Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Cara Mengatasi Tangan Berkeringat Cara Mengatasi Tangan Berkeringat assuranceskin.com

10 Cara Mengatasi Tangan Berkeringat yang Simpel Tapi Ampuh

Apakah Anda malu saat berjabat tangan dengan orang lain karena tangan berkeringat? Jika ya, Anda tidak sendirian. Banyak orang harus berulang-kali mengelap telapak tangannya untuk menyeka keringatnya. Adakah cara mengatasi tangan berkeringat yang benar-benar ampuh?

Hiperhidrosis di Telapak Tangan


Keringat adalah proses normal dimana tubuh sedang berusaha mengatur suhunya. Wajar jika Anda berkeringat, tetapi bila tangan terus berkeringat, mungkin Anda jadi kurang percaya diri dan merasa terganggu saat menulis di kertas, membuka pintu, menyetir, menandatangani dokumen penting, dan lain sebagainya.

Secara teknis, masalah ini disebut sebagai hiperhidrosis di telapak tangan dan sering kali dipicu oleh serangan panik, kecemasan, stres, kegugupan, dan depresi. Masalah ini juga kadang kala diturunkan dalam keluarga.

Meski biasanya bukan masalah serius, namun adakalnya Anda harus menganggapnya serius, karena kadang itu bisa menjadi gejala-gejala dari masalah kesehatan, misalnya kondisi gula darah rendah, tiroid yang terlalu aktif (hipertiroid), serangan jantung, kelainan sistem saraf, menopause, dan sindrom penarikan dari alkohol. Beberapa obat tertentu juga bisa memicu keringat berlebih pada tubuh, termasuk di tangan.

Kalau Anda malu dengan masalah ini, mungkin sekarang lah saatnya untuk mengatasinya. Anda bisa gunakan banyak cara rumahan yang sederhana dan efektif, lalu ucapkan selamat tinggal pada masalah keringat berlebihan. Berikut adalah 10 cara mengatasi keringat berlebih di telapak tangan.

Bedak Bayi

Salah satu cara paling gampang dan efektif untuk mengatasi hiperhidrosis di tangan adalah menggunakan bedak bayi. Bedak bayi bekerja sebagai antiperspirant alami, yang membantu menyerap kelembapan serta mencegah tangan berkeringat. Juga dapat membantu menetralkan bau tak sedap apa pun.

Anda cukup menaburkan bedak bayi secukupnya ke telapak tangan, lalu ratakan bedak dengan perlahan dan merata. Lakukan ini sebanyak yang dibutuhkan.

Untuk mudahnya, bawalah botol kecil berisi bedak bayi di tas, jadi Anda bisa sewaktu-waktu menaburkan bedak bayi saat keringat mulai membasahi di telapak tangan.

Cuka Sari Apel

Anda juga bisa mencoba gunakan cuka apel sebagai cara mengatasi tangan berkeringat. Bahan alami ini bekerja dengan cara menyeimbangkan kadar pH di dalam tubuh.

Selain itu, sifat astringent alaminya sangat membantu mengendalikan keringat berlebih dengan cara mengecilkan pori-pori kulit Anda. Cuka apel bisa untuk penggunaan luar tubuh maupun dalam tubuh.

  • Rendam handuk kertas di dalam cuka apel raw, unfiltered dan gunakan itu untuk menyeka telapak tangan Anda. Ulangi lakukan ini beberapa kali dalam sehari.
  • Alternatifnya, siapkan cairan untuk rendam tangan dengan mencampur cuka apel raw, unfiltered dengan air putih. Rendam tangan di dalamnya selama 5 menit, lalu cuci tangan dengan sabun dan air.
  • Juga, Anda bisa mencampurkan 2 sdt cuka apel raw, unfiltered ke dalam segelas air hangat lalu tambahkan sedikit madu. Minumlah larutan ini sekali sehari untuk mengatasi hiperhidrosis.

