brokoli, asparagus, bayam dan beberapa jenis biji-bijian yang ternyata terbukti membantu meredam pembentukan protein beta amyloid dan membantu meningkatkan regenerasi sel otak. Sifatnya menyegarkan kondisi otak sehingga mencegah proses penuaan dini pada otak.

  • Kendalikan Tekanan Darah

    Ada kaitan erat antara kesehatan aliran darah menuju otak dengan fungsi impuls syaraf otak. Kadang kematian sel terjadi karena aliran darah menuju impuls syaraf tidak lancar sehingga terjadi degenerasi. Bahkan beberapa kasus stroke dimana aliran darah menuju otak terhambat bisa menyebabkan Alzheimer berat. Jadi penting untuk Anda mengendalikan faktor tekanan darah untuk mencegah Alzheimer.

Itulah 7 cara mencegah Alzheimer dengan cara yang mudah dan sederhana. Pola hidup yang sehat dan selalu menjalankan kehidupan yang aktif memang terbukti klinis sangat membantu mencegah Alzheimer menyerang seseorang di masa tua mereka. Nantikan informasi menarik lainnya sehubungan dengan kondisi kesehatan dan herbal – hanya di deherba.