HOTLINE KONSULTASI HERBAL:
0812-8187-1234 | 0818-029-100-88
Senin-Jumat, pkl. 8.30-16.00 WIB

Jenis kanker Jenis kanker Shutterstock

Tahukah Anda 5 Jenis Kanker yang Mematikan?

Setiap orang menganggap bahwa penyakit kanker merupakan jenis penyakit yang mematikan baik bagi pria maupun wanita. Tidak sedikit orang yang divonis terserang penyakit kanker lantas kehilangan semangat hidupnya.

Betapa tidak, data menunjukkan bahwa di negara maju sekelas Amerika Serikat (AS) saja yang sudah memiliki peralatan kedokteran super canggih sekalipun, penyakit ini menjadi penyebab kematian nomor dua setelah penyakit jantung.

Ada banyak sekali jenis-jenis penyakit kanker dengan penyebab yang berbeda-beda pada setiap orang. Berbagai penelitian untuk mengetahui gejala, jenis maupun cara pengobatannya terus dilakukan sampai kini.

Tidak kurang dari ratusan miliar dollar telah dikeluarkan untuk membiayai penelitian tersebut sejak medio 1970-an. Namun, semakin getol penelitian dilakukan yang dibarengi dengan semakin canggihnya alat kedokteran untuk mengobatinya, ternyata berbanding lurus dengan perkembangan jenis dan kompleksitas penyakit kanker sendiri.

Lantas, dari sekian banyak jenis penyakit kanker, apa saja yang merupakan jenis kanker yang mematikan? Mari kita simak beberapa jenis kanker yang paling mematikan menurut National Cancer Institute (NCI) Amerika Serikat.

Kanker Paru-Paru

Kanker paru-paru merupakan kanker yang dianggap paling mematikan dan telah banyak membunuh warga AS khususnya mereka yang berusia antara 55-65 tahun. Penyebab utamanya ialah rokok.

Makanya bagi Anda yang gemar merokok, terutama yang sudah masuk kategori "ketagihan" disarankan untuk segera memikirkan caranya agar dapat berhenti merokok.

Ada dua jenis kanker paru-paru. Pertama, kanker paru-paru primer. Kanker paru-paru primer memiliki dua tipe utama yaitu small cell lung cancer (SCLC) dan non-small cell lung cancer (NSCLC).

SCLC merupakan jenis kanker yang memiliki daya pertumbuhan sangat cepat untuk membesar. Jenis kanker ini sangat erat dengan para perokok aktif. Dan penanganannya bisa dilakukan dengan kemoterapi dan terapi radiasi.

Kedua, tipe NSCLC yang merupakan pertumbuhan sel tunggal. Meski tunggal, namun yang diserangnya biasanya lebih dari satu daerah di paru-paru seperti hamartoma, kondromatus, dan sarkoma.

Kemudian jenis kanker paru-paru yang kedua ialah kanker paru-paru sekunder. Pada jenis kanker ini kebanyakan terjadi sebagai dampak dari adanya penyebaran kanker dari bagian tubuh yang lainnya. Dalam konteks ini, bagian tubuh yang paling sering diserang ialah payudara dan usus.

Kanker Hati

Ada sekitar 19.000 orang warga AS yang meninggal akibat kanker hati. Kasusnya memang relatif jarang ditemukan di dunia sekalipun merupakan jenis kanker yang umum.

Sebagian besar penderita kanker hati dimulai dengan adanya kanker di tempat lain yang kemudian menyebar ke hati. Meskipun jarang terjadi, namun tetap Anda harus waspada dengan menjaga kondisi tubuh tetap dalam keadaan fit dan menjalankan pola hidup sehat sebagai bentuk investasi sepanjang masa.

Kanker Payudara

Di AS, kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling umum ditemukan pada wanita setelah kanker rahim. Bagi Anda yang pria jangan senang dulu karena ternyata kanker payudara juga menyerang pria.

Setidaknya sejak tahun 2003-2008, di AS ada sekitar 2.000 kasus pria terkena kanker payudara. Sementara di Indonesia, menurut pendiri sebuah yayasan yang concern terhadap penyakit kanker payudara Linda Gumelar, kanker payudara merupakan jenis kanker yang menjadi penyebab kematian kedua setelah kanker leher rahim.

Untuk prevalensinya sendiri, dari sekitar 100.000 penduduk di Indonesia ada 26 orang yang menderita penyakit kanker ini. Sebenarnya kanker payudara bisa diselamatkan jika deteksi dini terhadap kanker ini bisa dilakukan. Untuk melakukannya, Anda bisa melakukannya sendiri. Namun untuk lebih meyakinkan, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter terkait.

Kanker Prostat

Pada 2010 silam, menurut NCI AS, puluhan ribu orang telah meninggal disebabkan oleh kanker prostat ini. Kanker prostat merupakan penyebab kematian kedua setelah kanker paru-paru dan bronkial.

Kanker prostat ini biasanya mulai tumbuh secara perlahan pada kelenjar prostat yang berfungsi dalam memproduksi air mani. Beberapa jenis kanker ini masih mudah untuk diobati karena hanya terbatas pada kelenjar saja penyebarannya. Namun, sel kanker yang lain yang lebih agresif dan cepat menyebar diperlukan tindakan yang cepat dan tepat untuk mengobatinya.

Leukemia/Kanker Darah

Di AS, dari tahun 2003-2007 sedikitnya 41.000 orang meninggal karena menderita leukemia. Leukemia memiliki beberapa jenis yang semuanya berdampak pada jaringan pembentuk sel darah dalam tubuh seperti sistem limfatik dan tulang belakang.

Hal ini mengakibatkan tubuh lebih banyak memproduksi sel darah putih secara berlebihan dan membahayakan. Klasifikasi jenis kanker ini didasarkan pada jaringan mana saja yang diserang dan seberapa cepat penyebaran selnya.

Itulah 5 jenis kanker yang menurut fakta dan penelitian dianggap paling berbahaya karena bisa merenggut nyawa penderitanya. Semoga dengan informasi di atas, kita bisa lebih mawas diri dan mewaspadai khususnya jenis-jenis kanker yang berpotensi—atau bahkan sudah—menyerang tubuh Anda.

Log In or Register