Sage

Herbal sage juga bisa memperbaiki masalah tangan berkeringat. Kemampuan astringent alaminya membantu menghilangkan kelebihan minyak di kulit serta mencegah berkeringat. Bahkan juga mampu mengurangi bau tak sedap yang disebabkan oleh keringat.

Disamping itu, teh sage juga kaya akan vitamin B dan magnesium, yang mencegah kelenjar keringat menjadi terlalu aktif.

  • Rendam 1 atau 2 kantong teh sage di dalam semangkuk besar air panas. Tutup mangkuk dan biarkan hingga 15 menit. Rendam tangan yang bermasalah di air teh ini selama 30 menit, 1 atau 2 kali sehari.
  • Juga, bawalah sage kering di dalam bungkus kain dalam kantong celana atau tas Anda, lalu letakkan tangan di sekitarnya untuk menyerap dan mencegah keringat berlebihan.
  • Sebagai tambahan, Anda bisa meminum segelas teh sage setiap hari untuk mengurangi keringat berlebihan di tangan.

Teh Hitam

Kantong-kantong teh hitam yang Anda gunakan untuk membuat segelas teh panas rupanya bisa menjadi cara mengatasi tangan berkeringat yang efektif.

Asam tannic yang terkandung dalam teh memiliki sifat antipersiprant dan astringent yang membantu menyempitkan kelenjar keringat. Ini pada akhirnya akan mencegah kelenjar untuk menghasilkan keringat berlebih. Berikut cara mengatasi keringat berlebih dengan teh hitam.

  • Genggam kantong-kantong teh hitam yang basah di tangan berkeringat selama beberapa menit setiap hari. Atau gunakan kantong teh basah untuk menyeka tangan saat berkeringat.
  • Alternatifnya, rendam 3 – 4 kantong teh hitam dalam semangkuk air panas, biarkan selama 5 menit. Lalu rendam telapak tangan Anda di dalamnya selama 30 menit setiap hari.

Baking Soda

Baking soda adalah obat yang murah dan cepat bekerja untuk mengatasi hiperhidrosis di tangan. Bahan ini mempunyai sifat alkalin alami yang membantu mengontrol keringat berlebihan serta membuat keringat cepat menguap.

Lebih dari itu, baking soda juga bekerja sebagai antipersiprant dan deodoran, juga bisa secara ampuh menyerap kelembapan di telapak tangan.

  • Campurkan 2 – 3 sdm baking soda ke dalam semangkuk air hangat. Celupkan tangan Anda ke dalamnya selama 10 menit. Setelahnya, tepuk-tepuk tangan dengan handuk sampai kering. Lakukan ini sekali setiap hari.
  • Alternatifnya, campurkan baking soda dengan tepung jagung (maizena) dalam jumlah sebanding. Simpan dalam botol. Taburkan campuran ini secukupnya ke telapak tangan ketika mulai berkeringat.

Witch Hazel

Kemampuan astringent dan antiperspirant yang dimiliki witch hazel membantu meminimalkan keringat di telapak tangan, sehingga menjadikan bahan alami ini sebagai cara mengatasi tangan berkeringat yang sangat bagus.

Kandungan asam tannic di dalamnya mampu menutup pori-pori di telapak tangan, sehingga menghambat keluarnya keringat berlebihan. Berikut cara mengatasi keringat berlebih dengan witch hazel.

  • Rendam bola kapas di dalam ekstrak cair witch hazel.
  • Oleskan ekstrak cair witch hazel ke telapak tangan, 2 – 3 kali sehari atau sebanyak yang dibutuhkan.

Sari Tomat

Sari tomat juga merupakan cara mengatasi tangan berkeringat yang ampuh. Tomat memiliki efek mendinginkan tubuh, sehingga sanggup mengurangi keringat.

Selain itu, karena sifat astringent-nya, tomat menyempitkan pori-pori serta menghalangi saluran-saluran yang mengeluarkan keringat.

  • Gosokkan irisan tomat atau sari tomat ke telapak tangan. Diamkan hingga 15 menit, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan ini 1 – 2 kali setiap hari.
  • Sebagai tambahan, minumlah 1 – 2 gelas jus tomat setiap hari untuk menjaga suhu tubuh Anda tetap dingin.

Kurangi Stres

Ada orang-orang yang punya masalah tangan berkeringat akibat stres dan cemas. Sebenarnya, tangan berkeringat adalah sebuah reaksi atas stres atau gugup yang dialami orang itu.

Karena itu, cobalah kurangi tingkat stres Anda untuk mencoba mengatasi keringat berlebihan, juga masalah kesehatan lain yang berkaitan dengan stres.

Anda bisa mencoba terapi bernapas dalam-dalam, mendengarkan musik, atau melakukan hobi untuk membantu mengurangi stres. Kalau Anda tidak bisa mengendalikan stres dengan upaya sendiri, Anda bisa minta bantuan seorang dokter atau terapis yang berpengalaman.

Hindari Makanan/Minuman Penyebab Keringat Berlebih

Apa yang Anda makan bisa menjadi penyebab di balik mengucurnya keringat. Jadi, kalau telapak tangan Anda tiba-tiba keluar banyak keringat, cobalah cek kembali makanan/minuman yang disantap.

Jenis makanan tertentu bisa memicu keringat berlebih. Contohnya, memakan yang pedas-pedas bisa memicu respon di dalam tubuh Anda yang sama dengan yang disebabkan oleh suhu panas sehingga membuat tubuh mengeluarkan lebih banyak keringat.

Selain makanan pedas, coba hindari minuman kafein yang panas, minuman beralkohol, makanan yang dibuat dari bawang, serta makanan olahan yang banyak mengandung kalori dan garam.

Makanlah Makanan yang Kaya Magnesium dan Vitamin B

Sebagai kontras dari makanan/minuman pemicu keringat berlebih, ada juga makanan-makanan yang dapat membantu mengatasi keringat berlebih. Jika Anda punya masalah tangan berkeringat, makanlah makanan-makanan yang banyak mengandung magnesium dan vitamin B.

Makanan dengan vitamin B akan mencegah tubuh menjadi terlalu panas, yang artinya kelenjar keringat pada tubuh tidak perlu kerja ekstra keras untuk mengendalikan suhu tubuh Anda. Beberapa makanan sumber vitamin B misalnya daging unggas, ikan, sereal gandum utuh, telur, dan sayuran hijau.

Salah satu penyebab tangan berkeringat mungkin adalah tubuh kekurangan magnesium. Magnesium membantu mengontrol aktivitas kelenjar keringat, jadi coba sertakan makanan-makanan tinggi magnesium dalam pola makan sehari-hari.

Beberapa makanan yang mengandung banyak magensium antara lain kacang almond, alpukat, pisang, kacang-kacangan, biji labu, tahu, susu kedelai, kacang mete, kemiri, biji-bijian, juga sayuran berdaun hijau.

Demikianlah 10 cara mengatasi tangan berkeringat berlebihan yang sederhana tetapi ampuh. Anda tidak perlu repot-repot mencari obat medis resep dokter jika dengan cara alami dan rumahan saja sudah mampu membereskan masalah ini.

Namun ingatlah bahwa Anda dianjurkan untuk pergi ke dokter apabila masalah keringat berlebihan yang dialami disertai dengan keluhan-keluhan lain, misalnya kepala kliyengan, nyeri dada, atau mual. Bisa saja itu adalah gejala-gejala suatu penyakit yang perlu mendapat pertolongan medis segera. Juga periksalah ke dokter jika cara mengatasi keringat berlebih di atas tidak membantu.

Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silakan kunjungi halaman hotline kami »
FOLLOW DEHERBA.COM:
instagram